Turun 23 Kg Setelah Bedah Bariatrik, Perjuangan Melly Goeslaw Dapati BB Ideal

Jumat, 11 November 2022 | 19:59:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Turun 23 Kg Setelah Bedah Bariatrik, Perjuangan Melly Goeslaw Dapati Bb Ideal

Melly Goeslaw saat ditemui di On Five Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022). (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

Ladiestory.id - Melly Goeslaw baru saja menjalani tindakan medis bedah bariatrik. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kembali berat badan seimbang dan bentuk tubuh ideal.

Bedah bariatrik sendiri merupakan metode dengan memodifikasi saluran cerna pasien yang menyebabkan makanan tidak melewati usus dua belas jari (Roux en Y gastric bypass) atau melewatinya lebih cepat (sleeve gastrectomy). Istri Anto Hoed tersebut memilih bedah bariatrik sleeve gastrectomy sebagai usahanya mendapatkan tubuh ideal.

Dalam "Bincang-bincang Bedah Bariatrik" di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022), Melly mengaku telah fokus menurunkan berat badan sejak lebih dari 12 tahun lalu. 

(Ki-ka) Peter Ian Limas (Dokter Bedah Digestif), Melly Goeslaw (Penyanyi), Yanwar Hadiyanto (CEO RS Pondok Indah) di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022). (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

"Setelah lebih dari 12 tahun aku berjuang menurunkan brat badan, pernah yo-yo (naik turun berat badan), naik-turun-naik-turun, akhirnya menemukan jalan yang paling baik ini bariatrik. Alhamdulillah akhirnya berat badanku sudah turun dari 87 ke 64, berapa ya? 23 kilogram, dalam waktu 3 bulan lebih. Alhamdulillah. Puas banget," ungkap Melly.

Lebih lanjut, ibu dua anak tersebut mengungkapkan, metode bedah bariatrik merupakan hasil masukkan dari rekan seprofesinya di industri musik sekaligus dokter, Tompi. Ia mengaku sudah lelah menjalani proses diet demi mendapatkan berat tubuh ideal.

"Karena aku sebenernya udah capek, udah capek mengonsumsi obat diet. Bayangin aja 12 tahun berapa juta obat yang masuk ke badan gue ya, belum suntikan dan lain sebagainya," ungkapnya.

Melly Goeslaw saat ditemui di On Five Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022). (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

"Aku gak bisa diet, tukang makan banget, mungkin itu juga yang membuat aku yo-yo, bukan karena obat dietnya atau apa karena memang tukang makan gitu," sambungnya.

Sebelum menjalani tindakan bedah bariatrik, Melly Goeslaw harus terlebih dahulu melakukan beberapa pengecekan kesehatan dengan dokter-dokter terkait.

"Alhamdulillah di-approve sama dokter jantung, dokter penyakit dalam, dokter paru dan lain sebagainya, di-approve akhirnya dilakukanlah bedah bariatrik," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Peter Ian Limas, dokter bedah digestif yang menangani Melly Goeslaw mengungkapkan, salah satu persyaratan yang dipenuhi untuk melakukan bedah bariatrik adalah angka indeks massa tubuh (IMT). 

Peter Ian Limas, Dokter Spesialis Bedah Subspesialis Bedah Digestif di On Five Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022). (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

 

"Selalu diitungnya dari indeks massa tubuh, (misalnya) indeks massa tubuhnya tuh 35 atau 30," ungkapnya.

"Kalau kurang dari segitu ya kita tidak menyarankan untuk pembedahan tapi ada teknik-teknik lainnya, yang bukan membedah tuh ada," tutupnya.