8 Tips untuk Meraih Hidup Bahagia Dunia Akhirat

Jumat, 12 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

8 Tips Untuk Meraih Hidup Bahagia Dunia Akhirat

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Bagi umat Islam, pastinya ingin meraih kebahagiaan bukan saja di dunia tapi juga di akhirat yang adalah kehidupan abadi sesudah kematian.

Namun, untuk meraih hidup bahagia dunia akhirat tidaklah mudah. Walau begitu, menadapatkan kehidupan bahagia dunia akhirat juga tidak sulit buat mereka yang benar-benar niat melakukannya untuk meraih kebahagiaan yang kekal. 

Cara Meraih Hidup Bahagia Dunia Akhirat

Nah, buat kamu yang ingin meraihnya, di bawah ini ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meraih hidup bahagia dunia akhirat. Inilah tips untuk meraih hidup bahagia dunia akhirat.

1. Bersikap Rendah Hati

Tidak semua orang hidup dalam kecukupan. Jika kamu tergolong dalam orang yang berkecukupan atau mungkin lebih dari cukup, bersikaplah rendah hati dan hindari sifat sombong yang bisa merugikan diri sendiri.

2. Selalu Memberi

Foto: Tribune

Memberi lebih baik dari pada meminta, karena salah satu rahasia untuk hidup bahagia dunia akhirat adalah dengan selalu memberi. Karena memberi merupakan bagian dari hidup, bahkan dianjurkan oleh Rasulullah, sebagaimana sabdanya yang berbunyi:

“Tangan diatas lebih baik daripada tangan di bawah”.

Yang maknanya adalah lebih baik memberi daripada menerima.

3. Menghindari Permusuhan

Mungkin kita memang tidak akan dapat menghindar bila ada orang yang menganggap kita adalah musuhnya. Tapi, tidak lantas kita juga menganggapnya musuh.

Kita bisa mengubah itu dengan cara selalu bersikap dan berbuat baik kepadanya. Perlahan-lahan, mereka pun akan merasakan kebaikan kita dan mengubah sikap permusuhan mereka menjadi teman.

4. Jangan Mengeluh dan Bersabarlah

Foto: Ladiestory.id

Dalam proses untuk menjadi seseorang yang dewasa, kita pasti akan melewati masa-masa untuk mengeluh. Karena itu, Allah SWT telah menjanjikan pahala yang besar bagi mereka yang bersabar dan tidak mengeluh.

5. Perbanyak Ibadah

Tips selanjutnya untuk bisa meraih hidup bahagia dunia akhirat adalah dengan memperbanyak ibadah. Ibadah sendiri adalah salah satu upaya manusia untuk mendekatkan diri pada sang Khalik. Dengan beribadah juga akan mengumpulkan banyak pahala sebagai bekal kehidupan di akhirat.

6. Perbanyak Bersyukur

Sudah bukan rahasia lagi, banyak bersyukur akan menambah nikmat yang Allah berikan pada kita. Karena itu, salah satu tips bahagia dunia akhirat adalah dengan mensyukuri apapun yang kita terima sekecil apapun, maka Allah akan menambahnya. 

7. Perbanyak Istighfar

Foto: Suaraindonesia

Manusia tak pernah luput dari lupa dan kesalahan. Tapi hanya orang-orang yang beruntung yang sadar akan kesalahan dengan selalu memohon ampun dan mengucapkan Istighfar. 

8. Jangan Membenci

Tips berikutnya untuk meraih kebahagian dunia akhirat adalah jangan pernah membenci seseorang meskipun orang itu berbuat salah atau menyakitimu. Cobalah untuk memaafkan dan mendoakannya agar berubah. Karena akan ada rasa lega dan tenang saat kita bisa memaafkan orang lain.

Itulah 8 tips meraih hidup bahagia dunia akhirat. Semoga tips di atas bermanfaat agar bisa mendapatkan kehidupan yang bahagia, tidak hanya di dunia semata, tapi juga di akhirat.