Tips Jaga Hubungan Pertemanan agar Tetap Langgeng

Rabu, 12 Januari 2022 | 12:30:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Tips Jaga Hubungan Pertemanan Agar Tetap Langgeng

Ilustrasi pertemanan yang langgeng. (thinkstock)

Ladiestory.id - Selain pasangan atau keluarga, kehadiran teman dalam hidup kita pastinya sangatlah berarti. Jika Kamu saat ini sudah memiliki sosok teman yang tulus dan baik, maka jangan sampai kamu sia-siakan. Kamu harus menjaga hubungan pertemanan kamu agar tetap langgeng ke depannya.

Lantas bagaimana cara menjaga hubungan pertemanan agar tetap langgeng? Berikut Ladiestory.id merangkum beberapa tips yang bisa Kamu lakukan. 

1. Saling Menjaga Kepercayaan Satu Sama Lain

Saat Kamu berteman dengan seseorang, maka Kamu dianggap menjadi orang terdekatnya. Untuk itu, saling menjaga kepercayaan antarteman sangat wajib untuk dilakukan. Hal ini bisa membuat hubungan pertemananmu akan terjalin dengan baik dan awet.  

2. Selalu Ada Saat Dibutuhkan

Ilustrasi selalu ada saat dibutuhkan. (Special)

Berteman tidak hanya saat senangnya saja, namun ketika satu sama lain sedang berduka juga harus saling menguatkan. Jika ingin hubungan pertemananmu langgeng, pastikan kamu menjadi sosok teman yang selalu ada saat suka dan duka.

Begitu juga ciri teman yang baik, pastikan dia adalah sosok yang tidak hanya ada saat Kamu sedang senang saja, namun juga saat sedih maupun terpurukmu.  

3. Saling Toleransi, Menghargai Perbedaan Satu Sama Lain

Berteman tidak melulu harus selalu kompak atau seragam untuk berbagai hal yang dilakukan. Meskipun akan tampak harmonis di mata orang lain, namun terkadang ini terkesan egois.

Sebaiknya saling toleransi dan hargai jika dalam berteman menemukan perbedaan satu sama lain. Misalnya, dalam hal berpendapat, kesukaan, beribadah, dll.

4. Selalu Jaga Hubungan Komunikasi

Dalam menjalin hubungan percintaan maupun pertemanan, yang namanya komunikasi itu sangat penting. Agar pertemananmu langgeng, pastikan selalu memelihara komunikasi satu sama lain.

Diskusikan tentang perasaanmu, kegelisahanmu, maupun hal lain dengan temanmu. Jika Kamu memiliki teman yang tinggal di luar kota atau beda negara, jangan ragu untuk selalu menanyakan kabarnya. Meskipun terdengar sepele, namun hal inilah yang bisa membuat pertemananmu langgeng.

5. Kesampingkan Ego Masing-masing

Tidak menutup kemungkinan jika sewaktu-waktu Kamu dan temanmu akan bertengkar atau berdebat untuk sesuatu yang membuat kesal satu sama lain. Saat seperti ini, Kamu dan temanmu perlu mengesampingkan ego masing-masing.

Jika Kamu memang salah, jangan malu untuk meminta maaf. Begitu juga dengan temanmu. Hal ini penting sekali dilakukan agar hubungan pertemananmu selalu langgeng.

6. Rutin Menghabiskan Waktu Bersama

Ilustrasi menghabiskan waktu bersama. (Jojonomic)

Agar hubungan pertemananmu semakin akrab, melalukan aktivitas bersama, seperti jalan-jalan atau traveling, bagus dilakukan. Dari melakukan kegiatan bersama, hubungan pertemananmu nantinya akan semakin terjaga dengn baik. Agendakan untuk selalu quality time bersama dengan teman disela-sela kesibukanmu.

7. Bisa Menjadi Pendengar yang Baik

Ilustrasi menjadi pendengar yang baik. (Spesial)

Saat sudah nyaman berteman dengan seseorang, biasanya curhat menjadi kegiatan yang tidak terelakkan. Jika biasanya temanmu bisa menampung apa yang menjadi unek-unek atau curhatanmu, maka Kamu juga harus berlaku demikian. Jadilah pendengar yang baik juga untuk temanmu.

Beri temanmu masukkan jika mereka memang meminta. Pastikan Kamu tidak turut menghakimi ketika mereka membuat keputusan yang kurang baik, seperti berkencan dengan orang yang salah.

Cukup jadi pendengar yang baik dan tetap hadir di sisinya untuk mendukung maupun membimbingnya. Biarkan mereka menjadi diri mereka sendiri.

8. Saling Membantu Tanpa Pamrih

Ada kalanya temanmu berada di situasi yang terpuruk. Sebagai teman terdekatnya, Kamu tidak bisa hanya berpangku tangan saja. Bantu temanmu tanpa pamrih atau mengharapkan imbalan tertentu. Karena dengan saling membantu satu sama lain inilah bisa menumbuhkan ikatan yang lebih kuat dalam hubungan pertemananmu.