Tips dan Trik Beli Sepatu agar Nyaman, Lakukan di Sore Hari

Jumat, 25 November 2022 | 20:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Tips Dan Trik Beli Sepatu Agar Nyaman, Lakukan Di Sore Hari

Acara Skechers World of Comfort. (Ladiestory.id / Arfiah Ramadhanti)

Ladiestory.id - Sebagai salah satu bagian terpenting dari tubuh, kaki memiliki peran besar yang sudah seharusnya menerima perlakuan tak kalah istimewa. Contoh kecil untuk memberi perlakuan yang spesial adalah dengan memakai alas kaki terbaik, yang tak hanya indah dari segi estetikanya, namun juga nyaman dan pas saat dikenakan.

Agar dapat memilih alas kaki, khususnya sepatu yang nyaman, Langga Sintong dari RS Siloam Kebon Jeruk pun berbagi tips dan triknya. Hal ini ia ungkap dalam acara Skechers World of Comfort yang digelar di Senayan City, Jakarta Pusat pada Kamis (24/11/2022) kemarin.

Acara Skechers World of Comfort. (Ladiestory.id / Arfiah Ramadhanti)

Menurutnya, secara umum terdapat lima tips dan trik yang bisa dijadikan acuan saat ingin memilih dan membeli sepatu agar nyaman dikenakan. Pertama, penting bagi kamu yang ingin membeli sepatu untuk terlebih dulu memahami bentuk dan juga karakteristik kaki. 

"Karena  kaki kita masing-masing berbeda. Ada yang kakinya flat, high arch jadi kita harus mengetahui bentuk kaki kita sendiri," kata Langga.

Selain itu, yang tak kalah penting lainnya adalah mengenai waktu saat membeli sepatu. Pasalnya, meski terdengar sepele pemilihan waktu bisa memiliki dampak yang cukup besar untuk kenyamanan saat dikenakan. Sang dokter menyarankan agar saat membeli sepatu, ada baiknya dilakukan di sore hari.

Acara Skechers World of Comfort. (Ladiestory.id / Arfiah Ramadhanti)

"Waktu membeli sepatu sebaiknya dilakukan sore hari, karena kalau pagi hari hingga siang itu kan kaki kita beraktivitas jadi membesar, sehingga saat mencoba sepatu akan terasa sempit. Jadi membeli sepatu saya sarankan sore hari," ujar sang dokter pada awak media.

Tips selanjutnya, yaitu saat membeli sepatu baru, ada baiknya kita turut membawa sepatu lama dan memakai kaus kaki yang biasa dikenakan. Dengan begitu, akan bisa lebih dipastikan sepatu yang dibeli nyaman atau tidak di kaki.

Jika membeli sepatu untuk olahraga, bisa turut dipastikan olahraga seperti apa yang akan dilakukan. Pasalnya, setiap jenis olahraga berbeda-beda, sehingga pemilihan sepatunya pun mengikuti jenis olahraganya.

“Sepatunya untuk apa, apakah untuk olahraga? Olahraga juga macam-macam. Ada tenis, ada basket, badminton, bola. Jadi berbeda kegunaannya," sambungnya.

Yang terakhir, sebagai dokter ortopedi dengan spesialisasi foot and ankle, ia pun mengingatkan masyarakat agar tak hanya terpancing oleh model saat membeli sepatu. Ia menyarankan agar memilih sepatu yang nyaman.

s