Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

Kamis, 30 September 2021 | 12:32:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

Foto: Alodokter

Ladiestory.id - Terlalu sibuk menjalankan berbagai aktivitas yang padat kerap membuat kita melewatkan tidur siang. Sebenarnya, tidur siang memberikan berbagai manfaat memulihkan energi tubuh untuk meningkatkan konsentrasi

Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan

Faktanya, tidur siang perlu dilakukan dengan cara yang benar untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Namun, mendapatkan berbagai manfaat tidur siang ini, kita tidak perlu tidur terlalu lama dan memilih waktu yang tepat, ketika sedang luang atau tidak ada jadwal penting di kantor.

Nah, berikut ini beberapa manfaat tidur siang bagi kesehatan yang jarang diketahui orang.

1. Suasana Hati yang Lelah Mampu Diperbaiki 

Foto: Ladiestory.id

Keadaan dan suasana hati kita memang terkadang sering berubah dengan mudah. Terkadang kita merasa stres, cemas, atau gelisah. Namun untuk memperbaiki keadaan hati, kita bisa melakukan relaksasi dengan tidur siang sejenak.

Hal ini dilakukan untuk mengendalikan perasaan stres, agar merasa lebih santai dan suasana hati menjadi lebih baik. Tentu saja ini membuat kita mengurangi risiko terkena gangguan mental, seperti depresi.

2. Konsentrasi dan Kewaspadaan Meningkat

Faktanya, tidur siang mampu meningkatkan energi dan kelancaran aliran darah pada otak. Bukan hanya itu, orang yang tidur siang selama 15–30 menit terlihat lebih segar, mudah fokus, dan produktif, dibandingkan yang kelelahan saat bekerja. Maka, tidur siang dapat meningkatkan kelancaran aliran darah, termasuk di otak.

3. Mampu Meningkatkan Daya Ingat

Foto: Ladiestory.id

Selain mampu menambah energi dan kinerja otak, menjalankan tidur siang secara rutin mampu menambah daya ingat atau memori sehingga kemampuan untuk mengolah informasi atau mempelajari hal-hal baru.

Ini menjadi hal penting untuk anak-anak ketika belajar sehingga lebh mudah mempelajari atau menghafal materi. Maka dari itu, kita menjadi lebih fokus dan mudah mengingatnya. Tidur siang dipercaya baik untuk mencegah pikun atau demensia.

4. Jam Tidur Menjadi Lebih Bertambah

Foto: Ladiestory.id

Hal ini menjadi sesuatu yang penting ketika sebagian orang yang bekerja secara shift atau jadwal yang bergantian, karena sering kurang tidur di malam hari. Maka ini menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mencukupi waktu tidur siang bisa menjadi pilihan.

Sedangkan, bagi kita yang sulit tidur di malam hari karena kesibukan. Pembagian waktu tidur menjadi 1–1,5 jam di siang hari dan sekitar 6 jam di malam hari, nama dari pola tidur ini adalah tidur bifasik.

5. Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Foto: Ladiestory.id

Kebiasaan merokok, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam, stres, dan kelelahan mampu meningkatkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tidur siang dapat menurunkan tekanan darah sehingga  tetap stabil.

Orang yang rutin tidur siang dan tidur yang cukup di malam hari mampu mengurangi risiko lebih rendah terkena hipertensi. Selain itu, ini diduga karena tidur siang dapat mengurangi hormon stres kortisol, yaitu salah satu hormon yang menyebabkan tekanan darah meningkat.

Itu dia beberapa manfaat tidur siang bagi kesehatan. Yuk luangkan waktu sejenak untuk tidur siang!