Tips Mencuci dan Setrika Bahan Organza, Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Rabu, 7 Juli 2021 | 17:33:23

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Tips Mencuci dan Setrika Bahan Organza, Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Foto: Ladiestory.id

Bahan organza adalah jenis bahan dengan tekstur yang kaku, jenis bahan ini hampir mirip dengan bahan chiffon. Bahan organza banyak dipakai untuk bahan kebaya, gaun pengantin ataupun dress. 

Tapi kini bahan organza juga banyak dipakai sebagai hijab. Bahan ini harus dirawat dengan hati-hati agar awet dan tidak mudah rusak. Simak tips mencuci dan setrika bahan organza agar awet dan tidak mudah rusak di bawah ini.

Tips Mencuci dan Setrika Bahan Organza Agar Tetap Awet

Foto: Pinterest/inspirasiorganza

Organza termasuk bahan yang istimewa dan berkelas, karena perawatannya pun tidak bisa sembarangan. Agar  pakaian atau hijab kamu yang terbuat dari bahan organza awet dan tidak mudah rusak, lakukan perawatan seperti berikut ini

Cara Mencuci

Foto: Ladiestory.id

Untuk cara mencuci bahan organza lakukan langkah berikut:

  • Pertama rendam bahan organza dalam larutan deterjen tanpa pemutih selama kurang lebih 10 menit.
  • Lalu kucek seperlunya dan bilas, ingat jangan kucek terlalu kencang ataupun meremasnya karena bisa membuat kain organza cepat rusak.
  • Kemudian gantung bahan organza dan jemur di tempat yang teduh dan jangan terkena sinar matahari langsung, karena dapat memudarkan warnanya. Jadi, biarkan bahan organza kering secara alami tanpa sinar matahari langsung.

Cara Setrika

Foto: Ladiestory.id

Untuk cara setrika bahan organza kamu bisa lakukan langkah seperti ini:

1. Luruskan Bahan Organza Sebelum Disetrika

Setelah selesai dicuci dan dijemur, biasanya pakaian atau hijab dari bahan organza akan terlihat kusut. Kamu jangan langsung menyetrikanya, tapi luruskan terlebih dahulu bahan organza. 

Hal ini tujuannya agar saat bahan hijab atau pakaian bertemu dengan suhu panas, kondisinya tetap rapi. Apalagi bahan organza ini cenderung lengket ketika bertemu suhu panas.

2. Nyalakan Setrika dengan Suhu Rendah

Hal yang harus diperhatikan dalam menyetrika bahan organza adalah menyalakan setrika dengan suhu yang rendah dahulu. Jangan memasang suhu yang terlalu panas karena nantinya akan membuat bahan organza justru bisa menjadi lengket. Jadi, pasanglah setrika dengan suhu yang rendah dan panas normal saat pertama menyetrika. 

3. Mulai Setrika perlahan dan Jangan Diamkan Terlalu Lama

Hal yang satu Ini juga perlu kamu perhatikan dalam cara menyetrika bahan organza. Kebanyakan orang mendiamkan setrika di bagian tertentu dengan tujuan agar meluruskan bagian yang kusut. Tapi untuk bahan organza, dalam menyetrikanya harus dihindari mendiamkan setrika pada sudut tertentu terlalu lama.

Karena hal ini bisa membuat bahan organza menjadi lengket dan akhirnya menempel pada permukaan setrika. Untuk membuat permukaan pakaian atau hijab organza menjadi rapi dan tidak kusut, kamu hanya perlu menggosoknya perlahan dan merata ke seluruh permukaan bahan organza..

4. Pertahankan dengan Suhu Rendah Hingga Selesai Disetrika

Untuk bahan busana lainnya yang sangat kusut mungkin dibutuhkan suhu setrika yang sangat panas agar bisa cepat rapi. Tapi, meninggikan suhu setrika tak bagus untuk permukaan bahan organza.

Sebab bahannya yang tidak mudah kusut membuat kamu bisa memasang suhu rendah saat menyetrika. Pertahankan suhu tersebut hingga kamu selesai menyetrika. Jadi, kamu tidak perlu menaikan suhu sampai terlalu panas.

Setelah itu, usahakan jangan melipat bahan organza. Tapi simpan dengan digantung agar tetap rapi dan tak meninggalkan bekas lipatan.

Nah, begitulah tips mencuci dan setrika bahan organza agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat.