6 Tips Luncurkan Kampanye Brand secara Efektif di Media Sosial

Senin, 28 Maret 2022 | 20:30:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

6 Tips Luncurkan Kampanye Brand Secara Efektif Di Media Sosial

Ilustrasi luncurkan kampanye brand di Twitter. (Special)

Ladiestory.id - Walau 2021 dipenuhi dengan ketidakpastian, tapi hal ini bukan alasan bagi brand di Indonesia untuk tidak menghadapi tantangan yang ada. Brand tetap berkomitmen meluncurkan kampanye terbaik mereka. Hal ini pun diapresiasi oleh Twitter dalam acara penghargaan #BestOfTweets 2021. 

Dengan menganalisis kreativitas dan kesuksesan kampanye brand Indonesia di Twitter pada 2021, Tim Twitter Next membagikan enam tips yang dapat membantu brand untuk meluncurkan kampanye terbaik mereka.

Pahami Kekuatan Utama Twitter

Ilustrasi Twitter. (Special)

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh para pemasar adalah memahami cara kerja Twitter dan memanfaatkan setiap keunikannya. Hal ini berguna untuk merancang suatu kampanye yang efektif.

Kesuksesan kampanye brand pemenang #BestOfTweets 2021 memiliki pemahaman mendalam mengenai nilai dan bagaimana audiens mereka menggunakan Twitter. Para brand pemenang #BestOfTweets 2021 juga mengerti pentingnya percakapan di Twitter.

Kekuatan dari Percakapan

Dengan menyadari kekuatan Twitter, para brand pemenang memanfaatkan insight dari percakapan yang terjadi untuk membuat keputusan dan menciptakan kampanye yang unik serta relevan. 

Percakapan di Twitter dimanfaatkan untuk memahami preferensi konsumen dan juga reaksi terhadap suatu kampanye (sebelum, saat, dan sesudah). Hal ini juga membantu brand mengidentifikasi audiens dan komunitas yang ingin mereka jangkau untuk menjadi bagian dari percakapan.

Luncurkan Kampanye secara Efektif

Ketika meluncurkan sesuatu di Twitter; baik itu sebuah brand atau produk baru, fitur terkini, narasi kampanye, maupun melakukan promosi, brand dapat mencoba beberapa tips berikut:

  • Jangan hanya sekadar meluncurkannya. Luncurkan dan langsung terhubung dengan audiens di Twitter untuk menyampaikan setiap bagian dari kampanye dengan tahapan sebagai berikut: Tease, Reveal, Reinforce.
  • Gunakanlah 3-5 konten video kreatif untuk dampak yang lebih besar pada saat peluncuran.
  • Jalankan kampanye tersebut selama 7-10 minggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Terhubung dengan Apa yang Terjadi

Ilustrasi kampanye media sosial. (Special)

Terdapat banyak cara bagi brand untuk terhubung dengan audiens mereka ketika meluncurkan suatu kampanye. Brand perlu memahami dan menghubungkan kampanye dengan momen-momen budaya seperti Ramadan atau Idulfitri, atau ajang olahraga, seperti lomba balap Moto GP di #Mandalika. 

Selain itu, brand juga perlu menemukan menentukan audiens dan cara yang tepat untuk terhubung dengan mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukannya:

  • Pilih momen terbaik yang memiliki tujuan yang sama dengan brand, baik itu acara, tren, atau momen.
  • Setelah memilih momen terbaik, ceritakan kampanye dalam tiga jenis konten - konten yang sedang hype, mengajak partisipasi, dan mengundang reaksi.
  • Ciptakan keinginan untuk membeli dengan beberapa format dalam kampanye Connect Kamu.

Tidak Semua Tweet Sama

Ilustrasi luncurkan kampanye brand di Twitter. (Special)

Brand harus memperhatikan Tweet mereka. Meskipun ada banyak format kreatif yang bisa disesuaikan di Twitter, seperti gambar, video, dan teks. Pemenang #BestOfTweets mengikuti tiga aturan sederhana ini saat membuat konten di Twitter:

  • Singkat dan fokus.
  • Visual yang menarik.
  • Yakinlah dengan strategi brand Kamu.

Konsultasi dengan Ahli

Ilustrasi konsultasi dengan ahli. (Special)

Saat brand ingin melakukan suatu peluncuran, mereka dapat menghubungi tim Twitter untuk mendapatkan insights mengenai cara yang paling efektif dan efisien untuk kampanye yang terbaik. 

Twitter juga memiliki beberapa tim yang bisa digunakan dari Arthouse, Global Content Partnerships, Research hingga Twitter Next, yang siap membantu para brand untuk meningkatkan keberhasilan kampanye, mulai dari meluncurkan sesuatu, terhubung dengan momen budaya, hingga berkolaborasi dengan orang-orang penting di Twitter.

Tim Twitter akan membantu brand dalam menemukan peluang dan menawarkan solusi inovasi yang efektif.

Tim Twitter Next bermitra dengan brand dan agensi untuk menciptakan kampanye yang berfokus pada pengguna serta menarik bagi para konsumen. Pendekatan Twitter Next untuk kemitraan brand adalah untuk tetap fokus pada audiens di Twitter, dan mencari cara terbaik untuk memberikan solusi yang paling inovatif bagi brand.

Para Pemenang #BestOfTweets Indonesia 2021 adalah brand-brand yang berhasil mendengarkan dan mengerti apa yang diinginkan oleh audiens, memanfaatkan momen secara cermat, menggunakan fitur atau produk yang tepat, serta relevan dengan budaya.