Mudah Dilakukan, Ini 6 Tips Rawat Siku yang Kering

Rabu, 22 Maret 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Mudah Dilakukan, Ini 6 Tips Rawat Siku Yang Kering

siku (pinterest)

Ladiestory.id - Salah satu masalah kulit yang kerap dialami adalah kondisi siku yang kering. Siku yang kering pun terkadang sering diabaikan. Siku memang mudah mengalami masalah kulit kering jika dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan tebalnya lapisan kulit di area siku serta area siku juga lebih sedikit dalam memproduksi kelenjar minyak sehingga siku lebih mudah kering.

Namun, ada pula berbagai faktor yang dapat menyebabkan kondisi siku mengering, di antaranya perubahan hormon, penyakit kulit seperti eczema ataupun kebiasaan pola hidup. Nah, kamu pun tak perlu khawatir. Berikut ini enam tips merawat siku yang kering dan mudah dilakukan. Simak yuk!

Eksfoliasi

Ilustrasi eksfoliasi. (Special)

Ladies, tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk merawat siku yang kering ialah dengan rutin melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi pada kulit siku ini dapat dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. Kamu pun bisa menggunakan exfoliating scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati serta membuat siku menjadi sehat, cerah, dan lembap.

Gunakan Pelembap

Cara mencegah kulit kering. (Special)

Setelah melakukan eksfoliasi, kulit tubuh pun tetap harus terjaga akan kelembapan dan kelembutannya. Kamu bisa menggunakan rangkaian produk pelembap kulit seperti body lotion , body cream, body oil maupun body butter agar kondisi sikumu tidak kering dan terhindar dari inflamasi yang dapat membuat siku menjadi menggelap.

Gunakan Cream Khusus

Ilustrasi menggunakan body lotion. (Special)

Untuk mengatasi masalah siku kering, menggunakan body lotion saja tidaklah cukup. Oleh sebab itu, kamu dapat menggunakan cream khusus agar kulit siku tetap lembap dan sehat. Kamu bisa menggunakan emolient cream yakni salah satu jenis cream yang mampu menghidrasi kulit sekaligus membantu melindungi kulit.

Supaya kondisi kulit siku tetap sehat terjaga, kamu pun bisa mencari cream dengan kandungan lanolin, soy streol ,maupun sunflower seed oil yang sangat baik bagi kulit.

Batasi Waktu Mandi

Ilustrasi mandi. (Special)

Suhu air yang kamu gunakan saat mandi ternyata dapat mempengaruhi tekstur dan kondisi kulitmu, lho. Namun, jangan sampai kebablasan dan berlama-lama mandi menggunakan air hangat hanya karena membuatmu merasa nyaman dan rileks.

Hal ini justru dapat membuat kondisi kulit siku menjadi mengering. Selain itu, kamu pun bisa membatasi waktu saat mandi untuk mencegah kulit semakain mengering. Nah, setelah mandi pun jangan lupa untuk gunakan pelembap, Ladies.

Hindari Penggunaan Pakaian yang Ketat

Ilustrasi pakaian ketat. (Special)

Perhatikan kembali bahan pakaian yang kamu gunakan. Ternyata menggunakan pakaian dan bahan yang terlalu ketat dan kurang tepat pun dapat membuat siku menjadi kering dan juga menggelap.

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit sensitif pun dapat mempengaruhi kondisi kulit apalagi jika terjadinya gesekan antara kulit dan pakaian hal ini dapat memicu kulit menjadi iritasi dan juga kering. Kamu bisa memilih pakaian dengan material lembut untuk mencegah kulit kering dan meminimalisir terjadinya gesekan pada kulit.

Gunakan Humidifier

Humidifier (Special)

Ladies, suhu ruang yang panas maupun dingin juga dapat mempengaruhi kondisi kulit yang kering, lho. Oleh sebab itu, kamu pun bisa menggunakan humidifier untuk tetap menjaga kelembapan ruang serta membantu meminimalisir terjadinya kulit yang kering khususnya pada area siku.