Teman Terkena PHK? Lakukan 5 Tips untuk Support Mereka

Sabtu, 17 Desember 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Teman Terkena Phk? Lakukan 5 Tips Untuk Support Mereka

Ilustrasi PHK. (Special)

Ladiestory.id - Pandemi Covid-19 banyak memberikan dampak kepada masyarakat. Tak hanya seputar kesehatan, namun juga berkaitan dengan pekerjaan.

Sejak pandemi melanda hingga penghujung 2022, banyak terjadi pemutusan hubungan kerja atau PHK. Tentunya, menjadi korban pemutusan kerja sangatlah tidak menyenangkan, terutama jika terjadi pada orang terdekatmu. Lalu, sebaiknya apa saja yang bisa kamu lakukan untuk memberi support mereka? Yuk, simak ulasannya berikut!

Jadilah Pendengar yang Baik  

Ilustrasi mendengarkan teman bercerita. (Special)

Hal yang paling utama dilakukan ketika temanmu terkena PHK yaitu menjadi pendengar yang baik untuknya. Pada masa awal pemutusan kerja, ia tentu membutuhkan teman untuk menjadi tempat berkeluh kesah.

Nah, pada kondisi ini, kamu cukup menjadi pendengar yang baik saja. Tidak perlu merasa terburu-buru untuk memberi nasihat jika tidak diminta. Namun, jangan lupa untuk selalu memberinya semangat dan membantunya membangun kepercayaan diri selepas terkena PHK. 

Ajak Liburan atau Jalan-jalan

Ilustrasi liburan. (Special)

Kamu juga bisa mengajak temanmu untuk berlibur atau sekadar jalan-jalan. Hal ini tentu akan membantu ia merasa lebih baik. Sebab, ketika terkena PHK tentu akan menimbulkan perasaan sedih dan tidak bersemangat.

Nah, dengan berlibur di dekat lingkunganmu atau sekadar jalan-jalan keliling kota, akan membuatnya merasa lebih fresh dan dapat sejenak melupakan masalah serta kesedihannya. Siapa tahu, dari kegiatan liburan atau jalan-jalan ini akan tercipta ide baru dalam rencana kehidupan selanjutnya atau justru muncul keinginan menciptakan bisnis baru. Seru bukan?

Beri Dukungan atau Bingkisan Penyemangat 

Ilustrasi memberi bingkisan. (Special)

Menurut pakar psikologi, kehilangan pekerjaan dapat menciptakan duka yang sama seperti kehilangan seseorang yang dicintai. Sebab, hal ini membuatnya kehilangan semangat hidup dan rencana ke depannya dalam menjalani aktivitas. Tak ayal, dukungan mental dari orang-orang sekitar sangat dibutuhkan.

Oleh karena itu, kamu perlu untuk memberikan dukungan secara mental kepada teman yang terkena PHK supaya kembali merasa lebih baik. Selain dukungan mental, kamu juga dapat memberikan bingkisan penyemangat.

Kamu bisa memberikan hampers yang berisi produk kesehatan atau produk penghilang stres. Kamu dapat memberikan gardening kit, coloring kit hingga cooking kit. Hal ini akan sangat baik dan membantunya kembali menemukan dirinya yang sempat mengalami sedih berkepanjangan.

Bantu Informasi Lowongan Pekerjaan 

Ilustrasi mencari lowongan pekerjaan. (Special)

Setelah dirasa temanmu berada dalam perasaan yang lebih baik, kamu bisa mulai untuk memberi informasi mengenai lowongan pekerjaan. Tentunya, yang sesuai dengan latar belakang dan keahliannya. Kamu juga dapat meluangkan waktu untuk membantunya mencari pekerjaan dengan memperbaiki CV atau portofolio lamanya, hingga menjadi teman diskusi dalam persiapannya mengajukan lamaran kerja.

Nah, jika kantor kamu yang sedang membuka lowongan kerja, kamu bisa menawarkan pada temanmu selama sesuai dengan keahliannya. Kamu pun bisa merekomendasikan temanmu pada atasanmu. Siapa tahu, kalian dapat menjadi rekan kerja yang baik. 

Hindari Mengeluh Mengenai Pekerjaanmu

Ilustrasi berbincang. (Special)

Hal yang juga tidak boleh terlewat yaitu, hindari mengeluh mengenai pekerjaanmu pada teman yang baru terkena PHK. Meski terlihat sepele, nyatanya hal ini dapat memengaruhi perasaan temanmu menjadi kembali sedih.

Ketika kamu mulai mengeluhkan pekerjaanmu yang mungkin menumpuk, justru akan membuatnya merasa tidak mensyukuri apa yang saat ini kamu miliki di saat ia menginginkan pekerjaan. Tentunya, hal ini kurang etis terjadi. Alangkah baiknya, kamu menciptakan obrolan yang membangun dan memberikan arahan kepadanya untuk rencana selanjutnya pasca pemutusan hubungan kerja yang dialaminya.

Tentunya, pemutusan kerja bukanlah sesuatu yang diinginkan oleh semua pihak. Namun, mendukung dan memberi semangat adalah sesuatu yang patut kita lakukan kepada orang-orang tercinta. Semoga bermanfaat, Ladies