Anti Gagal, Tips Goreng Ikan Tanpa Lengket di Wajan

Rabu, 16 Maret 2022 | 20:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Anti Gagal, Tips Goreng Ikan Tanpa Lengket Di Wajan

Menggoreng Ikan Tanpa Lengket di Wajan (Special)

Ladiestory.id - Ikan merupakan salah satu jenis lauk yang digemari masyarakat Indonesia. Mudah diolah, dan memiliki banyak kandungan vitamin menjadikan ikan sering dikonsumsi sebagai lauk harian. Namun, tak banyak orang bisa menggoreng ikan dengan tampilan yang menarik.

Biasanya  kulit ikan sering menempel di wajan. Hal tersebut tentunya membuat tampilan ikan goreng kurang menarik. Selain itu, tak jarang daging ikan juga akan ikut hancur, ketika salah dalam proses menggorengnya. Berikut beberapa tips goreng ikan agar tidak lengket di wajan.

Panaskan Wajan

Menggoreng Ikan Tanpa Lengket di Wajan (Special)

Dalam proses menggoreng ikan, kebanyakan orang secara langsung menuangkan minyak goreng ke dalam wajan, baru dipanaskan. Namun, hal tersebut justru sering membuat ikan lengket di wajan saat di goreng. Beberapa chef ternama memberikan tips untuk panaskan wajan dulu, baru kemudian tuangkan minyak goreng sedikit demi sedikit. Hal tersebut bertujuan agar panas wajan merata sehingga ikan tidak akan lengket ketika digoreng.

Taburi Ikan Dengan Tepung

Menggoreng Ikan Tanpa Lengket di Wajan (Special)

Tips selanjutnya agar ikan tidak lengket di wajan saat digoreng adalah dengan memberikan sedikit taburan tepung pada ikan. Tidak perlu terlalu banyak, Kamu bisa lumuri seluruh permukaan ikan dengan sedikit tepung dan bumbu ikan goreng. Tips tersebut terbukti ampuh, membuat ikan tidak lengket saat digoreng. Tentunya Kamu akan mendapatkan tampilan ikan goreng yang menarik.

Tambahkan Air Lemon ke Dalam Minyak

Menggoreng Ikan Tanpa Lengket di Wajan (Special)

Menambahkan perasan air lemon ke dalam minyak goreng, ternyata dapat membantu mencegah agar ikan tidak lengket di wajan. Kamu bisa marinasi ikan dengan perasan jeruk lemon, atau bisa menambahkan sedikit perasan jeruk lemon langsung ke dalam minyak goreng yang sudah panas. Selain membuat ikan tidak lengket di wajan, perasan jeruk lemon juga membantu mengurangi bau amis pada ikan, dan menurunkan risiko ikan meletus atau meletupkan minyak.

Kulit Ikan Menghadap Bawah

Menggoreng Ikan Tanpa Lengket di Wajan (Special)

Saat menggoreng ikan filet yang masih ada kulitnya contohnya salmon atau kakap, Kamu bisa goreng dengan posisi kulit ikan menghadap ke arah bawah. Namun, pastikan sebelumnya jika wajan dan minyak sudah dalam kondisi panas. Goreng ikan sampai benar-benar matang, jangan terburu-buru untuk membaliknya.

Hindari Gula atau Kecap Manis untuk Bumbu Ikan

Menggoreng Ikan Tanpa Lengket di Wajan (Special)

Untuk membuat ikan goreng yang menarik, dengan bentuk yang utuh dan tidak lengket di wajan hindari menggunakan campuran gula atau kecap manis. Pasalnya, gula jika dipanaskan akan menjadi karamel sehingga membuat lengket dan menempel di wajan saat ikan digoreng.

Kamu bisa menggantinya dengan bumbu yang lain, atau bisa juga marinasi ikan dengan kecap ikan, untuk menambah cita rasa yang lezat. Pastikan untuk meniriskan ikan dari bumbu sebelum menggorengnya.

Jangan Terburu Membalik Ikan

Menggoreng Ikan Tanpa Lengket di Wajan (Special)

Tips berikutnya dalam menggoreng ikan agar tidak lengket adalah jangan terburu-buru membalik ikan saat menggoreng. Pastikan sisi ikan sudah benar-benar matang atau kering sepenuhnya baru kemudian dibalik.

Pasalnya membalik ikan yang belum kering, atau masih agak basah akan membuat kulit serta daging ikan mudah lengket dan akan hancur jika dibalik. Tanda ikan sudah matang dan siap dibalik biasanya warnanya akan berubah menjadi menjadi lebih pekat.

Bumbui Ikan Dengan Bahan Kering

Menggoreng Ikan Tanpa Lengket di Wajan (Special)

Salah satu masalah yang sering Kamu jumpai saat menggoreng ikan adalah minyak dalam wajan terkadang memercik kemana-mana. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya jangan melumuri ikan dengan bumbu basah seperti asam jawa.

Kamu bisa gunakan bumbu kering lainnya misal merica, dan garam. Sebenarnya jika Kamu lebih menyukai bumbu basah, bisa saja digunakan asalkan Kamu benar-benar memastikan untuk meniriskan ikan dulu sebelum menggorengnya ke dalam minyak yang panas.