9 Tips Cara Mengatasi Wajah Terlihat Tua di Usia Muda

Kamis, 2 Desember 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

9 Tips Cara Mengatasi Wajah Terlihat Tua Di Usia Muda

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Apakah kamu merasa wajah terlihat tua padahal usia kamu masih muda? Bila iya itu artinya kamu mengalami penuaan dini, dimana kondisi wajah tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi wajah terlihat tua di usia muda, simak tipsnya di bawah ini.

Penyebab Wajah Terlihat Tua di Usia Muda

Foto: Ladiestory.id

Penyebab penuaan dini atau wajah terlihat tua pada sebagian wanita dapat dipengaruhi beberapa faktor, antara lain:

  • Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan sehingga menimbulkan keriput
  • Konsumsi alkohol, rokok atau zat racun lainnya, sehingga kulit kusam dan kering
  • Kurangnya asupan nutrisi pada kulit
  • Tidur dengan posisi yang salah
  • Memiliki struktur tulang pada wajah yang tegas.

Cara Mengatasi Wajah Terlihat Tua di Usia Muda

Bila kamu mengalami penuaan dini, kamu bisa gunakan cara dibawah ini untuk mengatasinya:

1. Gunakan Tabir Surya Saat di Luar Ruangan

Foto: Ladiestory.id

Tabir surya sangat berguna untuk melindungi wajah dari paparan sinar ultraviolet, yang menjadi penyebab wajah tampak kusam dan kering sehingga menjadikan wajah tampak layu dan tua. Gunakan tabir surya maka wajah kamu akan terlindungi dari masalah penuaan dini

2. Jauhkan dari Konsumsi Alkohol, Merokok, dan Narkoba

Rokok, alkohol dan narkoba adalah salah satu penyebab penuaan dini. Buat yang telah kecanduan, dapat menguranginya perlahan-lahan, lalu meninggalkannya.

3. Konsumsi Makanan yang Bernutrisi dan Mengandung Antioksidan 

Sayur dan buah-buahan merupakan sumber gizi dan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh. Selain itu buah dan sayur juga kaya akan antioksidan.

Kamu bisa konsumsi dengan rutin untuk menjaga kulit tetap sehat dan tidak mengalami penuaan dini. Seperti anggur, kacang-kacangan, wortel, buah beri, brokoli, teh hijau, buah beri, biji-bijian dan paprika. 

4. Hindari Konsumsi Makanan yang Manis dan Berminyak

Foto: Ladiestory.id

Tahukah kamu terlalu banyak konsumsi yang manis-manis dapat menyebabkan wajah keriput dan iritasi? Selain itu, terlalu banyak gula juga dapat berpengaruh pada proses glikasi, yaitu proses menggumpalnya lemak atau protein dengan glukosa. 

Bila telah terjadi penggumpalan seperti itu, maka jaringan dalam seluruh tubuh dapat menjadi kaku dan mengakibatkan kulit berkerut. Karena itulah cobalah untuk mengurangi konsumsi gula dalam menu harian kamu.

5. Cukup Istirahat dan Tidur dengan Posisi Terlentang

Area mata merupakan area yang rentan mengalami penuaan dini karena kulit pada sekitar mata lebih lembut dan tipis dibanding bagian lain. Karena itu, usahakan tidak begadang dan cukup tidur dalam waktu 7-8 jam sehari. 

6. Rutin Olahraga

Olahraga dengan rutin dan teratur dapat membantu melancarkan aliran darah dan membantu memberikan asupan nutrisi dan oksigen pada sel-sel dalam tubuh. 

Selain itu, rajin berolahraga juga membantu pembentukan sel-sel kulit baru. Kamu bisa lakukan olahraga yang akan membuatmu lebih sehat, bugar dan segar, misalnya jogging, berenang dan senam. 

7. Usahakan Jangan Stres

Seberapa banyak masalah kamu, cobalah untuk cari solusinya bukan hanya sekadar dipikirkan saja. Karena bila kamu terlalu memikirkan masalah tanpa cari solusinya penyelesaian yang terjadi akan berakibat fatal.

Penelitian menyebutkan bahwa masalah yang terlalu dipikirkan akan memicu stres sehingga mempercepat penuaan terhadap sel-sel dalam tubuh

8. Minum Cukup Air Putih

Foto: Ladiestory.id

Semakin tua usia manusia, kulitnya akan semakin kering. Hal ini karena kulit tidak dapat lagi menghasilkan minyak sebanyak-banyaknya. Perbanyak minum air putih minimal 2,5 liter sehari.

Agar membuat kulit tetap terlihat cerah, lembab, dan tentunya menyehatkan. Selain itu air putih juga bagus untuk membuang racun-racun dalam tubuh.

9. Gunakan Krim Wajah yang Mengandung Retinoic Acid

Krim yang mengandung retinoic acid dapat memicu produksi kolagen serta menghilangkan garis halus di wajah.

Nah, itulah cara mengatasi wajah terlihat tua di usia muda. Semoga bermanfaat.