6 Tips untuk Menjadi Suami yang Baik dan Bijaksana, Dambaan Para Istri

Kamis, 29 Juli 2021 | 15:43:39

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Tips untuk Menjadi Suami yang Baik dan Bijaksana, Dambaan Para Istri

Foto: Ladiestory.id

Setiap istri pastinya mendambakan sosok suami yang baik dan bijaksana, serta mampu melindungi keluarga. Tapi apakah  para suami sadar akan hal itu? Bisa juga mereka belum bisa menjadi suami yang baik.

Nah, bila Anda seorang suami yang ingin menjadi baik, simak tipsnya berikut ini.

Bagaimana  Cara Menjadi Suami Yang Baik?

Untuk menjadi suami yang baik dibutuhkan perjuangan dan komitmen, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seorang suami untuk bisa menjadi suami baik dan bijak yang merupakan dambaan para istri, yaitu:

1. Memberi Nafkah Lahir dan Batin

Foto: Ladiestory.id

Sebagai suami sudah jadi kewajiban untuk memberi nafkah lahir maupun batin. Apapun pekerjaan Anda, lakukan dengan sepenuh hati agar mampu menafkahi istri.

Karena dengan begitu Anda dapat dinilai sebagai suami yang baik dan bertanggung jawab pada keluarga.

Bukan hanya nafkah lahir, nafkah batin juga wajib Anda berikan untuk istri. Anda bisa mewujudkannya dengan dengan memberi perhatian dan kasih sayang. 

Untuk menjadi seorang suami yang baik,  Anda harus mampu memberikan keduanya dengan seimbang. Dengan memenuhi kebutuhan lahir dan batin untuk keluarga itu menunjukkan tanggung jawab Anda sebagai suami.

2. Lindungi Istri

Foto: Ladiestory.id

Untuk menjadi suami yang baik buat istri, bukan hanya sekedar memberikan nafkah saja. Tapi Anda juga harus tunjukan bahwa Anda mampu melindunginya. Caranya bisa dengan selalu ada saat sang istri membutuhkan serta lindungi istri, jangan pernah melecehkannya.

Bila ada seseorang yang menghina istri Anda, lindungilah dia. Anda harus menunjukkan bahwa Anda mendukung istri Anda serta tidak akan mentolerir orang lain yang menghina dan tidak menghormatinya.

Biarkan orang tahu bahwa Anda selalu melindungi, membela dan ada untuk istri Anda, apapun yang terjadi.

3. Menunjukan Rasa Cintanya pada Istri

Foto: Ladiestory.id

Sebagian pria mungkin sulit untuk menunjukan rasa cintanya pada istri. Padahal seorang istri justru akan senang bila dihujani romantisme dan cinta dari suami.

Cobalah untuk bersikap romantis dengan istri. Tunjukkan rasa cinta Anda padanya  dengan cara sering-sering memberikan ciuman  atau memeluknya sambil mengucapkan bahwa Anda mencintainya.

Perlu Anda tahu, tindakan kecil seperti ini akan membuatnya bahagia dan bisa mencerahkan harinya.

4. Menerima Istri Apa Adanya

Foto: Ladiestory.id

Semua manusia baik pria maupun wanita tak lepas dari kekurangan. Tapi cinta sejati tak kenal kekurangan atau keburukan pasangannya.

Salah satu tips menjadi suami yang baik adalah dengan menerima istri apa adanya termasuk kekurangannya. Fokuslah pada semua hal baik yang ada pada diri sang istri, dan lupakan kekurangannya.

5. Rawat Istri Bila Ia Sakit

Foto Ladiestory.id

Jika istri Anda tiba-tiba  jatuh sakit dan membutuhkan Anda untuk menjaga atau melakukan sesuatu, lakukanlah apa yang Ia minta dengan berusaha melakukannya yang terbaik.

Menjaga kesehatan antara satu sama lain atau saat sakit merupakan bagian dari janji pernikahan.

Jangan hanya istri yang merawat suami bila sakit, tapi Anda pun sebagai suami harus melakukan hal yang sama di saat istri sakit.  Suami yang baik akan melakukan apapun untuk menjaga istri dengan caranya.

6. Nasehati Istri dengan Penuh Kelembutan

Foto: Ladiestory.id

Perlu Anda tahu, menjadi seorang istri tidaklah mudah, butuh proses pembelajaran yang nyaris tanpa henti. Mungkin hanya kematian yang dapat menghentikan pembelajaran tersebut.

Karena itu, saat menjalaninya pastilahlah ada kesalahan atau kekeliruan yang dilakukan sang istri.

Ketika hal itu terjadi, Anda bisa memberikan nasihat dengan penuh kelembutan. Beritahu dengan cara bicara baik-baik pada istri apa kesalahannya dan bantu Ia untuk memperbaikinya. Sikap seperti ini  adalah cara elegan untuk menjadi suami yang baik untuk istri

Bila Anda menasehatinya dengan kasar, itu hanya akan membuat istri  Anda sakit hati dan malah tidak bisa memperbaiki kesalahannya. Selain itu juga akan memicu pertengkaran yang bisa berdampak buruk bagi hubungan Anda dan sang istri.

Itulah 6 tips menjadi suami yang baik dan bijak, dambaan para istri. Teruslah untuk berusaha membahagiakan istri anda dengan menjadi suami yang baik. Semoga bermanfaat.