6 Tips Aman Berkendara Mobil pada Musim Penghujan

Minggu, 23 Januari 2022 | 10:30:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

6 Tips Aman Berkendara Mobil Pada Musim Penghujan

Ilustrasi orang menyetir. (Special)

Ladiestory.id - Pada awal tahun intensitas hujan semakin tinggi, bahkan tak jarang hujan turun sepanjang hari. Cuaca seperti ini, umumnya dapat menyebabkan jalan menjadi lebih licin, dan lebih rentan terhadap kecelakaan.

Tak jarang kita sebagai pengendara mobil, mengalami kesulitan dalam menganalisis kondisi jalan akibat derasnya air hujan. Selain itu, arus lalu lintas yang padat dan kurang disiplinnya pengguna jalan bisa menjadi pemicu terjadinya kecelakaan.

Tentunya hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak kita inginkan, karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Ladiestory.id telah merangkum beberapa cara aman untuk mengendarai mobil saat hujan.

1. Periksa Kondisi Ban Mobil

Ilustrasi periksa ban mobil. (special)

Memastikan ban mobil memiliki tekanan udara yang sesuai merupakan hal yang sangat penting. Hal ini bertujuan agar mobil dalam posisi stabil ketika dikemudikan, dan tidak mudah tergelincir. Acuan tekanan udara umumnya terdapat pada pilar pintu pengendara.

Jika ban sudah menipis, sebaiknya Kamu segera melakukan pergantian. Ban yang tipis tidak dapat menapak secara sempurna melalui jalan yang basah. Hal ini dapat menjadi pemicu terjadinya kecelakaan.

2. Periksa Kondisi Lampu Mobil

Ilustrasi periksa lampu mobil. (special)

Saat hujan, fungsi lampu mobil tidak hanya sekadar mendeteksi obyek yang ada di depan kita saja, melainkan dapat membantu memperjelas pandangan pengendara.

Sebelum mengendarai mobil, pastikan kondisi semua lampu mobil berfungsi dengan baik. Pastikan lampu mobil dalam keadaan bersih, sehingga tidak mengurangi efektivitasnya. Cek bagian arah lampu misalnya headlight untuk memastikan Kamu bisa melihat jelas pengendara lain, dan begitu juga sebaliknya.

3. Jaga Jarak Antar Mobil

Ilustrasi jaga jarak antar mobil. (special)

Saat kondisi hujan, jalan cenderung menjadi lebih licin, dan jarak pandang juga menjadi terbatas. Hal ini tentunya bisa menganggu konsentrasi Kamu saat mengendarai mobil. Apalagi jika Kamu mengendarai mobil malam hari dengan kondisi hujan, maka Kamu harus lebih berhati-hati saat berkendara.

Menjaga jarak kendaraan menjadi salah satu cara yang tepat dan aman untuk berkendara di musim hujan. Berikan jarak khusus di atas normal jika kondisi sedang hujan.

4. Hindari Berkendara di Tepi Jalan

Ilustrasi berkendara di tepi jalan . (special)

Pada musim hujan, biasanya struktur jalanan akan mudah rusak dan keropos. Hal ini akan membuat permukaan jalan menjadi tidak rata, semakin ke tepi maka permukaan jalan akan semakin rendah, jika dibandingkan dengan jalan di bagian tengah.

Hal ini bisa memengaruhi kestabilan mobil yang dikendarai. Oleh sebab itu, sebaiknya Kamu menghindari berkendara di bagian tepi jalan. Usahakan memilih jalan bagian tengah.

5. Fokus dan Konsentrasi

Ilustrasi fokus berkendara. (special)

Cara aman mengendarai mobil saat hujan selanjutnya adalah dengan selalu fokus dan konsentrasi serta menjaga pandangan ke depan mobil. Pastikan pandanganmu ke depan tidak terhalang oleh benda apapun. Jangan lupa bersihkan kaca mobil bagian depan, dan belakang, agar terhindar dari berbagai kotoran yang menempel.

Cek kondisi kaca film di bagian dalam mobil, pastikan agar tidak terlalu gelap dan berkualitas baik. Kaca film yang terlalu gelap bisa menganggu kejelasan pandangan saat berkendara. Hindari menyalakan audio mobil, karena bisa mengalihkan perhatian dan menganggu konsentrasimu dalam mengendarai mobil.

6. Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas

Ilustrasi rambu-rambu lalu lintas. (special)

Seperti yang kita ketahui, saat hujan jalanan lebih sering mengalami macet. Hal ini menyebabkan beberapa pengendara mobil sering mengabaikan rambu-rambu lalu lintas.

Meski kondisi hujan dan macet sering membuat kita merasa jenuh dan kesal, akan tetapi kita harus tetap bijak dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Hal ini akan membuat kita lebih aman, dan terhindar dari bahaya kecelakaan.