Tips Cara Jualan Online Mudah untuk Pemula

Rabu, 2 Februari 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Tips Cara Jualan Online Mudah Untuk Pemula

Ilustrasi jualan online. (Special)

Ladiestory.id - Di era serba digital ini memang sudah tidak asing dengan pekerjaan berbasis media online. Kita bisa dengan mudah melakukan transaksi jual beli secara mudah. Bahkan, ada yang menjadi bisnis ini sebagai pekerjaan utama bukan lagi sampingan. 

Biasanya, seseorang yang memilih bisnis ini karena keterbatasan waktu untuk bekerja di kantor atau memiliki kesibukan lebih dari satu hal. Maka dari itu, bisnis online menjadi pekerjaan yang banyak diminati mahasiswa hingga ibu rumah tangga bahkan berbagai kalangan masyarakat. 

Sebelum memulai, pastikan Kamu mengetahui semakin banyak persaingan, akan membuat pemula atau orang yang belum pernah terjun di dunia ini dituntut untuk kreatif saat memutuskan untuk memulai jualan online. Bahkan bukan tidak mungkin jika baru memulai sudah mampu mendapatkan omset yang diinginkan.

Maka dari itu, sebelum masuk dalam dunia bisnis online, Kamu perlu mempelajari market dan target.

Pastikan Terlebih Dahulu Mentalmu Sudah Siap 

Ilustrasi perempuan bekerja dengan internet. (Special)

Lebih dari semua pengetahuan dan apapun itu, satu hal yang wajib dipersiapkan dalam memulai jualan online adalah mental. Bukan hanya mental sembarangan, tapi harus benar-benar kuat.

Pasalnya, Kamu akan bersaing dengan berbagai kompetitor sehingga ada hanya ada dua kemungkinan yang terjadi, bisnis semakin berkembang atau malah sebaliknya karena kurang mampu untuk bersaing. 

Memang untuk pemula ini menjadi sesuatu yang tidak mudah karena ada tantangan yang harus dihadapi. Apalagi, ketika membangun bisnis, Kamu mungkin akan melihat berbagai kondisi saat produk baru belum memiliki peminat atau konsumen sehingga pada bulan bulan pertama belum ada pemasukan yang diinginkan. 

Tenang, ini adalah hal wajar untuk para perintis bisnis online maupun offline. Maka dari itu, dari awal kamu perlu mengerti  dan memiliki mental kuat sebagai pembisnis saat menemui kondisi itu sehingga tidak mudah menyerah. 

Gunakan Sistem Learning by Doing 

Ilustrasi bekerja dengan laptop. (Spesial)

Banyak yang mengatakan jika ada prospek bagus ketika menjalankan bisnis online dari jangkauan yang lebih luas untuk menggaet calon pembeli dari manapun.

Maka dari itu, ada berbagai hal yang dipelajari terlebih dahulu tentang cara memulai bisnis dan jualan online khususnya untuk pemula. Pebisnis menjadi salah satu profesi yang dianggap sulit tapi menarik.

Ini merupakan profesi yang harus dipelajari dengan mendalam sambil dilakukan. Karena bicara tentang bisnis dari teori sudah banyak ditemukan, namun pekerjaan ini menjadi hal lebih baik dipraktekan. 

Pilih Produk Menarik yang Ingin Dipasarkan

Ilustrasi pebisnis online. (Special)

Memilih produk untuk bisnis perlu disesuaikan dengan sesuatu yang Kamu sukai atau suatu kebutuhan masyarakat. Faktanya, tidak sedikit orang yang memulai jualan online lebih banyak mengarah pada suatu hal viral. Namun, apapun itu adalah pilihan dan kebutuhan orang yang ditentukan dengan matang.

Tapi, ketika Kamu mengalami kesulitan untuk memilih, mulai dengan mengamati produk yang lebih dulu dijual, kemudian coba modifikasi atau inovasi sehingga produk itu memiliki kelebihan dan keunikan dibanding yang lain. 

Membuat Identitas Produk yang Mudah Dikenal

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis online untuk pemula adalah membuat identitas yang mudah dikenal dengan baik dari menentukan nama, produk yang ingin dipasarkan, harga produk, penggunaan sistem pembayaran jual, keunggulan produk bahkan dari tagline serta hastag khusus menjadi hal penting. 

Walaupun terlihat sepele dari nama toko, namun ini akan menentukan ketertarikan pembeli dengan produk apalagi jika ada ciri khas khusus produk. Maka dari itu, buatlah hal-hal dari secara matang sehingga ketika diiklankan ke sosial media atau perantara kerabat menjadi lebih mudah dikenal karena memiliki identitas yang jelas. 

Riset dan Penentuan Supplier

Mulai perluas informasi dan lakukan riset tentang para supplier yang berkaitan dengan produk. Ketika sudah mengetahui produk, maka supplier menjadi peran penting. Faktanya, saat memilih supplier yang tepat akan memudahkan bisnis berjalan.

Namun, perlu diingat jika pastikan Kamu punya lebih dari satu supplier. Hal ini sebagai antisipasi ketika barang yang dicari tidak ada, Kamu bisa mengambil di supplier lain.

Maka dari  itu mempertimbangkan supplier menjadi hal yang perlu diperhatikan dari segi jenis barang sampai ongkos pengiriman, kelengkapan dan stok barang merupakan faktor penting. Fungsinya, jika Kamu ingin membeli dengan jumlah yang banyak, maka mereka ada stok yang cukup. 

Tunggu apalagi, saatnya memulai bisnis onlinemu!