4 Tips Hilangkan Bosan Kala Liburan di Masa Pandemi

Kamis, 18 November 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

4 Tips Hilangkan Bosan Kala Liburan Di Masa Pandemi

Foto: liputan 6

Ladiestory.id - Terkadang masa liburan jadi waktu yang ditunggu-tunggu sehingga mungkin ada berbagai hal menarik ingin dilakukan. Beberapa ada yang memilih untuk jalan-jalan dan berkeliling kota. Namun, ada yang lebih nyaman menghabiskan waktu di rumah.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Liburan di Masa Pandemi

Di masa pandemi seperti ini, orang-orang dianjurkan untuk stay di rumah saja, bahkan saat ada waktu libur sekalipun. Berada di rumah mungkin membuat sebagian besar orang mulai merasa bosan atau jenuh. Untuk itu, berikut tips kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan di masa pandemi. 

1. Mulai Kreasikan untuk Belajar Resep Makanan Baru

Foto: Ladiestory.id

Makan mungkin menjadi hal yang banyak disukai. Lalu, bagaimana dengan memasak? Nah, cobalah untuk memasak menjadi sebuah kegiatan positif di rumah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Namun, kita bisa memulai dengan mengikuti resep dengan teliti sehingga masakan yang dihasilkan dijamin enak. Keunggulan dari memasak di rumah adalah kita jadi lebih hemat dan sehat jika dibandingkan dengan membeli makanan di restoran.

Kita bisa mencari dan mengumpulkan resep masakan baru setiap hari supaya memasak jadi semakin seru. Selain itu, ketika ada makanan sisa, kita bisa simpan di kotak kedap udara, taruh di kulkas, atau dihangatkan ketika ingin dimakan.

2. Membaca Buku Fiksi atau Non Fiksi

Foto: Ladiestory.id

Percayalah jika membaca buku menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan mental. Namun secara umum,  membaca buku dapat membuka wawasan, menumbuhkan rasa empati, meningkatkan kreativitas, meredam stres, serta mempertajam kemampuan berbahasa.

Manfaat-manfaat ini bisa berlaku untuk buku fiksi atau non fiksi. Selain itu, ada berbagai genre buku yang bisa dipilih dari  bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Kalau kita ingin meningkatkan skill spesifik, maka pilihlah untuk membaca buku non fiksi. 

3. Melatih Tubuh Tetap Bugar dengan Olahraga

Foto: bukalapak

Olahraga merupakan hal penting yang dilakukan untuk menjaga kesehatan, Faktanya, olahraga tidak hanya dilakukan di gym. Ketika berada di rumah, kita tetap bisa berolahraga. Ada berbagai cara dari kelas online bersama trainer profesional hingga menonton latihan olahraga di rumah secara gratis lewat YouTube.

Sebenarnya, bukan hanya dilakukan di kala liburan, sebab olahraga menjadi kegiatan positif di rumah yang wajib dilakukan secara rutin. Sebaiknya, orang dewasa melakukan olahraga minimal 30 menit sehingga berhasil mencapai 300 menit per minggu.

4. Atur Ulang dan Membersihkan Rumah supaya Tidak Mudah Bosan

Foto: republika

Menghabiskan waktu dengan terlalu lama berdiam diri di rumah terkadang membuat kita merasa jenuh dengan suasana rumah, Tentu saja, ini bukanlah hal yang wajar apalagi jika kita biasanya aktif bepergian.

Faktanya, keadaan rumah yang kotor dan tidak tertata dengan rapi akan berpengaruh pada mood dan produktivitas penghuni. Ketika kita memiliki waktu luang ini, maka mulailah dengan mengumpulkan semangat untuk membersihkan rumah.

Ketika rumah bersih, maka kita bisa lebih leluasa untuk menata interior rumah sesuai dengan preferensi kita dengan mencari  referensi di internet sehingga interior rumahnya  bersih dan tampak mendatangkan semangat baru. 

Beberapa kegiatan menarik di atas bisa dijadikan referensi untuk menghilangkan rasa jenuh saat menghabiskan waktu liburan di rumah saja. Semoga bermanfaat, ya.