5 Tips Mudah Pilih Asuransi yang Tepat

Selasa, 18 Oktober 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Tips Mudah Pilih Asuransi Yang Tepat

Ilustrasi asuransi. (Special)

Ladiestory.id - Kondisi ekonomi saat ini termasuk ke dalam jenis yang tidak menentu. Sehingga, kekhawatiran banyak menghampiri masyarakat. Tak terkecuali kamu, bukan? Melihat permasalahan ini, asuransi dapat menjadi salah satu cara untuk meringankan kekhawatiranmu.

Fungsi dari asuransi sendiri dapat memberikan proteksi serta ketenangan terhadap berbagai kondisi darurat yang mungkin terjadi. Selain itu, asuransi juga dapat menjadi investasi yang memberikan keuntungan menarik.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan jenis asuransi, kamu memerlukan ketelitian dalam menentukan pilihan. Sebab, asuransi memiliki beragam jenis investasi dengan berbagai paket-paket di dalamnya. Berikut 5 tips mudah pilih asuransi yang tepat.

Sesuaikan dengan Kebutuhanmu

Ilustrasi asuransi. (Special)

Sebelum melangkah jauh, tentu hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyesuaikan jenis asuransi dengan kebutuhan. Misalnya, kamu adalah seorang pekerja yang memiliki kendaraan dan memerlukan asuransi untuk kendaraan.

Hal ini berfungsi untuk memberikan perlindungan yang ekstra bagi kendaraanmu, baik dalam perawatan rutin maupun insiden-insiden berbahaya yang tidak diinginkan. Dengan demikian, kamu akan lebih tenang ketika berkendara dan memiliki perlindungan saat terjadi hal buruk yang tidak diinginkan.

Siapkan Budgetmu

Ilustrasi uang. (Special)

Setelah menentukan jenis asuransi yang akan dipilih, kamu juga perlu memikirkan terkait premi yang akan dibayarkan. Jangan sampai, ketika sudah memiliki produk asuransi yang akan digunakan, kamu justru merasa terbebani ketika membayar preminya.

Sehingga, kamu perlu menyesuaikan dengan kemampuanmu. Sebab, ketika asuransi telah berjalan, maka premi asuransi akan menjadi pengeluaran wajib setiap bulan maupun pada waktu tertentu sesuai kesepakatan.

Kenali dengan Baik Produk Asuransi yang Dipilih

Ilustrasi asuransi. (Special)

Sebelum kamu telah memutuskan jenis asuransi yang dipilih, pastikan kamu untuk  mencari informasi sebanyak-banyaknya. Kamu bisa mencari melalui internet, bertanya pada orang terdekat, hingga penyedia jasa asuransi.

Pastikan ketahui jenis asuransinya, jumlah perlindungannya, hal pembeli dan penjual, nilai premi, hingga proses kemudahan dalam melakukan klaim terhadap asuransi tersebut. Jangan takut untuk bertanya, ya!

Pastikan Asuransi Terdaftar OJK

Ilustrasi bekerja. (Special)

Hindari berbagai penawaran asuransi yang abal-abal atau kurang meyakinkan dari segi hukum. Sebab, asuransi tetap memerlukan pengawasan dari pihak OJK untuk menjaga nilai simpanan uang yang telah kamu lakukan. Melalui asuransi, kamu telah menempatkan sejumlah dana untuk keperluaan maupun ketika masa darurat datang.

Sehingga, kamu perlu memastikan bahwa perusahaan asuransi tersebut terpercaya dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Jika sudah terdaftar di OJK, maka perusahaan tersebut mendapat pengawasan aktivitas dari OJK dan juga dapat dipercaya.

Jika kamu masih kebingungan mengecek validitas perusahaan tersebut, kamu dapat menanyakan hal tersebut langsung ke OJK maupun melalui layanan pertanyaan dan pengaduannya. Lebih aman, lebih baik!

Teliti Saat Isi Polis

Ilustrasi menulis. (Special)

Tips terakhir yang perlu kamu lakukan adalah membaca isi polis dengan saksama. Polis merupakan perjanjian antara pembeli dan penjual yang mengikat dan memiliki lama waktu kontrak. Secara detail akan dijabarkan mengenai hak dan kewajiban pembeli dan penjual.

Sehingga, sangat penting untuk teliti saat mengisi polis supaya tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari. Selain itu, pastikan kamu memahami alur dalam proses klaim. Jangan sampai, justru ketika terjadi keadaan yang membutuhkan klaim asuransi. Kamu justru dihadapkan dengan proses pengajuan klaim yang rumit dan memakan waktu yang lama.

Itulah lima tips yang mudah kamu lakukan untuk memilih asuransi yang tepat. Tentunya, kamu tidak lagi bingung ketika memilih produk asuransi. Jadi, kapan waktu yang tepat untuk asuransi? Jawabannya, tentu sekarang juga! Yuk, mulai siapkan asuransi kamu untuk proteksi masa depan. Selamat mencoba, Ladies!