5 Tips Kreasi Bekal Anak yang Praktis dan Bergizi, Yuk Coba!

Rabu, 26 Oktober 2022 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

5 Tips Kreasi Bekal Anak Yang Praktis Dan Bergizi, Yuk Coba!

Ilustrasi bekal makanan. (Special)

Ladiestory.id - Masa sekolah anak adalah waktu yang dinantikan bagi para orang tua dan juga cukup mendebarkan. Selain melepas anak untuk berkegiatan di luar pengawasan, hal kesehatan pun juga pasti sangat diperhatikan, khususnya bagi para ibu. 

Jenis dan kandungan makanan yang dikonsumsi anak saat di sekolah juga merupakan pertimbangan ibu setiap harinya. Sehingga, membawakan bekal makanan ke sekolah merupakan alternatif terbaik yang dipilih untuk menjaga kesehatan anak.

Membawa bekal dari rumah memiliki banyak manfaat. Selain terjaga kebersihan bahan makanannya, ibu juga bisa menghitung kecukupan gizi untuk memenuhi kebutuhan energi si kecil seharian di sekolah.

Langkah ini juga menjadi cara sederhana dalam mendisiplinkan diri menghemat pengeluaran setiap harinya. Bagi ibu yang sedang berpikir keras untuk ide kreasi bekal anak, yuk lengkapi kebutuhan bahan dan perlengkapan di Shopee 11.11 Big Sale. 

Berbagai penawaran menarik dapat dinikmati mulai dari Gratis Ongkir RP 0, Flash Sale Serba Seribu hingga Murah Lebay Ekstra Diskon s/d 50RB hingga 11 November 2022. 

Putri Lukman, Head of Electronics and FMCG Shopee Indonesia, berharap ragam pilihan produk dan penawaran menarik yang dihadirkan dapat membantu dan memudahkan ibu untuk menciptakan ide kreasi bekal anak yang praktis dan bergizi,

Nah, berikut tips untuk kreasi bekal anak yang praktis yang bisa ditiru.

Pilih Kotak Bekal yang Menarik

Ilustrasi bekal makanan. (Special)

Setiap makanan tentunya akan memiliki rasa yang berbeda. Jadi, usahakan meletakkan beberapa jenis makanan tersebut di tempat terpisah dengan memakai kotak bekal banyak sekat. 

Ibu jadi tahu dimana saja letak untuk menaruh nasi, lauk hingga sayur. Sekat-sekat dalam wadah bekal ini berfungsi agar tiap menu tidak tercampur, sehingga cita rasa makanan tetap terjaga.

Perhatikan Porsi Makanan yang Disiapkan

Ilustrasi bekal makanan. (Special)

Dalam mempersiapkan bekal, tidak perlu memaksa agar isiannya banyak karena yang penting adalah beragam. Yang perlu diingat adalah ibu perlu menyiapkan bekal makanan dengan kandungan gizi lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. 

Dalam kotak bekal semua nutrisi bisa jadi satu, seperti makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, serta buah-buahan. Jadi, pastikan ibu menyiapkan semua elemen ini pada bekal si kecil, ya. 

Buatlah Kreasi Berupa Karakter Favoritnya

Ilustrasi bekal makanan. (Special)

Selain memperhatikan nilai gizi, bekal sekolah juga mesti disukai anak supaya dapat dikonsumsi dengan lahap. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya menghias bekal dengan tokoh karakter favorit anak.

Berikan Hiasan

Ilustrasi bekal makanan. (Special)

Nampak sepele, tapi peralatan yang dapat mempermudah untuk mengkreasikan bekal membuat makanannya jadi lebih menarik, seperti cetakan nasi, cetakan roti, cetakan nori ini dan banyak cetakan lainnya. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari hewan, buah, segitiga, persegi, hingga karakter kartun. 

Tidak hanya itu, tusukan makanan atau food picks sangat berguna untuk memperbanyak lauk dan buah. Bentuknya yang beragam bisa membantu menusuk buah, nugget, sayuran rebus, atau bahkan sandwich agar tidak bergeser.

Siapkan Rencana Matang dalam Persiapan Bekal 

Ilustrasi bekal makanan. (Special)

Mempersiapkan bekal bukanlah hal yang mudah, mulai dari menyusun menu yang sehat tetapi tetap digemari oleh si kecil hingga proses dalam memasak setiap harinya. Akan tetapi, saat ini banyak sekali cara efektif dan efisien yang dihadirkan melalui inovasi produk.

Pertama, bangun semangat di pagi hari dengan sarapan enak untuk dirimu. Kedua adalah persiapkan alat masak yang dapat mempermudah proses persiapan bekal.