4 Tips Rambut Sehat dan Panjang

Minggu, 12 Juni 2022 | 21:00:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

4 Tips Rambut Sehat Dan Panjang

Ilustrasi rambut panjang yang sehat (Special)

Ladiestory.id - Beberapa perempuan mengalami masalah pada rambutnya. Seperti sulit tumbuh panjang dan mengalami beberapa kerusakan akibat terlaly sering styling. Hal itu tentu saja begitu menyebalkan bagi sebagian besar orang. Untuk itu, berikut Ladiestory.id rangkum beberapa tips agar rambut tumbuh lebih panjang tanpa bantuan bahan kimia.

Hindari Keramas Setiap Hari

Foto: Ladiestory.id

Rambut yang dicuci setiap hari dapat membuat minyak alami di kulit kepala hilang. Akibatnya rambut tidak dapat mengalami perbaikan alami. Hal ini membuat rambut jadi lebih mudah kering dan rapuh.

Idealnya, keramas dilakukan 2 sampai 3 kali setiap minggu agar minyak alami di kulit kepala dapat terkunci di rambut. Bagi yang sudah terbiasa untuk keramas setiap hari, bisa mulai membiasakan diri dengan menggunakan dry shampoo.

Tidak Memakai Produk Berlebihan

Ilustrasi creambath. (Special)

Menggunakan terlalu banyak produk mengakibatkan produksi minyak di kulit kepala menjadi berlebih. Maka, gunakan produk perawatan rambut sesuai dengan takarannya.

Untuk rambut sepanjang apapun, baiknya menggunakan sampo dengan takaran 2 titik seukuran koin. Dan fokuskan sampo hanya pada bagian kulit kepala. Sedangkan bagian batang rambut menggunakan kondisioner.

Perhatikan Kandungan Produk

Foto: Ladiestory.id

Sampo memiliki berbagai jenis kandungan yang diformulasikan untuk kebutuhan rambut yang berbeda-beda. Untuk itu, dalam memilih sampo untuk perawatan rambut sehari-hari perlu diperhatikan isi kandungannya sesuai kebutuhan.

Untuk rambut yang kering, sebaiknya menggunakan sampo dengan formula bebas sulfat sehingga rambut tetap lembut. 

Tak berbeda dari sampo, kondisioner juga banyak jenisnya. Kembali lagi ke poin awal, bahwa untuk pemilihan jenis produk harus disesuaikan dengan kebutuhan rambut masing-masing. Sehingga rambut akan lebih sehat dan mudah panjang.

Mengeringkan Rambut dengan Bahan Katun

Kebiasaan Pakai Handuk Badan untuk Wajah (Special)

Umumnya orang-orang akan mengeringkan rambut mereka menggunakan handuk. Hal ini memang tidak salah. Tetapi akan lebih baik jika Kamu mulai mengeringkan rambut dengan kain berbahan katun.

Bahan handuk bersifat abrasif, sehingga jika Kamu menggosok rambut dengan handuk, rambut Kamu akan menjadi kusut dan akibatnya menjadi lebih mudah patah.

Kain katun yang bisa Kamu gunakan untuk mengeringkan rambut adalah kaos. Dengan menggunakan katun, air akan lebih mudah diserap sehingga kelebihan air pada rambut akan mudah dikeringkan.

Itu dia beberapa tips yang dapat Kamu aplikasikan agar rambut Kamu bisa lebih cepat panjang dan lebih kuat.

 

s