Wangi Seharian, 3 Tips Pilih Parfum yang Cocok untuk Hadiri Berbagai Acara

Jumat, 20 Januari 2023 | 10:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Wangi Seharian, 3 Tips Pilih Parfum Yang Cocok Untuk Hadiri Berbagai Acara

Ilustrasi parfum. (Special)

Ladiestory.id - Tidak hanya gaya berpakaian dan makeup, namun parfum juga bisa digunakan sebagai bentuk ekspresi diri yang mencerminkan sifat dan karakter seseorang. Parfum juga memiliki sejumlah manfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membantu meninggalkan kesan kemanapun kamu pergi.

Pastinya, dengan semangat dan percaya diri yang terbentuk, dapat mendorong setiap orang lebih produktif dan berkegiatan dengan optimal. Seperti contohnya, orang yang lebih suka menggunakan wangi aquatic biasanya memiliki kepribadian yang lebih tenang dan berjiwa bebas. 

Kini, sudah banyak brand parfum yang tersedia di Shopee, mulai dari merek lokal hingga high-end, yang menawarkan berbagai variasi parfum berkualitas dengan wangi beragam yang bisa disesuaikan seleramu. Meski demikian, ragam parfum dengan berbagai jenis dan aroma yang terlalu banyak juga bisa membuatmu lebih sulit untuk menentukan parfum yang tepat dan sesuai dengan selera serta kebutuhan.

Eits, jangan khawatir, beberapa tips dari Shopee di bawah ini bisa kamu jadikan acuan guna membantu menemukan aroma yang cocok untuk berbagai aktivitasmu.

Ilustrasi parfum. (Special)

Untuk beraktivitas sehari-hari seperti sekolah atau bekerja, sebaiknya kamu memilih parfum dengan aroma yang menyegarkan seperti citrus untuk meningkatkan energi dan mood serta memberikan nuansa yang ceria. Jika ingin menambah kesan feminin, kamu juga bisa menggunakan parfum citrus yang dikombinasikan dengan notes floral yang ringan.

Tidak hanya sekadar wangi, terdapat beberapa jenis parfum yang bisa kamu pilih berdasarkan tingkat konsentrasi yang mempengaruhi ketahanan aromanya. Kategori konsentrasi parfum sebenarnya ada banyak, namun umumnya dibagi menjadi tiga, yaitu Eau de Cologne (EDC) dengan tingkat 2-5 persen, Eau de Toilette (EDT) dengan tingkat 5-15 persen, dan Eau de Perfume (EDP) dengan tingkat 15-20 persen.

Saat melakukan kegiatan dengan mobilitas yang tinggi, tentunya kita membutuhkan parfum dengan konsentrasi yang lebih banyak agar tetap tahan lama namun tetap soft untuk beraktivitas seharian. Maka dari itu, kamu bisa memilih parfum dengan jenis EDT, ya!

Ilustrasi parfum. (Special)

Selain tampil maksimal dengan menggunakan outfit terbaik dan riasan makeup, parfum juga menjadi hal penting untuk melengkapi penampilan sekaligus meningkatkan rasa percaya diri setiap akan pergi kencan. Untuk meninggalkan kesan yang feminin, manis, dan memorable kamu bisa menggunakan parfum dengan wangi gourmand, yaitu wangi yang berasal dari makanan seperti vanilla, caramel, hingga cokelat. 

Tidak hanya aromanya yang memikat dan lezat bak makanan penutup, parfum gourmand juga cenderung memiliki sillage, projection, dan longevity (SPL) yang lebih kuat, sehingga wangimu pun akan lebih tahan lama, dapat tercium dari jarak jauh, dan masih meninggalkan jejak bahkan setelah kamu telah meninggalkan ruangan!

Ilustrasi parfum. (Special)

Ketika menghadiri acara formal dan resmi, tentunya kamu ingin memberikan impresi terbaik dengan menciptakan pesona yang elegan dan anggun. Untuk itu, kamu bisa memilih parfum dengan notes floral yang klasik seperti lily of the valley, jasmine, dan rose. 

Jika merasa wangi floral terlalu biasa, kamu juga bisa bereksperimen menggunakan teknik layering, yaitu menggabungkan dua parfum berbeda untuk menciptakan wangi yang baru, guna membuat signature scent yang khas dan tidak pasaran.

Tidak ada aturan tetap dalam melakukan layering parfum, tapi sebaiknya kamu mencampur dua parfum dengan wangi berbeda seperti floral dan woody untuk mendapatkan aroma yang benar-benar baru dan unik.

Shopee. (Special)

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia mengatakan, baha layaknya aksesoris, parfum sudah menjadi produk yang seringkali digunakan sebagai langkah akhir untuk melengkapi penampilan sebelum menjalankan berbagai aktivitas.

Minat masyarakat akan parfum juga semakin meningkat dalam beberapa tahun belakang. Hal ini dapat dilihat dari semakin bertumbuhnya pangsa pasar industri parfum lokal yang mendorong brand untuk terus berkembang dan berinovasi guna menyediakan beragam produk parfum dengan kualitas yang bersaing.

Sebagai platform e-commerce yang selalu mengedepankan kebutuhan masyarakat, harapannya Shopee dapat membantu pengguna dalam memenuhi segala preferensi parfum dengan lebih mudah melalui berbagai penawaran menarik dan fitur inovatif.

Nah, setelah mengetahui berbagai tips memilih parfum di atas, sekarang waktunya menemukan ragam pilihan parfum di aplikasi Shopee. Kamu bisa temukan pilihan produknya yang dihadirkan berbagai mitra brand terpercaya di kategori Kecantikan. Jangan lupa untuk menikmati ragam penawaran menarik yang bisa kamu cek dan gunakan di laman Gratis Ongkir dan Voucher.