6 Tips Mengatasi Bosan saat Belajar ala Jerome Poline

Jumat, 25 Februari 2022 | 20:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

6 Tips Mengatasi Bosan Saat Belajar Ala Jerome Poline

Jerome Poline (Special)

Ladiestory.id - Jerome Poline Sijabat atau kerap di sapa Jerome, merupakan salah seorang YouTuber terkenal. Pria kelahiran 2 Mei 1998 ini terkenal sebagai YouTuber dengan konten-konten edukasi di chanel YouTubenya yang bernama "Nihongo Mantappu".

Di sanalah dirinya membagikan momen-momen sebagai mahasiswa di Universitas Waseda, Jepang, mulai dari rutinitas belajarnya hingga aktivitas sehari-harinya sebagai seorang mahasiswa di Jepang.

Ternyata keberhasilannya dalam mendapatkan beasiswa di universitas bergengsi tersebut bukanlah hal yang mudah. Diketahui Jerome merupakan salah seorang siswa jenius yang sangat mahir dalam pelajaran matematika, dia sering disebut dengan ahli matematika muda.

Selain menjadi YouTuber, Jerome ternyata juga seorang pengusaha loh. Salah satu brand yang dia keluarkan adalah brand makanan dan minuman yang bernama "Menantea".

Dengan pencapaiannya yang luar biasa di usia muda, membuat dirinya menjadi inspirasi bagi banyak anak-anak muda saat ini. Nah untuk mencapai keberhasilannya, ternyata Jerome punya satu rahasia belajar loh! Apa si rahasia belajar Jerome ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Belajar dengan Metode 50 10

Belajar Ala Jerome Polin (Special)

Metode 50 10 merupakan metode yang biasa digunakan di Negara Jepang, metode ini menerapkan cara 50 menit belajar dan 10 menit istirahat. Metode ini bisa diterapkan karena jika belajar dengan waktu yang terjangkau lama justru dapat membuat apa yang di pelajari tidak terserap oleh otak.

Manfaat lain dari metode seperti adalah dapat membuat otak lebih rileks, dan juga membuat mood belajar akan lebih baik. Sehingga nantinya lebih semangat lagi dalam belajar!

Membuat Target Belajar

Belajar Ala Jerome Polin (Special)

Cara kedua bisa dengan membuat target belajar, mulailah dari beberapa banyak soal latihan yang akan di selesaikan dalam sehari. Ataupun dengan  menargetkan hari ini Kamu ingin belajar sampai mana. Dengan begitu Kamu bisa melatih diri untuk disiplin.

Reward atau Punishment

Belajar Ala Jerome Polin (Special)

Cara yang ketiga ada dengan me-reward materi yang sudah difahami. Dengan memberikan apresiasi terhadap diri sendiri karena telah mencapai target, pasti akan membantu membangun semangat untuk belajar lebih giat. Selain itu hal ini juga bisa menjadikan kita pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab.

Cari Suasana Baru sekaligus Komunitas Belajar

Belajar Ala Jerome Polin (Special)

Ternyata suasana belajar juga sangat memengaruhi keberhasilan kita dalam mempelajari sesuatu. Untuk itu dalam belajar Kamu bisa mencari suasana baru, dengan mengunjungi beberapa cafe atau tempat yang dapat membuat dirimu nyaman.

Selagi mencari suasana yang nyaman, Kamu juga bisa mengajak teman-teman Kamu untuk membentuk komunitas belajar. Dengan belajar bersama teman-teman, anak biasanya akan lebih mudah memahami materi. Jikalau ada materi yang sulit dia pahami maka dia bisa bertanya dengan teman sekomunitas belajarnya.

Belajar Jangan dengan Satu Sumber Saja

Belajar Ala Jerome Polin (Special)

Jika belajar hanya dari buku mata pelajaran sekolah saja, Kamu setuju tidak dengan pendapat itu? Seharusnya hal seperti ini tidak diterapkan pada pola belajar Kamu. Dengan mengandalkan satu sumber saja (buku) maka Kamu akan cepat bosan dalam belajar dan hal ini yang menimbulkan turunnya semangat belajar.

Solusi dari masalah ini bisa dengan memadukan belajar menggunakan platform online. Di media sosial saat ini banyak sekali website-website yang menyediakan layanan belajar baik yang berbayar maupun yang gratis. Dengan belajar menggunakan media yang berbeda maka Kamu tidak akan cepat bosan dan lebih semangat belajar.

Berdoa Sebelum Belajar

Belajar Ala Jerome Polin (Special)

Ternyata rahasia belajar terakhir dari Jerome adalah berdoa. Usaha dan niat tanpa dibarengi dengan doa tidak akan ada apa-apanya. Jadi selalu berdoalah kepada tuhan supaya segala hal yang Kamu pelajari saat itu bermanfaat kedepannya.