Tips Menggali Potensi Diri Agar Berprestasi

Rabu, 28 Juli 2021 | 11:23:41

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Tips Menggali Potensi Diri Agar Berprestasi

Foto: Ladiestory.id

Potensi diri merupakan kemampuan dalam diri seseorang yang belum teraktualisasi, belum dipraktikkan, dan belum digunakan.

Potensi diri adalah tentang kemampuan tersembunyi dihadapkan dengan peluang yang jika tidak dioptimalkan akan menjadi sia-sia dan tiada berguna.

Menggali potensi diri sangat penting sebab akan sangat berpengaruh terhadap studi maupun karier seseorang.

Selain itu, kita akan lebih siap dan berkembang untuk mengatasi segala tantangan serta akan memiliki gambaran karier seperti apa yang akan ditempuh pada masa depan.

Setiap orang pasti memiliki potensi diri, tetapi terkadang manusia tidak menyadari jika memiliki potensi tersebut.

Sehingga ketika orang lain mencapai titik kesuksesan, beberapa orang justru cenderung akan merasa minder. Oleh sebab itu, kita bisa menggali potensi diri agar dapat mencapai suatu prestasi.

Tips Menggali Potensi Diri

  1. Mengenali Diri Sendiri

Foto: Ladiestory.id

Memang biasanya orang terdekat yang malah mengenal diri kita. Namun bukan orang-orang ini yang dapat menemukan potensi diri, sebab hal seperti ini seharusnya Anda temukan sendiri di dalam diri sendiri.

Cobalah mengenali diri lebih dalam, cari tahu semua yang terbaik dan terburuk di dalam diri sendiri.

Sehingga kita bisa melihat diri yang sebenarnya. Sebenarnya hal tersulit dalam hidup ini adalah mengatasi diri sendiri dan bukan mengatasi orang lain atau musuh kita sekalipun.

Sebab kita seringkali tidak ingin bercermin dan melihat semua yang ada di dalam diri kita dari keburukan dan kebaikan.

Anda bisa membuat daftar kelebihan dan kekurangan, Anda bisa bertanya kepada orang lain. Namun jangan mudah tersinggung ketika orang lain menunjukkan di mana kekurangan Anda, sebab tidak ada seorangpun yang sempurna.

Mulailah memahami diri sendiri sejak saat ini, sehingga bisa menemukan diri yang sebenarnya dan bukan diri yang selalu Anda inginkan saja.

  1. Tentukan Tujuan

Foto: Ladiestory.id

Mustahil jika seseorang menjalani kehidupan tanpa tujuan. Sebab, sebuah tujuan akan menentukan ke arah mana kita akan berjalan. Hal ini juga berlaku dalam memaksimalkan potensi diri, kita perlu harus mengetahui ke mana dan apa tujuannya.

Namun, tujuan yang ditetapkan tidak hanya sekedar tujuan besar dan umum seperti “ingin menjadi orang sukses” atau sejenisnya.

Tetapi tujuan-tujuan kecil dan lebih spesifik yang nantinya juga akan membantu Anda memncapai tujuan besar dalam hidupmu.

Selain itu, dengan adanya tujuan dapat merangsang kita untuk terus belajar, namun sifatnya harus realistis. Tujuan tersebut  tidaklah selalu muluk-muluk dan luar biasa, sebab sesuatu yang sederhana juga terkadang luar biasa pada pandangan seseorang.

  1. Jangan Takut Gagal

Foto: Ladiestory.id

Seseorang yang sedang menggali potensi diri hendaknya maksimalkan kekuatan mental dengan berani menghadapi kegagalan.

Banyak orang menganggap kegagalan sebagai akhir sebuah perjuangan, padahal kegagalan sebenarnya adalah awal sebelum datangnya keberhasilan itu sendiri.

Cara kita menyikapi kegagalan itulah yang akan menentukan seberapa suksesnya kita.

Seharusnya kegagalan bukan menjadi penghalang untuk menggali dan mengembangkan potensi diri.

Kita harus bisa mengubah cara pandang terhadap kegagalan dengan menjadikannya sebuah kewajaran. Sebab, pemikiran tentang kegagalan akan sangat mungkin membuat seseorang meragukan tentang potensi diri yang dimilikinya.

Sebaliknya, kegagalan harus dapat menjadikanpribadi yang kuat karena terus mempersiapkan dan menata diri menjadi lebih baik lagi.

  1. Jangan Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Foto: Ladiestory.id

Potensi setiap orang juga berbeda-beda, maka pencapaian dari sebuah hasil juga pasti berbeda-beda.

Oleh sebab itu, tidak perlu minder melihat pencapaian orang lain, apalagi merasa pencapaian diri sendiri tak pantas dibanggakan.

Sebab tidak akan ada habisnya jika terus menerus membandingkan keberhasilan diri sendiri dengan orang lain.

Sebaliknya, kita harus menjadikan keberhasilan orang lain sebagai motivasi untuk dapat terus berusaha hingga mencapai keberhasilan seperti mereka.

  1. Tulis Daftar Pencapaian

Foto: Ladiestory.id

Menulis daftar pencapaian dapat membantu untuk menggali potensi diri. Daftar kesuksesan atau pencapaian dapat menjadi sebuah apresiasi pada diri sendiri.

Selain itu, akan sangat membantu terutama saat kita menghadapi kendala ketika ingin mencapai tujuan yang lain.

Pada dasarnya, pencapaian besar adalah kumpulan dari banyak pencapaian kecil yang sudah dilakukan.

Inilah 5 tips menggali potensi diri agar hidup dapat berprestasi.