Tips Menghemat Pengeluaran Saat Natal dan Tahun Baru 

Rabu, 16 Desember 2020 | 08:10:20

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Tips Menghemat Pengeluaran Saat Natal Dan Tahun Baru 

Natal dan tahun baru kerap menghabiskan anggaran yang besar. Mulai dari, menyiapkan dekorasi Natal, pakaian Natal, kado Natal, kue dan menu hidangan Natal, hingga liburan akhir tahun. Belum lagi, kebiasaan belanja dan perilaku konsumtif cenderung meningkat menjelang akhir tahun. 

Tentu saja hal ini dapat membuat pengeluaran membengkak bila tak pandai-pandai mengeram atau mengaturnya. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini kiat mengatur pengeluaran untuk Natal dan tahun baru sekaligus tips hemat di hari Natal. 

Membuat Daftar Kebutuhan 

Meski libur Natal dan tahun baru kali ini di rumah saja lantaran pandemi, tetap saja kamu harus mengatur keuangan dengan bijak. Setidaknya, dengan perayaan di rumah saja, dapat mengirit pengeluaran di pos-pos tertentu. Langkah awalnya adalah membuat daftar belanja. 

Sama dengan kebutuhan setiap bulan, kamu juga harus membuat daftar kebutuhan untuk Natal dan tahun baru  secara terpisah dari daftar kebutuhan bulanan. Menyusun daftar kebutuhan ini bertujuan mencatat hal-hal yang memang diperlukan sehingga tidak membeli barang yang tidak ada dalam daftar serta memiliki gambaran biaya yang dikeluarkan. 

Belanja Keperluan di Awal 

Mendekati Natal dan tahun baru, biasanya beberapa toko, baik dekorasi Natal maupun pakaian, memasang harga cukup besar. Karena itu, kamu bisa belanja keperluan Natal serta tahun baru di awal-awal bulan. Bahkan, seminggu setelah Natal dan sehari setelah tahun baru. Sebab, pada hari-hari itu harga cenderung lebih murah dibanding mendekati hari H. 

Beli Barang yang Awet 

Bila kamu ingin membeli aksesori Natal, sebaiknya beli barang atau produk yang bisa digunakan dalam jangka lama sehingga bisa digunakan untuk Natal tahun berikutnya. Begitu juga jika ingin membeli baju Natal, disarankan membeli baju yang tidak hanya bisa dikenakan saat Natal saja, tapi juga bisa dipakai dalam acara apa pun. 

Manfaatkan Cashback 

Demi menghemat pengeluaran, kamu dapat berbelanja dengan memanfaatkan cashback. Nantinya, nilai cashback ini bisa kamu gunakan kembali untuk berbelanja kebutuhan lain. Saat ini, ada beberapa aplikasi yang memberikan cashback atau potongan saat berbelanja, dari kebutuhan rumah, pakaian, hingga makanan. Jadi, manfaatkan kesempatan berbelanja menggunakan aplikasi cashback ini. 

Jangan Tergiur Diskon

Meski banyak produk yang menawarkan diskon atau promo, sebaiknya kamu jangan mudah tergiur. Tetaplah fokus pada kebutuhan yang sudah kamu catat di awal. Ingat, jika kamu tidak memerlukan barang tersebut, jangan membelinya meski tengah diskon.