Belum Terlambat, 5 Tips Latih Pola Hidup Sehat Sejak Dini

Kamis, 14 April 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Belum Terlambat, 5 Tips Latih Pola Hidup Sehat Sejak Dini

Ilustrasi hidup sehat. (Special)

Ladiestory.id - Waktu merupakan hal yang tidak bisa Kamu dapatkan kembali. Maka dari itu, bijaklah dalam menggunakan waktu, seperti memanfaatkan tubuh yang sehat semaksimal mungkin sebelum jatuh sakit. Pasalnya, segala aktivitas akan terasa mudah dilakukan jika tubuh dalam keadaan sehat.

Oleh sebab itu, Kamu harus mulai melatih pola hidup sehat dari sedini mungkin. Meskipun harus melalui proses yang tidak mudah untuk membiasakannya, jika tidak diusahakan dari sekarang maka penyesalan akan datang menemui kehidupan masa tuamu.

Untuk itu, yuk lakukan lima tips latih pola hidup sehat berikut!

Konsumsi Makanan Sehat

Ilustrasi perempuan konsumsi makanan sehat. (Special)

Jika sebuah tanaman memerlukan pupuk untuk bertahan hidup dan bertumbuh, maka manusia pun perlu memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya ternyata penting untuk diperhatikan, apakah makanan tersebut sehat atau tidak.

Dengan mengonsumsi makanan sehat secara rutin dan mengandung gizi seimbang, seperti karbohidrat, serat, protein, lemak baik, vitamin, dan mineral, maka Kamu sudah mulai melatih pola hidup sehat. Hindari makanan yang mengandung MSG, gorengan, atau makan secara berlebihan.

Bagi sebagian orang, membatasi konsumsi gorengan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Akan tetapi, jika sudah tahu pentingnya menjaga pola hidup sehat sedini mungkin, tentunya Kamu akan lebih selektif dalam memilih makanan dan minuman apa yang akan Kamu konsumsi.

Rutin Minum Air Putih

Ilustrasi minum air putih. (Special)

Peran air putih dalam menjalankan metabolisme tubuh supaya dapat bekerja dengan baik sangatlah penting. Sistem organ tubuh bisa bekerja lebih maksimal apabila kebutuhan cairan tubuhnya terpenuhi dengan baik.

Florentina R Wahyuni mengatakan jika kebutuhan air putih setiap individu adalah 0,3 hingga 0,4 liter air setiap 10 kilogram. Maka, Kamu perlu minum air putih sekitar 2 liter setiap harinya jika memiliki bobot tubuh 50 kilogram. Apabila bisa lebih dari itu, maka jauh lebih baik.

Lakukan Aktivitas Fisik

Ilustrasi perempuan olahraga. (Special)

Selain konsumsi makanan bergizi seimbang, penerapan pola hidup yang sehat pun harus diimbangi dengan kebiasaan olahraga. Kamu harus meluangkan waktu untuk berolahraga minimal seminggu sekali. Pasalnya, kebiasaan berolahraga ini sangat penting dilakukan demi mendapatkan tubuh bugar.

Kamu perlu menyeimbangkan tubuh dengan meluangkan waktu sebentar untuk melakukan aktivitas fisik agar tidak mudah terserang penyakit. Tak perlu lakukan olahraga yang berat, cukup lakukan aktivitas fisik ringan, seperti jalan kaki, bersepeda, renang, atau bahkan naik turun tangga bagi Kamu yang memiliki jadwal kegiatan padat.

Hilangkan Kebiasaan Buruk

Ilustrasi hentikan kebiasaan merokok. (Special)

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan merupakan salah satu faktor yang dapat mengacaukan pola hidup sehat. Kebiasaan tersebut antara lain merokok, minum minuman beralkohol, makan berlebihan dan jajan sembarangan, hingga kurang tidur.

Tubuh akan mengalami perubahan signifikan ke arah yang buruk, jika kebiasaan ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Berbagi penyakit juga akan menanti Kamu di masa mendatang.

Hindari Stres

Ilustrasi perempuan bahagia. (Special)

Salah satu kunci tubuh dapat selalu sehat adalah bahagia. Bahagia adalah hal yang mudah tercipta jika Kamu menghindari stres dan pikiran-pikiran yang tidak perlu.

Tanpa kebahagiaan, maka mengonsumsi makanan yang sehat, minum air putih, berolahraga rutin, dan menghilangkan kebiasaan buruk tidaklah cukup. Hidup yang sehat tercipta dari pikiran yang sehat.

s