7 Tips Basa-basi agar Tidak Basi

Minggu, 14 November 2021 | 01:06:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

7 Tips Basa-Basi Agar Tidak Basi

Foto: studilmu

Ladiestory.id - Saat berjumpa dengan kerabat yang tidak begitu dikenal, terlebih ketika pulang kampung untuk merayakan lebaran, sering kali kita tak terhindarkan dengan obrolan sederhana.

Obrolan tersebut bisa memiliki topik ringan seperti bertanya kabar, domisili, hingga yang bersifat lebih personal, seperti kapan lulus kuliah, menikah, punya momongan, dan sebagainya.

Mungkin kita sering bertanya, apakah obrolan seperti ini diperlukan? Apa obrolan ini hanya formalitas rutin yang perlu dilakukan oleh orang-orang yang tidak terlalu dekat?

Foto: jojonomic

Apa manfaat dari hal ini? Ternyata, obrolan ringan memang harus kita lakukan, karena memiliki efek positif bagi kondisi emosional dan kemampuan sosial kita.

Berdasarkan studi yang dilakukan di jaringan kereta di Chicago, Amerika Serikat, mengobrol dan berbincang dengan orang asing justru membuat orang merasa senang dan meningkatkan produktivitas seseorang setelahnya.

Tips Basa-basi agar Tidak Basi

Namun bagaimana jika basa-basi kita malah dianggap basi? Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, agar basa-basi terlihat lebih seru. Tentu saja, kita akan dianggap sebagai manusia yang asyik dan seru.

1. Ketahui Latar Belakang dan Situasi Lawan Bicara

Sebelum memulai basa-basi, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu tentang latar belakang dan situasi lawan bicara kamu. Jangan sampai kamu memulai basa-basi dengan orang yang salah atau tidak sesuai dengan latar belakangnya, dan dalam situasi yang kurang tepat.

2. Jangan Bertanya Pertanyaan yang Jawabannya Hanya Antara "Ya" atau "Tidak"

Di saat kamu bertanya "Oh, berarti lu ke sini sendirian?" jawabannya hanya ya atau tidak, maka kamu akan kehilangan kesempatan untuk memperpanjang obrolanmu.

Cobalah bertanya "Tadi ke sini naik apa?" karena jawabannya sangat bervariasi mulai dari motor sampai mobil, dan kamu bisa bertanya macam-macam hal dari situ, seperti "Wih, macet dong pasti! Emang tinggal daerah mana?" Atau kalau dia naik sepeda "Apa nggak capek tuh? Emang kamu tinggal di mana?"

3. Manfaatkan Momen agar Orang Berbicara tentang Dirinya Sendiri

Sebenarnya ada banyak banget topik yang bisa kalian obrolin selama basa-basi. Kalau kamu bingung tanya apa, buat saja supaya lawan bicara kamu itu bercerita soal dirinya sendiri.

Ya! Secara umum, orang sangat suka diminta mengobrol tentang dirinya sendiri. Apa hobinya, cita-citanya, cerita lucu di masa kecilnya. Pastikan saja kamu siap meminjamkan telinga.

Foto: Merdeka

4. Manfaatkan Kondisi dan Pemberitaan Terkini

Untuk memulai percakapan, sebaiknya kamu tidak asal bicara. Usahakan agar pembicaraan basa-basi kamu adalah sesuatu yang up to date atau tidak basi. Untuk itu, kamu harus rajin meng-upgrade diri mengenai tren dan kondisi terkini.

5. Selalu Terlihat Tertarik dengan Topik Obrolan

Salah satu cara untuk pintar basa-basi, kamu harus terlihat tertarik dengan topik obrolan apapun. Percuma saja jika kamu pintar berbicara, namun tak terlihat menarik. Pasti orang lain juga nggak akan tertarik ngobrol denganmu.

Foto: Ladiestory.id

6. Carilah Sebuah Kesamaan dengan Lawan Bicaramu

Jika kamu menyukai hal yang sama dengan lawan bicara, tentu saja hubungan kalian menjadi lebih lancar dan obrolan jadi makin banyak. Entah sekecil apapun persamaan itu, cobalah untuk kamu temukan.

7. Memulai Lebih Dulu

Saat bertemu langsung atau menelepon untuk panggilan konferensi, bicaralah lebih awal. Tidak ada salahnya kamu yang memulai percakapan jika prediksi kamu sudah cukup dalam membaca situasi dan kondisi. Namun, jika belum memiliki pengetahuan, jangan berbicara "sok tahu".

Menurut para peneliti Harvard, salah satu kunci basa-basi sukses adalah di pertanyaan berikutnya. Karena di situlah pertanyaan yang disukai orang.

Inilah 7 tips basa-basi anti basi. Jangan ragu untuk memulai percakapan lebih dulu, tapi tetap perhatikan agar percakapanmu tidak dianggap basi. Semoga ulasan ini membantu!