Hemat! 5 Tips Atur Keuangan Saat Pacaran

Jumat, 29 Juli 2022 | 12:30:00

Hemat! 5 Tips Atur Keuangan Saat Pacaran

Ilustrasi Mengatur Pengeluaran. (Special)

Ladiestory.id - Mengatur keuangan sangatlah penting untuk dilakukan, termasuk bagi orang yang berpacaran. Ada banyak hal yang biasa dilakukan oleh sepasang kekasih, seperti nonton bioskop, makan bersama, dan jalan-jalan. Setiap kali jalan dengan pasangan, pasti memerlukan budget yang harus disiapkan. Semakin sering bertemu, maka semakin banyak pula uang yang harus dikeluarkan. Padahal, kamu juga harus memikirkan bagaimana agar keuanganmu tetap teratur.

Berikut ini cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatur keuanganmu, agar tidak boros dan tetap memiliki tabungan saat berpacaran.

Tentukan Prioritas

Ilustrasi pasangan mengelola keuangan. (Special)

Dalam hubungan, perihal keuangan biasanya sudah menjadi milik berdua. Oleh karena itu, dibutuhkan penentuan prioritas tentang apa yang penting dalam hidupmu dan juga pasanganmu agar berhenti boros.

Cobalah berdiskusi matang-matang dengan pasangan, kemudian mulailah mengatur keuangan untuk mencapai prioritas. Misalnya, membuat anggaran yang sesuai dan menentukan siapa yang bertanggung jawab untuk pembayarannya.

Hal ini tentunya akan lebih bermanfaat, karena mencatat pengeluaran dan pemasukan bisa digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan secara detail. Serta dapat mengestimasi berapa banyak uang yang dapat dialokasikan untuk ditabung.

Patungan saat Kencan

Ilustrasi Patungan (muslimobsession)

Mungkin beberapa dari kamu berpikir bahwa laki-laki yang bertanggung jawab membayar setiap pengeluaran saat kencan, padahal itu tidak benar, lho. Pacaran merupakan hubungan antara dua orang, jadi bukan hanya laki-laki saja yang harus mengeluarkan uang.

Apalagi laki-laki juga memiliki tanggung jawab untuk menabung demi masa depan dan rencana pernikahan. Kamu bisa menerapkan cara mengatur keuangan dengan baik demi kelancaran hubunganmu.

Kamu juga bisa bergantian membayar pengeluaran ketika sedang berkencan. Misalnya, pacarmu membayar biaya makan siang, kamu bisa membayar biaya masuk tempat wisata.

Bekerja Sama dalam Menabung

Ilustrasi Menabung. (Special)

Kamu bisa mulai menabung bersama pasangan agar keuangan kalian tetap stabil. Mulailah mengutamakan hal ini, dengan kata lain menjadikannya prioritas bukan menyisihkan. Karena, jika kamu berpikir untuk menyisihkan, kamu akan terus memiliki alasan untuk tidak menabung.

Selain itu, menabung bersama pasangan juga bisa membuatmu siap apabila nantinya ada pengeluaran darurat yang harus dibayarkan.

Makan Masakan Sendiri

Ilustrasi Pasangan dan Makanan (Pinterest.com)

Kamu bisa mulai menghemat budget dengan cara memasak makanan sendiri untuk makan bersama pasangan. Hal ini bukan berarti kamu termasuk orang yang pelit, tapi justru hal ini bisa membuat hubunganmu semakin romantis dan berkesan. Lagi pula, makan bersama pasangan tidak harus keluar rumah, di restoran, cafe, rumah makan, atau hotel.

Bahas Masalah Keuangan

Ilustrasi konsultasi keuangan. (Special)

Membahas mengenai masalah keuangan pada pasangan bukanlah hal yang harus dihindari, justru ini merupakan bagian penting yang harus dilakukan. Agar kamu bisa mengetahui bagaimana pandangannya tentang keuangan sehingga kalian bisa saling memahami dan menyesuaikan. Kamu bisa membahas masalah ini dengan lebih santai, seperti ketika di cafe, taman, rumah, atau saat di telepon.

s