8 Tips Keamanan untuk Lindungi Diri saat Berkencan

Jumat, 14 Oktober 2022 | 11:30:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

8 Tips Keamanan Untuk Lindungi Diri Saat Berkencan

Tinder. (Special)

Ladiestory.id - Dating apps bisa membantu perempuan semakin berdaya soal asmara, sekaligus menepis anggapan bahwa perempuan cuma bisa nunggu Mr. Right datang. Lewat dating apps, perempuan juga punya ruang untuk mengekspresikan diri mereka, mengambil langkah lebih dulu, atau menentukan pilihan mereka sendiri.

Supaya pengalaman di dating apps tak sekadar seru tapi juga aman, perempuan harus semakin sadar dengan pilihan, batasan, sekaligus nilai yang mereka miliki.

Sama seperti Wonder Woman dan tameng saktinya, di Tinder, ada blue shield yang dirancang khusus supaya kamu para perempuan bisa selalu ngerasa aman di setiap pengalaman online dating. Mungkin kamu sudah pernah lihat beberapa tips kencan yang aman di Pusat Keamanan Tinder, ini dia beberapa tips lainnya dari member perempuan Tinder buat kamu.

Prioritaskan Profil Bercentang Biru

Ilustrasi ponsel (Special)

Memang yang good looking pasti membuat kamu gampang luluh. Akan tetapi se-good looking apapun foto profilnya, kamu tetap harus memastikan profil Tinder mereka memang legit alias asli, Ladies! Selalu prioritaskan untuk match hanya dengan member Tinder yang sudah memiliki centang biru atau terverifikasi.

“Aku pilih untuk match hanya dengan member yang sudah terverifikasi profilnya, karena itu bisa jadi indikasi kalau dia memang orang yang bisa dipercaya,” ujar Imelda, salah seorang member Tinder berusia 22 tahun.

Bikin Profil Kamu On Point

Ilustrasi ponsel. (Special)

Bijaksana dalam memilih informasi yang kamu mau untuk mengisi profil kamu memang perlu, tapi beberapa informasi yang bisa menggambarkan kepribadian kamu lewat profil Tinder itu juga penting lho! Mulai dari pekerjaan, zodiak, atau hobi dan kesukaan kamu juga bisa kamu tambahkan ke profil.

Hal tersebut memberi kesempatan untuk match dengan member lain yang mirip dengan kamu, atau mungkin malah yang hobinya bertolak belakang dari kamu.

“Biasanya aku bakal swipe right member lain yang punya kecocokan astrologi dengan aku, makanya aku selalu pastiin zodiak mereka di profilnya,” kata Joice, member Tinder lain berusia 24 tahun.

Tak Perlu Buru-Buru Pindah Aplikasi Ngobrol

Ilustrasi ponsel (Special)

Kamu yang lagi di fase penjajakan dengan match tapi belum siap untuk ketemuan langsung, Tinder punya banyak fitur yang bisa membantu supaya chat dan obrolan kamu bisa tetap seru.

Mulai dari bertukar gifs sampai Spotify anthem, semuanya bisa diakses lewat kolom chat, guna mengekspresikan perasaan kamu ke si Dia. Jika kamu ingin ngobrol dan kenalan dengan orang baru, fitur Blind Date bisa membantu kamu, lho.

"Kalau belum kenal match lebih jauh, biasanya aku pilih buat chat-an aja dulu di aplikasi. Aku juga luangin lebih banyak waktu supaya merasa lebih nyaman buat ketemuan langsung, dan nilai sendiri apakah aku nyaman buat berhubungan secara lebih personal dengan dia,” ucap Yenita, 25 tahun.

Tes Vibe lewat Video Call

Illustrasi video call. (Special)

“Ga semua match bisa jadi satu vibes sama kamu, kalau aku bisa prediksi suasananya bakal garing aku biasanya memilih untuk kabarin match aku dan ngebatalin date-nya. Tapi lewat video chatting di Tinder aku jadi lebih tahu vibes match aku seperti apa, dan apakah kita bakalan cocok. Kalau memang ga cocok, nantinya tinggal swipe right lagi kan?” kata Hanna, usia 21 tahun.

Selain untuk mengecek apakah orang yang match dengan kamu sesuai seperti yang ada di foto, interaksi virtual juga memberi kesempatan untuk mengukur kecocokan antara kalian berdua! Ketemu virtual juga bisa menghindari pengalaman kurang menyenangkan di kencan pertama, sekalian jadi kesempatan untuk mencari tahu lebih banyak hal tentang match kamu.

Percaya Insting (Tidak Enak) Kamu

Ilustrasi berpikir. (Special)

Ladies, selalu percaya insting kalian. Jika mulai dari chat saja sudah membuat kamu tidak nyaman, jangan ragu-ragu untuk klik tombol Unmatch, Block dan Report. Tinder akan menjaga kerahasian identitas kamu saat menginvestigasi profil member yang sudah kamu report.

“Nggak ada yang ingin merasakan pengalaman nggak enak. Makanya setiap aku merasa nggak nyaman, aku bakal langsung unmatch dan block profilnya. Aku juga akan me-report profilnya misalnya Ia mengatakan atau melakukan sesuatu yang kurang sopan. Nggak ada salahnya lho dengan berkata tidak dan menolak date kamu, misalnya kamu merasa kurang nyaman!” jelas Ghina, usia 19 tahun. 

Ketemuan di Tempat Aman

Ilustrasi kencan. (Special)

Selalu pilih lokasi ketemuan di ruang publik yang aman, dan kamu familiar dengan tempat tersebut, contohnya taman atau cafe. Usahakan juga untuk ketemuan di siang atau sore hari, dibandingkan malam hari. Perhatikan juga transportasi yang akan kamu pilih untuk pergi ke tempat ketemuan, mungkin kamu akan membawa kendaraan sendiri atau naik transportasi publik.

“Aku biasanya pilih ke coffee shop atau ketemuan buat lunch pas kencan pertama, dan selalu ngabarin kakakku, kapanpun aku nge-date dengan match untuk pertama kalinya”, jelas Ayu, 22 tahun, seorang member Tinder asal Jakarta.

Coba Safety 101 Quiz di Panduan Komunitas Tinder 

Ilustrasi ponsel (Special)

“Pas aku pertama kali pakai Tinder, aku cek dan nyobain quiz keamanan di Tinder supaya aku lebih paham do’s and don’ts kencan online dan para member lainnya harus banget nyoba quiz ini!” kata Sarah, pengguna baru Tinder berusia 18 tahun.

Bersikap baik ke semua orang memang perlu, tapi jangan lupa juga kemungkinan beberapa orang jahat yang bisa memanfaatkan kebaikan kamu. Kapanpun kamu merasa kewalahan dan bingung terkait situasi tertentu, mungkin ini bisa jadi saat yang tepat buat kamu cobain 101 quiz.

Ingat, Kamu itu Berharga

Ilustrasi bahagia. (Special)

Sebagai perempuan, selalu percaya bahwa kamu itu berharga dan punya hak untuk menentukan pilihan terbaik untuk diri kamu sendiri.

“Aku nggak akan membiarkan orang lain membuat aku merasa nggak nyaman, dan selama tidak merugikan orang lain aku nggak akan berhenti mengekspresikan diriku sendiri!” ucap Nanda, usia 25 tahun.

Jangan ragu untuk memakai foto profil yang membuat kamu paling percaya diri, ungkapkap kesukaan kamu tentang K-Pop di bio kamu, dan jangan takut buat menyapa ‘Hi!’ lebih dulu ke calon match kamu.