Ucapkan Selamat Tinggal, Internet Explorer Resmi Dimatikan Juni 2022

Rabu, 15 Juni 2022 | 14:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Ucapkan Selamat Tinggal, Internet Explorer Resmi Dimatikan Juni 2022

Internet Explorer Resmi Mati. (Instagram.com/kaskusnetwork)

Ladiestory.id - Kabar terbaru datang dari perusahaan teknologi Microsoft yang rencananya akan segera mengakhiri mesin pencarian bawaannya, Internet Explorer pada hari ini, Rabu (15/6/2022). Hal ini diketahui lewat pernyataan tertulis yang disampaikan di web perusahaan pada satu hari sebelumnya.

Membahas mengenai sejarahnya, Internet Explorer sendiri diketahui pertama kali dilahirkan oleh Microsoft 27 tahun lalu, tepatnya pada 24 Agustus 1995. Saat itu, kemunculan Internet Explorer hadir sebagai bagian dari software tambahan pengguna Windows seri 1995.

Ilustrasi Bermain Komputer (Special)

Selama 27 tahun eksis, web browser ini diketahui sempat mencapai masa kejayaannya pada 2003 lalu dengan total pengguna sebanyak 95 persen di seluruh dunia. Namun, semakin canggihnya zaman dan munculnya banyak web browser baru yang lebih menarik, membuat para penggunanya semakin turun selanjutnya.

Bagi pengguna aktif internet, sebenarnya kematian dari Internet Explorer bukanlah sebuah hal yang mengejutkan. Mengingat penggunanya pun yak telah beralih ke browser lain, dan rencana ini pun mulai disampaikan sejak Mei 2021 lalu. 

Langkah tersebut dimulai sejak browser Internet Explorer mulai dihilangkan dari Windows 11. Ini merupakan pertama kalinya Microsoft tidak memasukkan Internet Explorer dengan versi terbaru Windows, selama lebih dari 20 tahun kehadirannya.

"Aplikasi desktop Internet Explorer 11 tidak akan tersedia di Windows 11. Microsoft Edge merupakan browser default pada Windows 11," ujar perwakilan Microsoft.

s