8 Trik Interpersonal Skill yang Wajib Kamu Miliki dan Berbagai Manfaatnya

Jumat, 1 Oktober 2021 | 00:01:00

8 Trik Interpersonal Skill yang Wajib Kamu Miliki dan Berbagai Manfaatnya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id – Dalam kehidupan bermasyarakat, keluarga, teman, pekerjaaan bahkan percintaan kemampuan interpersonal skill sangatlah penting karena interpersonal skill merupakan bekal utama kamu untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain.

Sering kita mendengar bahwa kesalahpahaman kecil menimbulkan masalah yang yang besar dikarenakan kurangnya seseorang memiliki interpersonal skill.

Ruang Lingkup Interpersonal Skill

Hakikatnya semua konflik dan perseteruan bisa diatasi dengan kemampuan tersebut. Interpersonal skill erat kaitannya dengan pola hubungan dan komunikasi. Lalu apa saja yang ada dalam lingkup interpersonal skill?

1. Empati

Foto: Ladiestory.id

Empati merupakan kepedulian yang menampakkan perasaan yang sama dengan apa yang dialami orang lain. Misalnya, seseorang menelepon dengan keluhan, kamu perlu mendengarkan dengan cermat kata-kata orang itu dan mengungkapkan simpati atas keprihatinan kamu. 

2. Manajemen Konflik 

Ini dapat melibatkan pemecahan masalah antara dua individu atau kelompok. kamu harus bisa jujur ​​mendengarkan kedua belah pihak dan kreatif dalam pemecahan masalah untuk menemukan solusi yang terbaik 

3. Negosiasi dan Diskusi

Foto: Ladiestory.id

Negosiasi adalah keterampilan penting untuk teknik komunikasi untuk suatu kepentingan. Untuk menjadi negosiator yang baik, kamu harus mampu mendengarkan orang lain, menggunakan masalah secara kreatif, dan mencapai hasil yang memuaskan semua orang tanpa merugikan siapapun namun mencapai tujuan kamu.

4. Mendengarkan

Ini merupakan interpersonal skill paling dasar ketika kamu harus mendengarkan yang orang lain katakan terlebih dahulu dan menyimpan segala pendapat kamu sementara sampai orang lain selesai berbicara agar lawan bicara kamu merasa didengarkan dan dihargai. 

5. Sikap Positif dalam Interpersonal Skill

Foto: Ladiestory.id

Sikap positif merupakan modal terbaik untuk kamu menjalin hubungan dan komunikasi dengan orang lain karena sikap positif memberikan kamu aura dan penyampaian kata yang positif juga, orang lain akan senang berbicara dengan orang yang memiliki sikap positif.

6. Kerja Tim

Kerja tim melibatkan beberapa keterampilan kamu untuk perlu mendengarkan orang lain, mengomunikasikan tujuan kamu, memotivasi tim kamu, dan menyelesaikan setiap konflik yang mungkin timbul.

Trik Mengembangkan Interpersonal Skill

Berikut beberapa trik untuk mengembangkan interpersonal skill yang ada dalam diri sendiri.

1. Meningkatkan Interpersonal Skill dengan Tersenyum

Foto: Ladiestory.id

Senyum tulus dari hati akan membawa energi positif bagi anggota asosiasi lainnya. Wajah yang selalu terlihat ceria pasti bisa membuat orang lain senang dan leluasa berteman dan terhubung dengan kita. 

2. Apresiasi Segala Hal dan Usaha Diri Sendiri maupun Orang Lain

Tujuan dari ucapan terima kasih adalah untuk memberikan perhatian khusus kepada lawan bicara. Misalnya, jadilah pendengar yang baik, selalu memuji atau mengkritik secara halus tanpa membuat orang marah atau kesal. 

3. Memberi Perhatian Kepada Orang Lain Saat Berbicara, Hindari Sibuk dengan Hal Lain

Foto: Ladiestory.id

Cara ketiga untuk meningkatkan keterampilan interpersonal adalah perhatian penuh. Perhatikan apa yang terjadi pada orang lain. Pada jam berapa orang ini selalu merasa senang dan dengan tulus memujinya.

Di sisi lain, jika kamu berada dalam kesulitan, dukungan dan bantuan. Hindari sibuk dengan ponsel atau hal lainnya selama berkomunikasi dengan orang lain.

4. Membangun Kebersamaan dan Rasa Kekeluargaan

Cobalah untuk menciptakan suasana yang menyenangkan di mana orang lain akan mau bekerja sama. Jangan pernah membeda-bedakan antara teman yang satu dengan teman yang lain. Hindari membicarakan orang lain di belakang mereka dan ikuti saran mereka. 

5. Membangun Interpersonal dengan Komunikasi

Foto: Ladiestory.id

Untuk mengembangkan keterampilan interpersonal adalah komunikasi. Perhatikan apa yang ingin kita katakan dan bagaimana mengatakannya. Komunikator yang baik harus mampu menghindari miskonsepsi dengan menggunakan kata-kata yang jelas dan mudah dipahami. 

6. Berusaha Memberi Hiburan

Jangan takut untuk menunjukkan diri kamu kepada orang-orang yang kamu anggap lucu. Semua orang selalu merasa bahagia ketika memiliki teman yang bisa bersenang-senang. Humor dalam kalimat dan perbuatan adalah sarana pergaulan yang sangat efektif. Namun tentunya harus ada batasan dan sesuai dengan kondisi dan situasi kekinian.

7. Kurangi Mengeluh di Depan Orang Lain

Foto: Ladiestory.id

Seberat apapun masalahnya, jangan mengeluh apalagi merengek dan meminta bantuan orang lain. Yakinlah bahwa setiap masalah pasti ada solusinya ketika ingin mencoba.

Ketika kita terlalu sering mengeluh, orang-orang kehilangan belas kasihan untuk kita. Sekalipun kamu mengeluh kepada orang lain, mintalah pendapat atau saran yang lebih baik, jangan menyerah.

8. Kepemimpinan yang Bijak 

Meskipun kamu bukan bos atau atasan, kamu bisa menunjukkan sikap kedewasaan kamu terhadap konflik atau ketidakadilan di lingkungan kerja kamu atau di hubungan pertemanan kamu. Berikan pemikiran bijak kamu yang tidak memperburuk suasana dan keadaan atau malah mengompori orang lain.

Manfaat Memiliki Interpersonal Skill

Foto: Ladiestory.id

1. Komunikasi menjai lebih efektif.

2. Peluang lebih luas seperti karir, pertemanan dan hubungan.

3. Meningkatkan kredibilitas dan kepuasan orang lain menjalin kerja sama.

4. Meningkatkan kepercayaan dan keterbukaan orang lain terhadap kamu.

5. Terjalinnya hubungan emosional yang baik dan profesional.

6. Kesempatan menjadi pemimpin yang disukai banyak orang.

7. Peka terhadap situasi yang ada dan lebih cepat tanggap dalam mengatasinya.

8. Membantu menambah koneksi dan relasi kamu.

9. Orang menjadi menghargai kamu dan memiliki rasa penghormatan yang tinggi.

Sekian informasi terkait trik dalam meningkatkan interpersonal skill dan manfaat yang bisa kamu dapatkan. Semoga bermanfaat.