5 Tips Aman Nonton Pertandingan Olahraga, Ladies Wajib Tahu!

Kamis, 6 Oktober 2022 | 00:01:00

5 Tips Aman Nonton Pertandingan Olahraga, Ladies Wajib Tahu!

Ilustrasi nonton pertandingan olahraga. (Special)

Ladiestory.id - Belum lama ini, tragedi Kanjuruhan yang terjadi di Malang, Jawa Timur menyita perhatian publik dunia. Tragedi yang menewaskan setidaknya 125 orang tersebut dipicu karena kericuhan setelah pertandingan sepak bola antara Arema dan Persebaya berakhir.

Tragedi Kanjuruhan bisa membuat penonton, terutama perempuan, merasa enggan, bahkan trauma menyaksikan pertandingan olahraga. Padahal, pertandingan olahraga, khususnya sepak bola, menjadi sebuah event yang sangat digemari masyarakat dari semua lapisan.

Lalu bagaimana tips aman menonton pertandingan olahraga bagi wanita? Berikut tips yang bisa kamu terapkan, Ladies.

Ajak Keluarga atau Teman

Ilustrasi mengajak teman saat menonton pertandingan olahraga. (hindustan time)

Ketika berkesempatan menonton pertandingan olahraga, terutama sepak bola, agar perempuan merasa lebih aman, usahakan untuk menyaksikan bersama orang terdekat, seperti teman ataupun keluarga. Karena, dengan bersama keluarga maka akan meminimalkan kejadian yang tidak diinginkan, seperti kekerasan, baik fisik, psikis maupun seksual.

Jangan Bawa Barang Berharga

Ilustrasi perhiasan. (Spesial)

Tips kedua yang harus dicermati bagi perempuan saat menonton pertandingan olahraga adalah jangan pernah membawa barang berharga yang mengundang niat orang lain untuk melakukan tindakan kriminal. Tindakan kriminal ini bisa menghilangkan barang berharga ini atau melukai fisik.

Jangan Gunakan Sesuatu yang Mencolok

Ilustrasi menonton pertandingan olahraga. (Global Village Space)

Selanjutnya, tips yang bisa dilakukan adalah jangan pernah menggunakan sesuatu, baik aksesori atau pakaian, yang mencolok. Pasalnya, hal ini bis menjadi perhatian khalayak. Jika menggunakan sesuatu yang sangat mencolok, maka bisa menarik perhatian seseorang untuk melakukan tindakan kriminal.

Selain itu, hindari pula mengenakan pakaian yang terlalu terbuka. Hal ini untuk meminimalkan risiko kejahatan seksual.

Usahakan Duduk di Tribun VIP

Ilustrasi menonton pertandingan olahraga di VIP ( Spesial )

Ada baiknya, kamu menonton pertandingan olahraga, seperti sepak bola, di kelas atau tribun VIP. Karena, dengan duduk di tribun VIP, akan membuat perempuan merasa lebih aman dan nyaman dari gangguan oknum jahil.

Usahakan Segera Pulang Setelah Pertandingan Usai

Ilustrasi langsung pulang saat selesai menonton pertandingan olahraga ( spesial )

Terakhir, usahakan untuk segera pulang setelah pertandingan berakhir. Hindari terlalu lama berada di stadion jika memang sudah tidak ada keperluan lain yang dibutuhkan. 

Ada baiknya, kamu keluar dari stadion sebelum pertandingan selesai. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.