6 Tips Rawat Kulit Kering Saat Musim Hujan

Kamis, 27 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Tips Rawat Kulit Kering Saat Musim Hujan

Ilustrasi hujan. (Special)

Ladiestory.id - Memasuki musim hujan, membuat suhu udara dan juga kondisi tubuh menjadi lebih sejuk dan dingin. Hal ini pun tentunya dapat berpegaruh dengan kondisi kulit. Penyebab cuaca dan perubahan suhu juga bisa membuat kulit menjadi kering bahkan sensitif.

Nah, saat perubahan cuaca dingin seperti musim hujan ini, kamu pun bisa melakukan 6 tips perawatan kulit agar tetap terjaga kesehatannya seperti yang telah terangkum berikut ini.

Gunakan Sunscreen

Ilustrasi sunscreen. (Special)

Walaupun kondisi cuaca di luar sedang hujan, bukan berarti kamu harus melupakan makeup kit yang satu ini, loh. Tetap selalu aplikasikan sunscreen ke kulitmu karena adanya radiasi dari sinar UV yang dipancarkan oleh sinar matahari, apalagi jika kondisi cuaca yang tiba-tiba hujan dan panas.

Selain radiasi dari paparan sinar UV, tentunya sunscreen juga dapat membantu melindungi kulit agar tetap sehat walaupun kamu sedang berada didalam ruangan, seperti melindungi kulit dari dinginnya suhu AC, radiasi gadget, maupun lampu dalam ruangan.

Selain itu, dengan rutin menggunakan sunscreen, akan membantu menjaga kulitmu terhindar dari kulit kering, penuaan, bahkan risiko terjadinya kanker kulit.

Gunakan Pelembap

Ilustrasi pelembap. (Special)

Tak hanya sunscreen sebagai pelindung kulit, kamu juga perlu menggunakan pelembap agar kondisi kulitmu tetap sehat, ternutrisi, dan terhidrasi dengan baik. Pelembap tentunya juga dapat mengatasi masalah kulit kering apalagi saat cuaca dingin. Kamu dapat memilih kandungan pelembap yang mengandung hyaluronic acid, lanolin, atau ceramides untuk menjaga kelembapan kulitmu.

Skincare Low pH

Memakai skincare. (Special)

Saat cuaca dingin, jangan malas untuk melakukan rangkaian perawatan kulit. Hal ini tentunya dapat membantu menjaga kesehatan kulit walaupun kamu tetap berada di dalam ruangan.

Ketika mengalami kulit kering yang disebabkan oleh faktor cuaca dingin, kamu pun bisa memilih produk skincare dengan low pH yang dapat membantu menyeimbangkan kondisi kandungan minyak dan air pada kulit. Kamu juga bisa menggunakan cleanser low pH dengan kandungan pelembap yang dapat menghidrasi kulit sehingga menjaga kulit tetap sehat, cerah, dan lembut.

Gunakan Essence

Ilustrasi essence (Special)

Salah satu perawatan kulit selanjutnya yang bisa kamu gunakan ialah essence. Rangkaian perawatan kulit ini juga membantu membuat kondisi kulit menjadi lebih terhidrasi dan juga lembap. Ketika kondisi kulitmu menjadi lembap, maka kamu pun akan lebih mudah mengaplikasikan perawatan skincare lainnya untuk membantu kulit menyerap lebih optimal.

Kandungan essence yang terdapat dalam produk skincare pun dapat menutrisi kulit, sehingga menjaga kulit terhindar dari masalah kulit kering saat musim hujan atau dingin.

Gunakan Body Lotion

Ilustrasi penggunaan body lotion. (Special)

Bagian kulit yang perlu kamu perhatikan selanjutnya saat pergantian musim tak hanya wajah saja, namun kamu juga harus memperhatikan kondisi tubuhmu. Kamu juga harus menggunakan body lotion atau cream kulit sesudah mandi agar kondisi kulitmu tetap lembap, sehat, dan tidak kering.

Eksfoliasi

Ilustrasi eksfoliasi

Perubahan suhu dari panas ke dingin tentunya juga akan menimbulkan masalah kulit, salah satunya kulit menjadi lebih kering atau sensitif terhadap perubahan suhu. Oleh karena itu, walaupun mengalami perubahan musim yang berbeda-beda, bukan berarti kamu harus mengabaikan rangkaian perawatan kulit lainnya, seperti eksfoliasi.

Kamu juga bisa tetap melakukan perawatan kulit tubuh dengan eksfoliasi dengan menggunakan body scrub sebanyak dua kali dalam seminggu untuk mengangkat sel kulit mati yang menempel di kulit tubuhmu.