Dijamin Ampuh, Ini 5 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Minggu, 31 Oktober 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Dijamin Ampuh, Ini 5 Cara Menghilangkan Noda Kuning Di Baju Putih

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Pakaian yang bersih dan bebas dari noda merupakan salah satu faktor yang mendukung kepercayaan diri seseorang. Tapi terkadang untuk mempertahankan agar baju tetap bersih dari noda tidaklah mudah, apalagi noda kuning yang menempel pada baju putih yang biasanya noda sulit dihilangkan. 

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Noda kuning di baju putih biasanya sulit untuk dihilangkan, hal ini karena noda kuning terlanjur membekas lama di baju sehingga susah dibersihkan dengan deterjen biasa. Kamu bisa lakukan 5 cara untuk menghilangkan noda kuning dibaju putih berikut ini.

1. Direndam dengan Jus Lemon

Foto: Ladiestory.id

Jus lemon ternyata memiliki banyak manfaat, bukan hanya baik untuk kesehatan karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi, ternyata lemon juga ampuh untuk menghilangkan noda kuning pada pakaian.

Cara menghilangkan noda kuning dengan lemon ini cukup mudah. Kamu hanya perlu merendam baju yang terkena noda kuning di dalam campuran 1 galon air panas dengan setengah gelas jus lemon. Biarkan direndam  semalaman dan pagi harinya barulah dicuci seperti biasa.

2. Direndam dengan Cuka Putih

Foto: Ladiestory.id

Cara lainnya untuk menghilangkan noda kuning pada pakaian adalah dengan menggunakan cuka putih. Zat-zat yang terkandung dalam cuka putih dapat membuat pakaian jadi terlihat lebih bersih dari segala macam noda yang membandel.

Cara menghilangkan noda kuning dengan cuka putih adalah dengan mencampurkan 1/4 gelas perasan lemon dengan 1/2 gelas cuka putih. Lalu rendam pakaian dengan campuran 2 bahan tadi selama 3 jam lalu cuci seperti biasa. 

3. Oleskan Cairan Pencuci Piring

Foto: Sajiansedap

Siapa sangka cairan pencuci piring bukan hanya ampuh menghilangkan minyak dan lemak pada piring dan gelas tapi juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda kuning pada pakaian. Bahkan hasilnya lebih efektif dan bersih dibanding detergen.

Hal ini karena cairan pencuci piring mengandung bahan kimia yang lebih keras. Sehingga lebih ampuh dalam  mengangkat noda kuning dibandingkan deterjen biasa.

Cara menghilangkan noda kuning dengan cairan pencuci piring ini adalah dengan mengoleskannya pada noda kuning lalu gosok dengan menggunakan sikat gigi. Setelah itu diamkan di dalam rendaman air pencuci piring selama kurang lebih 5 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

4. Oleskan Soda Kue

Foto: Ladiestory.id

Selain bermanfaat untuk  pewangi alami pada kue, soda kue juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda kuning pada pakaian putih. Caranya yaitu  tuang 2 hingga 4 sendok makan soda kue ke dalam ¼ gelas air hangat, kemudian campur hingga merata sampai berbentuk pasta. 

Setelah itu, oleskan pasta soda kue tadi pada bagian pakaian yang bernoda kuning. Diamkan selama 30 menit sampai kering, kemudian cuci dan bilas pakaian  seperti biasa. 

5. Jemur di Bawah Terik Matahari

Foto: Ladiestory.id

Cara mudah untuk menghilangkan noda kuning pada pakaian putih adalah dengan menjemurnya di bawah terik matahari langsung setelah mencucinya.

Hal ini lantaran cahaya matahari memancarkan sinar ultraviolet yang mampu memecah ikatan kimia yang membentuk noda di pakaian dan akan membuatnya tampak memudar bahkan luruh. 

Tak hanya itu, sinar matahari juga ampuh untuk menghilangkan noda kuning di baju putih tanpa meninggalkan bau dan efek samping seperti produk pemutih ataupun deterjen penghilang noda. 

Nah, mudah bukan cara menghilangkan noda kuning di baju putih. Bahan-bahan yang digunakan pun adalah bahan yang mudah didapatkan.