Ingin Belajar Pole Dance? Ini 5 Tips yang Wajib Diperhatikan Pemula

Senin, 20 Juni 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Ingin Belajar Pole Dance? Ini 5 Tips Yang Wajib Diperhatikan Pemula

Ilustrasi pole dance. (Special)

Ladiestory.id - Kini pole dance mulai banyak diminati oleh kaum hawa. Bahkan, sejumlah artis ternama, seperti Prilly Latuconsina hingga Jennifer Lopez, pun menunjukkan kepiawaiannya dalam melakukan pole dance.

Pole dance atau tari tiang merupakan salah satu olahraga senam. Seperti namanya, pole dance memerlukan tiang sebagai sarana utama agar tubuh dapat bertumpu saat bergerak. Olahraga ini terbilang efektif untuk menghilangkan lemak. Olahraga pole dance memerlukan kekuatan otot dalam melakukannya.

Tak hanya kekuatan otot, namun pole dance juga digabungkan dengan keanggunan gerakan. Namun, agar menghasilkan gerakan yang indah, memerlukan sebuah proses. Pasalnya, olahraga satu ini cukup berisiko mengalami kecelakaan, seperti cedera hingga jatuh dari tiang. Sehingga ada beberapa tips yang perlu dilakukan bagi pemula yang ingin belajar pole dance.

Mulai secara Perlahan dan Utamakan Keselataman

Ilustrasi pole dance. (Special)

Semua pole dancer profesional pun dimulai dengan tindakan yang perlahan. Untuk mencapai standar profesional, mereka memerlukan tahap yang namanya proses.

Sehingga, tips untuk para pemula yang hendak melakukan pole dance adalah memulai secara perlahan. Tak perlu terburu-buru untuk menguasai semua gerakan.

Justru sebaliknya, sebagai pemula harus lebih memperhatikan keselamatan. Pasalnya, tari tiang ini memang terbilang cukup berisiko terhadap cedera.

Memulai secara perlahan bukan berarti Kamu malas-malasan untuk berlatih. Namun, memastikan diri untuk memulai secara perlahan guna membangun kekuatan tubuh. Terutama, perhatikan arahan dari pelatih sebelum mempelajari gerakan lebih sulit. Tentunya hal ini meminimalkan adanya kecelakaan ataupun cedera.

Jangan Gunakan Lotion Sebelum Latihan

Ilustrasi pole dance. (Special)

Salah satu hal yang diperlukan saat pole dance adalah kekuatan. Pasalnya, Kamu memerlukan kekuatan untuk mencengkram tiang panjang itu.

Nah sebagai pemula, perlu diingat agar tidak menggunakan body lotion sebelum memulai latihan. Pasalnya, body lotion akan membuat tubuh licin, sehingga tidak dapat mencengkram tiang secara kuat.

Bersihkan Tiang Sebelum Latihan

Ilustrasi pole dance. (Special)

Hal dasar namun penting dilakukan bagi pemula yang ingin belajar pole dance adalah membersihkan tiang sebelum latihan. Hal ini perlu dilakukan terutama saat Kamu berlatih di sebuah sanggar. Pasalnya, tiang tersebut tak hanya digunakan oleh Kamu saja.

Meskipun pihak sanggar telah mengelap tiang setelah digunakan oleh kliennya, tak ada salahnya jika Kamu membersihkan ulang agar tidak licin. Hal ini untuk memastikan tiang itu bersih dan tidak ada penumpukan minyak.

Bahkan selama latihan pun, Kamu perlu sesekali membersihkan tiang. Ini berguna agar keringat dan minyak dari tubuhmu sendiri tidak menyebabkan Kamu terluka. Setelah berlatih pun, Kamu tetap harus membersihkannya, ya.

Pakai Baju yang Tepat

Ilustrasi pole dance. (Special)

Penggunakan baju yang tepat juga menjadi salah satu tips bagi orang yang ingin belajar pole dance. Kuncinya yakni menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak mengganggu selama latihan.

Dengan pakaian yang nyaman, akan memudahkan Kamu untuk mencengkram tiang dengan kuat. Untuk pemula, Kamu bisa menggunakan celana pendek dan tank top.

Menggunakan pakaian yang ketat saat berlatih pole dance membantu mengurangi cedera. Selain itu, pakaian ketat tidak akan mengganggu gerakan berlatih pole dance.

Belajar dengan Ahlinya

Ilustrasi pole dance. (Special)

Sebaiknya, jangan sekali-kali Kamu mencoba pole dance tanpa didampingi ahli. Apalagi, saat pertama kali mencoba pole dance.

Ada baiknya pula jik Kamu mengikuti kelas pole dance bagi pemula. Pasalnya, di kelas tersebut Kamu akan diajari oleh instruktur profesional. Pelatih bisa mengarahkan dan mengoreksi bila ada kesalahan, sehingga meminimalkan risiko cedera.

s