Malas Kerja Setelah Libur Panjang? Atasi dengan 6 Tips Ini!

Rabu, 11 Mei 2022 | 16:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Malas Kerja Setelah Libur Panjang? Atasi Dengan 6 Tips Ini!

Ilustrasi liburan. (Special)

Ladiestory.id - Setiap orang tentu akan merasa sangat bahagia apabila diberikan kesempatan untuk libur kerja. Pasalnya, dengan adanya hari libur maka akan membuat kita sejenak rehat dari rutinitas pekerjaan. Liburan juga akan menjauhkan dari kejenuhan dan kebosanan dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Tak dapat disangkal bahwa rasa jenuh dan bosan dapat membuat produktivitas menjadi menurun.

Idealnya, waktu untuk berlibur adalah sekitar delapan hari. Dalam jangka waktu tersebut, Kamu bisa melakukan hal yang menurutmu menyenangkan, seperti pergi mengunjungi tempat wisata, berpetualang ke tempat baru, hingga melakukan hobi.

Diharapkan setelah liburan, tubuh serta pikiran akan kembali fresh. Selain itu juga Kamu akan lebih siap menjalani segala rutinitas pekerjaan. Namun, ada kalanya muncul rasa malas untuk kembali bekerja setelah liburan. Lalu, bagaiaman cara mengatasinya Ladiestory.id telah merangkum tips menghilangkan rasa malas setelah liburan.

Pulang Liburan Lebih Awal

Ilustrasi merencanakan kegiatan. (Special)

Langkah pertama yang perlu Kamu lakukan agar rasa malas bekerja hilang adalah dengan mengakhiri masa liburan lebih awal. Kamu bisa mengambil jeda waktu satu hari sebelum kembali bekerja.

Dalam satu hari tersebut, Kamu bisa mempersiapkan segala sesuatu yang Kamu perlukan sebelum kembali mulai bekerja. Gunakan masa transisi tersebut untuk istirahatsejenak agar tubuhmu mudah beradaptasi kembali ketika mulai bekerja.

Aktif Bergerak

Ilustrasi membersihkan rumah. (Special)

Selama masa liburan, Kamu perlu untuk terus aktif bergerak. Jangan hanya memanfaatkan waktu liburmu untuk bermalas-malasan. Tetap lakukan aktivitas seperti biasanya dengan membersihkan rumah atau memasak hidangan.

Dengan tetap bergerak dan beraktivitas, maka akan membuatmu jauh lebih mudah beradaptasi ketika harus kembali bekerja. Jangan biarkan rasa malas menguasai dirimu, karena hal tersebut akan membuatmu lebih sulit untuk memulai rutinitas kerja kembali.

Rutin Olahraga

Ilustrasi olahraga. (Special)

Agar semangat kerjamu kembali seperti semula, ada baiknya Kamu mencoba untuk rutin melakukan olahraga. Sediakan waktu minimal 30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga ringan, seperti jogging atau berjalan-jalan keliling kompleks.

Dengan melakukan olahraga, maka Kamu akan menjadi lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Olahraga secara rutin akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih segar.

Tidur yang Cukup

Ilustrasi tidur cukup. (Special)

Setelah pergi berlibur, terkadang akan muncul perasaan lelah. Hal ini dikarenakan kita cenderung lebih sering bergerak untuk menikmati liburan. Oleh karena itu, penting bagimu untuk menyediakan waktu istirahat yang cukup bagi tubuhmu.

Biarkan tubuhmu istirahat selama kurang lebih delapan jam per harinya. Dengan istirahat yang cukup, akan menyegarkan tubuh serta pikiranmu. Suasana hatimu juga akan jauh lebih baik dengan memiliki tidur dan istirahat yang berkualitas. Dengan begitu, maka Kamu akan lebih siap untuk menjalani kembali rutinitas pekerjaan yang Kamu miliki.

Fokus untuk Bekerja

Ilustrasi bekerja. (Special)

Kamu tidak boleh berlarut-larut dalam euforia liburan panjang. Tanamkan pada dirimu, bahwa waktu liburmu telah habis dan kini saatnya kembali untuk bekerja.

Ciptakan motivasi kerja dalam dirimu agar Kamu kembali bersemangat untuk mencari rezeki. Kamu perlu menyadari bahwa Kamu tetap harus bekerja agar mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupmu.

Rencanakan Liburan Selanjutnya

Ilustrasi merencanakan liburan. (Special)

Liburan yang Kamu lakukan sebelumnya tentu memberikan kesan tersendiri bagimu. Kamu mungkin akan sulit melupakan semua kenangan tersebut. Bahkan ,Kamu akan merasa tidak sabar untuk melakukan liburan lagi.

Kamu bisa membuat rencana untuk liburan selanjutnya. Rencanakan destinasi dan kegiatan apa yang akan Kamu lakukan ketika berlibur kembali. Dengan cara tersebut, maka akan memunculkan motivasi dalam dirimu untuk semangat bekerja agar bisa pergi berlibur lagi.

s