5 Tips Jaga Kesehatan Bulu Mata agar Tak Mudah Rontok

Rabu, 14 Desember 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Jaga Kesehatan Bulu Mata Agar Tak Mudah Rontok

Ilustrasi bulu mata. (Special)

Ladiestory.id - Selain kulit wajah, area mata perlu mendapat perawatan khusus agar dapat terus memperindah penampilan, khususnya pada bulu mata. Menjaga kesehatan bulu mata harus diperhatikan agar tidak mudah rontok dan menghilangkan keindahan alaminya.

Jika kamu sering melakukan extension, eyelash lift, serta memberikan maskara, maka kamu harus memperhatikan kesehartan produk yang sering kamu gunakan agar area mata tidak menimbulkan berbagai gejala serius. Nah, supaya perawatan bulu mata tetap sehat dan tidak mudah rontok, kamu dapat melakukan lima tips berikut ini di rumah.

Pilih Eye Makeup Remover yang Tepat

Pembersih Makeup Waterproof (Special)

Makeup di area mata dapat memberikan kesan bold dan hidup ketika diaplikasikan. Riasan mata juga dapat mempertegas penampilan wajah seseorang. Namun, dalam menggunakan riasan di area matamata yang biasanya paling sulit dibersihkan, diperlukan eye makeup remover yang tepat untuk dapat mengangkat kotoran dan sisa makeup yang menempel di mata.

Jika kamu hanya menggunakan makeup remover biasa, tentu hasilnya akan kurang maksimal. Sehingga, kamu akan menggosok terlalu keras permukaan kulit yang dapat menyebabkan iritasi bahkan bulu mata menjadi ikut terangkat dan rontok.

Pilihlah formula eye makeup remover yang mampu memberikan aksi ganda di mana efektif mengangkat kotoran. Selain itu, pilihlah eye makeup remover yang tidak mengandung bahan alkohol serta tidak membuat kondisi kulit menjadi kering.

Perhatikan pula kandungan eye makeup remover yang memberi manfaat baik bagi kulit, seperti kandungan aloe vera dan chamomile yang dapat melembutkan kulit maupun kandungan green tea yang dapat melembapkan kulit.

Gunakan Facial Wash dan Moisturizer

Ilustrasi perempuan membersihkan wajah. (Special)

Setelah membersihkan makeup di area mata, jangan lupa untuk membersihkan seluruh wajah menggunakan facial wash dan moisturizer. Hal ini juga dapat membuat kondisi kulit tetap bersih dan terhindar dari masalah kulit. Setelah menggunakan facial wash, kemudian jangan lupa untuk menggunakan moisturizer ataupun eye cream untuk memberikan kelembapan di area kulit, khususnya pada mata.

Gunakan Serum Bulu Mata

Ilustrasi perempuan menggunakan serum bulu mata. (Special)

Selain wajah, perawatan bulu mata juga dapat dilakukan dengan menggunakan serum khusus bulu mata. Saat ini pun beragam kandungan dan varian eyelash serum bisa kamu coba, seperti  essential oil, vitamin, maupun beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Serum bulu mata ini bertujuan untuk memberikan keindahan pada bulu mata serta dapat memperkuat akar bulu mata, sehingga tidak mudah rontok. Sementara itu, manfaat dari eyelash serum juga dapat membantu merangsang pertumbuhan bulu mata bahkan menjadikannya tampak lebih tebal, panjang, dan lentik.

Rutin Membersihkan Penjepit Bulu Mata

Ilustrasi bulu mata palsu. (Special)

Bagi kamu yang sering melakukan riasan di area bulu mata dengan menggunakan penjepit bulu mata, sebaiknya kamu juga dapat rutin untuk membersihkannya. Tanpa disadari, alat makeup yang tidak dibersihkan dapat memicu pertumbuhan bakteri, menempelnya kotoran, debu, serta minyak.

Sisa-sisa kandungan makeup dan kotoran  yang menempel di alat kosmetik juga dapat membuat tampilan bulu mata menjadi kurang optimal. Alhasil, kotoran tersebut pun akan menempel di area bulu mata.

Selain itu, hindari menjepit bulu mata terlalu keras karena dapat menyebabkan bulu mata menjadi mudah patah, bahkan rontok. Gunakan secara perlahan agar dapat memberikan hasil lengkungan yang natural.

Hati-hati Menggunakan Bulu Mata Palsu

Ilustrasi bulu mata palsu. (Special)

Ingin memiliki tampilan bulu mata yang cetar dan tebal? Biasanya, seseorang mengaplikasikan bulu mata palsu untuk mempercantik penampilan, khususnya area mata. Jika penggunaannya tidak tepat, maka dapat membuat bulu mata rontok.

Maka dari itu, saat memasang dan melepas bulu mata sebaiknya dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak kondisi alami bulu mata. Gunakan baby oil dan cotton bud saat melepas bulu mata.