Tunjukkan Kekuatan Kolaborasi, Ini 5 Manfaat Kerja Tim

Kamis, 18 Januari 2024 | 18:30:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Tunjukkan Kekuatan Kolaborasi, Ini 5 Manfaat Kerja Tim

Ilustrasi Kelompok. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Sebuah tim akan berjalan dengan baik dan mencapai tujuannya apabila tiap anggota saling bekerja sama dan berkolaborasi. Melalui kerja sama, tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien. 

Tak semua orang merasa nyaman bekerja dalam tim, karena tak sedikit orang yang memiliki pengalaman buruk dalam sebuah kelompok. Meski begitu, kerja tim memiliki banyak sekali manfaat.

Pemecah Masalah

Ilustrasi Kelompok. (Freepik.com)

 

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Proceedings of the National Academy of Science pada tahun 2021 mengatakan, kelompok yang beranggotakan antara 3 sampai 5 orang dapat mengungguli seorang ahli materi pelajaran ketika memecahkan sebuah permasalahan yang kompleks.

Dengan memanfaatkan kecerdasan kolektif sebuah tim, berarti rekan kerja dapat memproses lebih banyak informasi, menghasilkan dan mengadaptasi berbagai solusi potensial, serta memiliki kemungkinan lebih tinggi dalam menemukan kesalahan dibandingkan dengan bekerja sendirian.

Inovasi

Ilustrasi Kelompok. (Freepik.com)

 

Bekerja dengan orang-orang yang memiliki kepribadian dan latar belakang berbeda-beda, memungkinkan terciptanya sebuah inovasi baru. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Learning and Motivation menemukan bahwa hal itu bahkan dapat memotivasi orang untuk mempelajari lebih banyak hal.

Ketika anggota kelompok memiliki pikiran yang terbuka, maka ia akan menjadi lebih fleksibel dan belajar menghargai konsep dan perspektif dari yang lainnya.

Kreativitas

Ilustrasi Kelompok. (Freepik.com)

 

Menyatukan beberapa orang untuk bekerja sebagai sebuah tim akan menambah lebih banyak keterampilan dan pengalaman pada berbagai proyek yang dijalani. Perspektif yang berbeda-beda dan individu yang memiliki kekuatan masing-masing, akan membuat brainstorming menjadi lebih kreatif dan mahir, serta memberikan ide-ide berkualitas yang lebih banyak untuk menjadi pilihan.

Produktivitas

Ilustrasi Kelompok. (Freepik.com)

 

Kerja sama tim yang baik akan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, baik itu melalui proses kerja yang lebih efektif, atau kesalahan yang lebih sedikit. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Information Systems Education menemukan bahwa kerja tim yang efektif secara signifikan bisa meningkatkan kinerja seseorang secara keseluruhan.

Kurangi Kelelahan

Ilustrasi Kelompok. (Freepik.com)

 

Menjalankan tugas dalam sebuah tim mungkin akan menjadi lebih mudah dibandingkan dengan kerja secara individu. Hal ini juga akan memengaruhi kesehatan seseorang, baik kesehatan fisik atau mental.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Human Resources for Health menemukan bahwa menjadi bagian dari tim dapat mengurangi dampak stres dan mengurangi tingkat kelelahan bagi pekerja di industri kesehatan.

Mengambil alih pekerjaan ketika rekan satu tim kewalahan sambil memberinya dukungan emosional, akan membantu seseorang untuk membangun keseimbangan kehidupan yang sehat.