Terkenal Disiplin! Ini 5 Tips Belajar Efektif ala Pelajar Jepang

Kamis, 11 Agustus 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Terkenal Disiplin! Ini 5 Tips Belajar Efektif Ala Pelajar Jepang

Pelajar Jepang. (Special)

Ladiestory.id - Belajar merupakan kegiatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Belajar dapat membantu seseorang menguasai sesuatu. Setiap orang juga memiliki gaya belajar dan kebiasaan masing-masing. Salah satu metode yang dapat kamu tiru adalah cara belajar siswa Jepang.

Jepang termasuk negara Asia yang terkenal akan kedisiplinannya yang berdampak positif terhadap dunia pendidikan. Bahkan, negara tersebut dianggap berhasil dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Lalu, seperti apa tips ampuh belajar efektif ala pelajar Jepang. Yuk, simak.

Miliki Rutinitas Pagi

Ilustrasi makan pakai sumpit. (Special)

Pagi hari merupakan awal yang perlu disiapkan seseorang sebelum disibukkan dengan aktivitasnya. Oleh karena itu, rutinitas pagi dapat menentukan produktivitas seseorang. Hal yang paling utama dilakukan pelajar jepang adalah sarapan. Sebab, hal ini dapat membantu mengurangi stres sebelum belajar dan juga memenuhi kebutuhan gizi. Sehingga, konsentrasi saat belajar lebih terorganisasi.

Biasakan Baca Buku

Pelajar Jepang. (Special)

Jika kamu ingin tahu rahasia utama pelajar Jepang, jawabannya adalah suka membaca. Telah terbukti di manapun, bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan atau kegemaran membaca cenderung lebih mudah dalam mempelajari sesuatu.

Di Jepang, kamu justru akan sulit menemukan orang-orang yang bermain ponsel atau mengobrol sampai tertawa terbahak-bahak. Kamu akan melihat banyak remaja yang terdiam dan asyik membaca buku yang sedang dipegangnya. Bahkan, didalam kereta sekalipun mereka tetap meneruskan kegiatan membaca buku.

Belajar Tidak Hanya di Dalam Kelas

Pelajar Jepang. (Special)

Menciptakan sebuah variasi pembelajaran amatlah penting. Hal tersebut dilakukan supaya siswa tidak mudah mengalami kebosanan. Variasi yang diterapkan dalam pendidikan Jepang adalah para guru mengajak siswa-siswanya untuk belajar di luar kelas.

Tidak hanya berlaku bagi siswa TK saja, namun hingga tingkat SMA. Para guru akan meminta siswanya melakukan penelitian kemudian mempresentasikannya di depan kelas. Cara seperti ini dianggap sangat efektif dalam membantu siswa memahami sebuah materi pelajaran.

Terapkan Kedisiplinan

Pelajar Jepang. (Special)

Siswa Jepang sangat terbiasa menerapkan kedisiplinan. Terutama, disiplin dalam hal kehadiran. Absensi sekolah merupakan sesuatu yang sangat penting dan diterapkan dengan ketat. Para siswa tidak di berikan kelonggaran untuk datang terlambat apalagi hingga bolos sekolah.

Hal yang menarik adalah kebiasaan tersebut tidak menjadi keterpaksaan bagi siswa-siswa di Jepang. Justru, mereka sangat senang menjadi rajin dan disiplin dimanapun berada. Bagi mereka, sekolah merupakan tanggung jawab yang harus dijalankan sebagai seorang anak yang mendapat fasilitas pendidikan. Sekolah-sekolah di Jepang juga menerapkan adanya sebuah apresiasi bagi siswa yang selalu disiplin dan berprestasi.

Pendidikan Karakter Jadi Fokus Utama

Pelajar Jepang. (Special)

Ujian awal masuk sekolah bukanlah hal yang penting dalam pendidikan Jepang. Bagi sekolah, seseorang tidak hanya dinilai dari kepintaran secara akademik saja, namun juga budi pekerti serta keterampilan lainnya. Sebab, ketika para siswa lulus mereka akan menjadi sama di mata masyarakat.

Hal yang membedakan satu dengan lainnya adalah bagaimana para siswa menempatkan diri dan bersikap di masyarakat. Oleh karena itu, pendidikan karakter merupakan hal yang penting dan sangat ditekankan di berbagai sekolah.

Itulah tips ampuh belajar efektif ala pelajar jepang yang wajib kamu tiru. Hal yang paling penting dari tips di atas adalah melakukannya secara konsisten supaya mendapat hasil yang maksimal. Kamu juga bisa membagikan info bermanfaat ini ke orang-orang terdekatmu, ya. Selamat belajar dan semangat, Ladies!