Tunjukkan Solidaritas, Warna Bendera Ukraina Terangi Bangunan di Berbagai Negara

Sabtu, 26 Februari 2022 | 17:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Tunjukkan Solidaritas, Warna Bendera Ukraina Terangi Bangunan Di Berbagai Negara

St George's Hall di Liverpool, Inggris. (Peter Byrne/PA Images)

Ladiestory.id - Peristiwa memilukan yang terjadi di Ukraina akibat invasi Rusia, membuat beberapa gedung di berbagai belahan dunia tampak terang dengan warna bendera Ukraina sebagai bentuk solidaritas.

Mulai dari gedung Koloseum di Roma hingga Stasiun Flinders Street di Melbourne, berikut beberapa potret berbagai gedung dan monumen terkenal di dunia diterangi lampu biru dan kuning, seperti dilansir Business Insider India.

Koloseum Roma, Italia. (Baris Seckin/Anadolu Agency via Getty Images)

Lampu biru dan kuning tampak di bangunan Koloseum Roma, Italia. Dikutip dari Encyclopedia Britannica, warna tersebut menyimbolkan langit biru di atas ladang gandum yang berwarna keemasan.

Selain itu, sejumlah orang juga terlihat membentangkan bendera Ukraina sebagai bentuk solidaritas.

Nathan Phillips Square di Toronto, Kanada. (Steve Russell/Toronto Star via Getty Images)

Bangunan Nathan Phillips Square di Toronto juga menampakkan lampu biru-kuning pada kata “Toronto” yang terletak di sebelah seluncuran es. Beberapa peluncur es juga mengenakan bendera Ukraina sebagai cape saat meluncur.

Mole Antonelliana di Turin, Italia. (Nicolò Campo/LightRocket via Getty Images)

Gedung Mole Antonelliana di Turin, Italia tampak bercahaya biru dan kuning pada Kamis (24/2/2022) malam waktu setempat. Gedung ini merupakan bangunan yang terbuat dari batu bata tertinggi di Eropa saat selesai dibangun pada 1889.

St George's Hall di Liverpool, Inggris. (Peter Byrne/PA Images)

Sejumlah bangunan di Inggris turut diterangi lampu biru-kuning. Salah satunya ialah bagunan St George's Hall di Liverpool, Inggris. Gedung ini pertama kali dibuka pada 1854 dan kembali dibuka oleh Pangeran Charles setelah restorasi pada 2007.

Gerbang Brandenburg di Berlin, Jerman. (Paul Zinken/picture alliance via Getty Images)

Massa juga tampak memadati Gerbang Brandenburg di Berlin, Jerman yang saat itu berwarna biru-kuning untuk menunjukkan solidaritas. Bagunan ini menjadi simbol persatuan setelah reunifikasi Jerman pada 1989.

Stasiun Flinders Street di Melbourne, Australia. (ASANKA BRENDON RATNAYAKE/AFP via Getty Images)

Lampu biru dan kuning juga sempat terlihat di Stasiun Flinders Street yang terletak di Melbourne, Australia.

Istana Kebudayaan dan Sains di Warsawa, Polandia. (Maciej Luczniewski/NurPhoto via Getty Images)

Istana Kebudayaan dan Sains di Warsawa, Polandia pun diterangi warna nasional Ukraina. Bagungan ini menjadi gedung tertinggi di Polandia sekaligus salah satu bangunan tertinggi di Eropa.