Tips Finansial Sehat ala SeaBank, Mulai dari Rencana hingga Pelaksanaannya

Minggu, 14 Januari 2024 | 10:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Tips Finansial Sehat Ala Seabank,  Mulai Dari Rencana Hingga Pelaksanaannya

Tips finansial SeaBank

Ladiestory.id - Selamat Tahun Baru 2024! Apa resolusi dan harapan yang ingin kamu capai tahun ini? Jika jawabannya ingin memiliki kondisi keuangan yang lebih sehat, kita punya jawabannya. Simak tips mengatur keuangan ala SeaBank berikut ini. 

Seperti yang dikatakan Benjamin Franklin ‘if you fail to plan, you are planning to fail’, alias jika kita gagal membuat rencana, sesungguhnya kita telah merencanakan kegagalan itu sendiri. Hal ini sama dengan cara kita mengatur keuangan, semua dimulai dari perencanaan. Mumpung awal tahun, kita harus membuat perencanaan pengaturan keuangan yang baik agar resolusi dan harapan kita bisa terwujud.

1. Tinjau Target Keuangan

Di awal tahun ini tinjau kembali target keuangan jangka pendek, menengah, dan panjang yang kita punya. Jika belum pernah punya target keuangan, sekarang saatnya membuat perencanaan. Perhatikan beberapa hal ini ketika membuat target keuangan: 

  • Target keuangan harus spesifik (contohnya seperti membeli rumah atau, menikah) ● Kapan target tersebut ingin terealisasi 
  • Berapa biaya yang dibutuhkan

Setelah target keuangan disusun, rencanakan pengaturan pendapatan dan pengeluaran untuk memenuhi target tersebut.

2. Aturan 50/30/20

Salah satu metode yang bisa diikuti untuk merencanakan keuangan adalah aturan 50/30/20, dimana 50 persen dari pendapatan digunakan untuk membiayai segala macam kebutuhan, 30 persen untuk membiayai keinginan, serta 20 persen untuk tabungan dan atau investasi. 

  • Hitung estimasi pendapatan kamu selama setahun. Pendapatan yang dimaksud termasuk gaji, bonus tahunan, THR, serta hasil investasi jika ada. Hindari membuat estimasi pendapatan yang bersifat aspirasional. 
  • Buat daftar perkiraan pengeluaran tetap kamu setahun. Mulai dari kebutuhan harian (makanan, transportasi), cicilan hutang, biaya rutin bulanan (biaya sekolah anak, asuransi, dll), hingga pajak. 
  • Jika perkiraan pengeluaran setahun lebih dari 50 persen dari pendapatan, jangan langsung khawatir. Ada momen pengeluaran mengambil porsi pendapatan yang lebih banyak, bisa jadi karena kebutuhan tak terduga. Kuncinya ketika situasi sudah kembali normal kita harus disiplin lagi untuk menabung atau menambah jumlah tabungan untuk menutupi ‘kebocoran’ di bulan sebelumnya 
  • Keinginan berhubungan dengan hal-hal yang secara pribadi mau kita miliki, tapi tidak termasuk dalam kebutuhan pokok. Dengan kata lain, keinginan bisa diartikan sebagai kebutuhan sekunder atau tersier. Contohnya keperluan hobi, gadget, hingga menonton konser. 
  • Sisihkan dana untuk simpanan. Menyisihkan budget untuk simpanan sifatnya wajib, besar kecilnya dana yang disisihkan dikembalikan ke kemampuan masing-masing. Fungsi simpanan dari alokasi budget penting, agar jika ada kebutuhan mendadak kita bisa memakai dana simpanan dan tidak mengganggu pos keuangan lainnya. 
  • Jika masih ada sisa budget dari perencanaan, berikutnya kita bisa melirik instrumen investasi. Investasi dilakukan untuk pengembangan aset, instrumennya bervariatif mulai dari Tabungan Berjangka, ORI, saham, dan masih banyak lagi. Namun perlu diperhatikan tentang skema dan risiko investasinya, termasuk kredibilitas institusi yang menerbitkan investasi tersebut.

3. Instrumen Proteksi (Asuransi)

Jika pada tahap perencanaan kamu sudah bisa mengatur besaran budget pemasukan, pengeluaran, simpanan dan investasi, mungkin kini saatnya kamu berpikir mengenai instrumen proteksi yakni asuransi. Instrumen ini penting untuk mengurangi efek dari kejadian tak terduga yang bisa terjadi. 

Jenis asuransi sangat beragam, pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, karena tujuan asuransi adalah proteksi maka fokus pada manfaat perlindungannya bukan pada berapa besar keuntungan yang bisa didapat.


4. Mengelola Utang

Tips finansial SeaBank

 

Utang menjadi hal sensitif untuk dibahas ketika berbicara soal perencanaan keuangan, sering kali jika kita berutang maka kita dianggap tidak mampu. Padahal utang bisa jadi instrumen produktif yang membantu cashflow kita. 

Contohnya jika kita berutang untuk membeli mesin atau alat untuk usaha yang dapat menaikkan jumlah produksi dan berdampak pada peningkatan penjualan bulanan, maka utang yang kita punya justru bersifat positif. Namun ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat kita berutang: 

  1. Bijaklah dalam berutang dan batasi jumlah utang sesuai kebutuhan 2. Jika kamu berutang dengan memakai kartu kredit, sebisa mungkin bayar cicilan secara full payment, karena jika kita hanya membayar minimal payment maka akan menambah beban bunga 
  2. Alokasikan budget untuk membayar cicilan utang di rencana keuangan agar bisa menjadi prioritas pengeluaran bulanan 

Sehat Finansial Bersama SeaBank 

Sebagai bank yang melayani nasabah dengan layanan digital, SeaBank menghadirkan beragam layanan dan produk yang mendukung perencanaan nasabah untuk mencapai kondisi keuangan finansial yang lebih sehat di tahun yang baru, diantaranya:

- Nasabah dapat melacak beragam pengeluaran dan pemasukan di bagian history atau riwayat transaksi pada aplikasi SeaBank. Perencanaan pengeluaran jadi lebih mudah karena nasabah dapat langsung melihat transaksi yang sudah dilakukan per minggu atau bulan. 

- SeaBank memberikan bunga tabungan yang cair setiap hari, sehingga berapapun uang yang ada di tabungan nasabah akan menghasilkan bunga yang menguntungkan. 

- SeaBank juga menawarkan tabungan berjangka dengan bunga hingga 6 persen yang hadir dengan pilihan jangka waktu beragam sesuai kebutuhan nasabah. - Nasabah dapat menurunkan pengeluaran dengan menggunakan SeaBank karena gratis transfer serta bebas biaya admin yang dapat digunakan hingga ratusan kali setiap bulan oleh nasabah. 

Awali tahun yang baru ini dengan melakukan berbagai kebaikan demi finansial yang lebih sehat. Mulai dengan perencanaan keuangan yang baik serta sikap disiplin dalam mengikuti rencana yang telah disusun, serta bijak dalam mengeluarkan uang untuk bermacam-macam kebutuhan. 

Seperti petikan quote di awal, jika kita tidak membuat perencanaan yang matang maka kita telah merencanakan kegagalan itu sendiri. Semoga semua yang kita cita-citakan di tahun baru ini bisa terlaksana ya. Semangat!