Percantik Interior, Ini 3 Tips Memilih Cermin Dinding yang Tepat

Jumat, 24 September 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Percantik Interior, Ini 3  Tips Memilih Cermin Dinding yang Tepat

Foto: ubuy

Ladiestory.id - Cermin identik dengan wanita untuk merias atau menata diri. Namun fungsi cermin tidaklah hanya untuk itu. Cermin juga bisa digunakan sebagai pemanis ruangan. Bahkan cermin pun memiliki banyak jenis, salah satunya cermin dinding.

Seperti namanya, cermin dinding adalah cermin yang dipasang di dinding yang ukurannya bisa membentang tinggi dan lebar. Dinding cermin menjadi sebuah pilihan desain yang populer antara tahun 70-an dan 90-an.

Cermin yang digantung di dinding dapat memberikan sentuhan estetika pada permukaan vertikal yang kosong. Pemasangan cermin dapat membuat ruangan terlihat lebih terang dan ruangan kecil akan terkesan lebih lapang.

Tips Memilih Cermin Dinding yang Tepat                 

Cermin dinding dijual dalam berbagai ukuran dan bentuk. Jadi, penting untuk mempertimbangkan dengan hati-hati di mana kamu akan menggantungnya sebelum membeli. Oleh karena itu, perhatikan 3 tips memilih cermin dinding yang tepat berikut.

1. Pilih ukuran cermin dinding yang tepat

Foto: Ladiestory.id

Tips memilih cermin dinding yang tepat dengan memilih ukuran yang pas. Ini merupakan poin yang terpenting. Kamu harus menyesuaikan antara ukuran cermin dengan ruangan tersebut.

Apabila kamu ingin meletakkan cermin di dekat pintu masuk, bisa pilih cermin dinding dengan ukuran kecil. Biasanya cermin ini digunakan sebagai hiasan.

Namun berbeda jika ruangan tersebut kecil. Pasalnya kamu harus memilih cermin dinding dengan bingkai minimalis. Hal ini agar ruangan kecil itu dapat terlihat lebih longgar atau luas.

Namun berbeda lagi jika ingin memberikan kesan luas pada ruangan. Kamu harus memilih cermin dengan ukuran 3/4 dari luas bidang dinding yang akan dipasang cermin.

Selain itu, kamu dapat memasang cermin yang memiliki panjang pas dari sudut dinding ke sudut yang lain. Contohnya, cermin vertikal dengan ketinggian dari langit-langit sampai lantai atau cermin horizontal dari sudut dinding kanan hingga sudut kiri.

Pasalnya, cermin vertikal dapat memberi ilusi langit-langit lebih tinggi. sedangkan cermin horizontal akan memberi kesan lebih luas dan besar pada ruangan yang lebar.

2. Menyesuaikan tempat peletakan cermin dinding

Foto: Ladiestory.id

Kamu harus mengetahui dimanakah cermin dinding ini akan diletakkan. Jika diletakkan di kamar mandi, lebih baik kamu memilih cermin dengan tambahan rak toiletries lebih fungsional.

Hal ini akan membantumu ketka gosok kiki, cuci muka, atau touch up makeup. Bahkan cermin dinding dengan rak toiletries ini akan memudahkanmu untuk menyimpan beberapa item. seperti pasta gigi, sikat gigi, ataupun skincare.

Namun berbeda lagi jika cermin dinding akan diletakkan di kamar tidur. Alangkah lebih baiknya jika cermin tersebut ditambahkan dengan lampu LED. Hal ini akan mempermudahkan kamu ketika berdandan. Kamu akan lebih leluasa merias wajah berkat pantulan cahaya yang akan memperlihatkan detail tiap riasan.

Namun jika cermin dinding ditelatakan pada ruang tengah, pilihlah cermin dengan bingkai menarik. Tentu saja, hal ini akan memperindah ruangan. Kamu bisa pilih bingkai dengan aksen daun hijau keemasan untuk menciptakan nuansa yang mewah dan modern.

Sementara itu, untuk mendapatkan nuansa yang lebih playful, cermin dinding dengan detail mosaik bunga penuh warna merupakan produk yang tepat.

3. Pilih cermin dinding senada dengan interior ruangan

Foto: Ladiestory.id

Agar ruangan makin enak dipandang, pemilihan cermin yang disesuaikan dengan interior ruangan juga perlu diperhatikan. Jika kamu ingin memberikan kesan rustic minimalis, pilihlah cermin dinding dengan bingkai rotan yang khas.

Sedangkan, cermin dengan tali pengait yang kuat dan bingkai polos berwarna netral akan mudah disesuaikan dengan berbagai warna cat dinding. Namun berbeda lagi dengan cermin dinding yang memiliki ukiran daun dengan sentuhan warna keemasan juga sangat pas jika diletakkan di ruangan yang memiliki nuansa modern.

Inilah 3 tips memilih cermin dinding yang tepat. Semoga membantu!