5 Tips Hilangkan Bintik Hitam pada Kaki, Bye Strawberry Skin!

Senin, 21 November 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Tips Hilangkan Bintik Hitam Pada Kaki, Bye Strawberry Skin!

Ilustrasi kaki. (Special)

Ladiestory.id - Bintik hitam yang ada di kaki sering disebut sebagai strawberry skin. Disebut demikian karena bentuknya menyerupai bintik hitam pada stroberi.

Kondisi ini bisa saja terjadi pada siapa pun. Penyebabnya adalah karena pori-pori kulit kaki tersumbat oleh kotoran, minyak, maupun adanya penumpukan kulit.

Jika kamu mengalami kondisi ini, hal tersebut bisa membuat kepercayaan diri menurun. Namun, kamu tidak perlu khawatir, sebab kamu bisa menghilangkan strawberry skin tersebut. Nah, berikut Ladiestory.id telah merangkum lima tips untuk menghilangkan strawberry skin.

Eksfoliasi Fisik

Ilustrasi melakukan eksfoliasi. (Special).

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan strawberry skin adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit secara teratur. Tujuan dari eksfoliasi ini adalah untuk menjaga agar pori-pori selalu terbuka dan tidak tersumbat. Kamu bisa gunakan scrub berbahan ringan dan gosoklah dengan lembut pada kulit kaki.

Jika kamu ingin mendapatkan hasil kulit kaki yang bersih dan bebas dari strawberry skin, maka kamu bisa melakukan eksfoliasi secara rutin. Lakukanlah setidaknya dua kali dalam seminggu ya, Ladies.

Eksfoliasi Kimia

Ilustrasi merawat kaki. (Special)

Eksfoliasi kimia mungkin terdengar asing. Namun, pengelupasan kulit juga bisa terjadi karena zat kimia, lho.

Kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung AHA, asam salisilat, dan asam beta-hidroksi. Ketiga bahan kimia tersebut terbukti dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga, sel-sel tersebut akan terkelupas dan tidak akan menyumbat pori-pori kulitmu kembali. 

Namun, jika kondisi kulit sensitif dengan kandungan asam salisilat, kamu bisa menggunakan produk yang memiliki kandungan asam laktat atau asam glikolat. Kamu bisa menemukan kandungan kimia tersebut pada sabun mandi maupun rangkaian produk perawatan kulit.

Gunakan Body Lotion Retinol

Ilustrasi merawat kaki. (Special)

Selain melakukan eksfoliasi secara fisik dan kimia, cara untuk menghilangkan strawberry skin adalah dengan menggunakan produk body lotion yang mengandung retinol. Fungsi retinol dalam body lotion dapat membantu meningkatkan pergantian sel.

Sehingga, sel kulit mati akan cepat terangkat dan tidak menyumbat pori-pori. Agar strawberry skin cepat menghilang, kamu bisa menggunakan body lotion retinol secara rutin setelah selesai mandi.

Gunakan Pisau Cukur Berkualitas

Ilustrasi mencukur bulu kaki. (Special)

Ketika mengalami strawberry skin, mungkin kamu berpikir untuk segera mencukur bulu bagian kaki. Namun, ketika mencukur bulu bagian kaki, kamu perlu berhati-hati.

Sebaiknya, gunakan pisau cukur yang berkualitas. Karena, jika menggunakan pisau cukur yang tidak memiliki kualitas bagus justru akan membahayakan kulitmu, Ladies.

Pisau cukur yang tidak berkualitas akan lebih cepat tumpul dan dapat menyebabkan kulit meradang. Pisau cukur yang tumpul juga dapat menyebabkan strawberry skin terlihat lebih jelas karena menyumbat pori-pori kulit.

Sebelum menggunakan pisau cukur, sebaiknya rendam dalam air hangat terlebih dulu. Tujuannya adalah agar dapat melembutkan rambut pada kaki dan juga membantu membuka pori-pori.

Waxing

Ilustrasi waxing. (Special)

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan strawberry skin adalah dengan menggunakan teknik waxing. Teknik waxing ini dinilai efektif untuk menghilangkan strawberry skin.

Pasalnya, dengan melakukan waxing, maka rambut di kaki akan terangkat hingga ke akarnya. Selain itu, dengan melakukan waxing, lapisan kulit mati juga akan ikut terangkat.

Waxing tentu berbeda ketika kamu hanya mencukur rambut pada kaki. Saat kamu mencukur, bagian yang hilang hanyalah rambut yang di permukaan kulit, sementara akar rambut masih tetap ada.