Tips Memilih Cheesecake Terenak, Dari Bahan Baku Hingga Topping

Kamis, 30 Desember 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Tips Memilih Cheesecake Terenak, Dari Bahan Baku Hingga Topping

Cheesecake. (Special)

Ladiestory.id-Siapa yang bisa menolak dessert yang satu ini. Cheesecake adalah salah satu hidangan pencuci mulut yang memiliki citarasa lembut dengan cream keju yang lumer dimulut. Pilihan cheesecake sendiri juga sangat beragam dan hampir semua enak, untuk kamu yang masih bingung berikut adalah tips memilih cheesecake terbaik. 

Pilih Sesuai Jenis Cheesecake yang Kamu Suka

Cheesecake. (Special)

Jika kamu belum tahu, cheesecake awalnya ditemukan di Yunani kemudian disebarluaskan oleh pasukan Romawi hingga ke seluruh negara di Eropa. Pada masanya dessert ini dibuat dalam beberapa resep seperti New York-style cheesecake, Japanese cheesecake, dan no-bake cheesecake.

Untuk kamu penyuka cheesecake creamy, gurih dan bertekstur padat New York-style cheesecake mungkin bisa dicoba. Jika kamu lebih senang dengan tekstur yang fluffy dan lumer maka bisa mencoba Japanese cheesecake. Sementara jika kamu menyukai jenis cheesecake tanpa telur dan tidak dipanggang maka bisa memilih No-bake cheesecake. 

Pilih Topping Sesuai Selera 

Pada cheesecake topping adalah daya tarik utama untuk membuat dessert ini semakin cantik. Selain itu topping juga membuat rasa dari cheseecaje ini jauh lebih kaya. Untuk topping sendiri kamu dapat memilih sesuai dengan selera. Namun ada juga beberapa orang yang justru memilih menikmati cheesecake tanpa topping. 

Untuk jenis topping yang dipilih biasanya aneka buah, sirup atau bisa juga cream. Jika kamu suka ada sensasi asam maka bisa pilih topping dari buah berry. Bisa juga dengan topping matcha dan red velvet untuk kamu yang tidak terlalu suka keju. 

Cheesecake. (Special)

Perhatikan Soal Teksturnya 

Meskipun jenisnya sama, namun soal rasa dan tekstur setiap jenis cheesecake memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Untuk itu, kamu perlu banget memperhatikan beberapa hal untuk memastikan apakah cheesecake tersebut berasal dari bahan yang berkualitas atau tidak. 

Jika kamu melihat bagian crust cheesecake retak, itu mungkin hal yang wajar. Namun jika kerusakannya terlalu banyak bisa jadi kekurangan kuning telur pada adonannya. Keretakan  ini terjadi tidak hanya terjadi di bagian crust saja, namun  juga pada permukaan atas cheesecake

Hal ini karena cheesecake dipanggang dengan suhu yang terlalu tinggi. Japanese cheesecake juga sering mengalami masalah seperti bentuknya kempes, padahal seharusnya mengembang dengan fluffy. Cheesecake bisa dibilang sudah matang jika bagian luarnya agak keras dan bagian dalamnya lembut.

Cheesecake. (Special)

Perhatikan Jenis Keju yang Digunakan 

Dalam cheesecake ada beberapa pilihan keju yang sering digunakan. Diantaranya cream cheese, sour cream, ricotta, dan mascarpone. Untuk Cream cheese adalah jenis keju yang biasa digunakan untuk American-style cheesecake. Dengan menggunakan keju ini tekstur cheesecake akan jauh lebih lembut, creamy dan memberikan aftertaste yang khas di mulut.

Jika kamu ingin yang bertekstur pada dengan rasa yang sedikit asam maka bisa memilih cream cheese dengan sour cream. Sedangkan jika ingin mencicipi  Italian-style cheesecake bisa menggunakan ricotta dan mascarpone