Tips Bawa Anak Jalan-jalan Tanpa Bantuan Baby Sitter

Senin, 12 September 2022 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Tips Bawa Anak Jalan-Jalan Tanpa Bantuan Baby Sitter

Ilustrasi membawa anak jalan-jalan. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki anak yang masih balita memang perlu perhatian khusus. Sehingga tak heran pada sebagian orang tua yang memiliki kesibukan, biasanya menggunakan jasa pengasuh atau baby sitter sehari-harinya.

Namun, ada kalanya untuk momen-momen tertentu, orang tua ingin tak melibatkan bantuan pengasuh. Seperti ketika momen quality time dengan jalan-jalan bersama anak untuk memperkuat bonding.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa jalan-jalan bersama anak dengan nyaman tanpa bantuan baby sitter? Nah, berikut sedikit tips yang bisa kamu lakukan.

Libatkan Pasangan

Ilustrasi membawa anak jalan-jalan. (Special)

Saat memutuskan untuk pergi jalan-jalan bersama anak tanpa baby sitter, maka itu berarti tugas untuk mengasuh si kecil jadi tanggungan orang tua. Moms bisa mengajak pasangan untuk berbagi tugas dalam menjaga anak saat jalan-jalan nanti.

Buat kesepakatan dengan pasangan kamu dan jelaskan apa saja yang harus dilakukan saat jalan-jalan bersama si kecil, seperti mendorong stroller, menggendong, membawakan tas bawaan, atau membantu mengganti pampers saat anak mengompol.

Ikuti Jadwal Anak

Ilustrasi bayi tidur siang. (Special)

Pada masa pertumbuhannya, selain memberikan makanan bergizi bagi anak balita, penting juga untuk memberikan waktu tidur yang cukup. Anak balita memerlukan tidur siang untuk membantu melepas lelah setelah beraktivitas.

Selain itu, tidur siang bagi anak juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting. Mulai dari memperbaiki suasana hati, mendukung proses belajar, serta menjaga berat badan anak.

Oleh karena itu, jika Moms berencana mengajak si kecil jalan-jalan, sebaiknya ikuti jadwal harian anak. Hindari mengajak anak pergi jalan-jalan di jam tidur siangnya atau aktivitas penting lainnya.

Siapkan Camilan dan Mainan Favorit Anak

Ilustrasi mainan anak balita. (Special)

Jangan lupa untuk membawa camilan atau mainan favorit anak saat jalan-jalan ya, Moms. Hal ini sangat berguna ketika anak mulai rewel atau lapar. Akan lebih baik lagi jika mengajak anak jalan-jalan ke tempat yang menyediakan permainan, seperti restoran yang kids friendly. Sehingga selama orang tua makan atau menunggu makanan yang dipesan, anak-anak bisa bermain di wahana permainan yang disediakan.

Siapkan Tas Khusus

Ilustrasi tas perlengkapan bayi. (Special)

Saat jalan-jalan bersama si kecil, bawa barang secukupnya saja. Untuk mempermudah saat mengambil dan menyimpan barang bawaan, sebaiknya gunakan tas khusus perlengkapan balita. Barang-barang pun bisa tertata dengan rapi dan terorganisir.

Jelaskan kepada pasangan mengenai letak penyimpanan barang-barang yang dibawa. Tujuannya agar pasangan bisa sigap membantu ketika anak membutuhkan sesuatu.

Mulai dari yang Dekat-dekat Dulu

Ilustrasi membawa anak jalan-jalan. (Special)

Jika ini pengalaman pertama bagi Moms dan pasangan untuk membawa si kecil jalan-jalan tanpa baby sitter, maka sebaiknya pilih lokasi yang dekat dulu. Tujuannya agar anak tidak terlalu kelelahan selama di perjalanan atau justru mengalami tantrum.

Moms dan pasangan pun pastinya juga perlu belajar dan beradaptasi dengan kebiasaan baru membawa anak-anak jalan bersama. Nantinya, jika sudah mulai terbiasa, bisa diagendakan pergi ke tempat-tempat yang lebih jauh dan menarik bersama anak.

s