Unik! "Miss Grand International" 2022 Tampilkan Batik di Sports Wear Competiton

Selasa, 25 Oktober 2022 | 16:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Unik! "Miss Grand International" 2022 Tampilkan Batik Di Sports Wear Competiton

Sport Wear Miss Grand Internasional. (Special)

Ladiestory.id - Kompetisi ajang kecantikan intersional "Miss Grand International" 2022 menjadi perbincangan hangat masyarakat lokal maupun mancanegara. Memasuki babak preliminary competition, ada yang berbeda dari konsep-konsep sebelumnya.

Tahun ini, ke-69 kontestan "Miss Grand International" 2022 tampil unik di atas panggung sembari memperagakan sports wear competition dengan meggunakan sentuhan batik karya desainer Indonesia, yakni Iwan Tirta X CoreNation Activewear.

Sport Wear Miss Grand Internasional. (Special)

Pada babak preliminary compeition tahun ini, Indonesia sebagai tuan rumah menghapuskan penggunaan swim wear di atas panggung dengan menggantikan sports wear untuk menghargai budaya Idonesia yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Jakarta pada Sabtu (22/10/2022).

Pada babak ini, juga merupakan salah satu penentuan untuk mencari Top 20 "Miss Grand International" 2022 dengan performa terbaik dari awal karantina hingga malam grand final.

Kompetisi ini menampilkan pesona dari 69 wanita seluruh dunia memperagakan sports wear dan evening gown yang anggun karya desainer dari masing-masing negaranya.

Sport Wear Miss Grand Internasional. (Special)

Sebelumnya, dalam sebuah live Instagarm, founder dan national director dari Yayasan Dunia Mega Bintang, yakni Ivan Gunawan menjelaskan bahwa pada sesi kali ini Indonesia menghapuskan sesi bikini atau swim wear di atas panggung untuk menghormati budaya Indonesia.

“Sebuah kesempatan bagi Indonesia yang terpilih sebagai host country ajang kecantikan internasional MGI 2022, saya dari awal menegaskan jika Indonesia tidak akan menampilkan sesi bikini atau swim wear competition di atas panggung dan akan digantikan dengan sports wear competition demi menghormati budaya dan etika yang ada di negara kita, karena menurut saya kalau menggunakan swim wear ya memang itu khusus di kolam renang bukan di atas panggung”, pungkasnya.

Ivan Gunawan berkolaborasi dengan desainer tanah air untuk menyukseskan perhelatan akbar "Miss Grand International" 2022 dengan memilih desain motif batik Kawung dan Mandala yang disimbolkan sebagai delapan arah mata angin serta rasi bintang yang memiliki arti bersinar atau bercahaya terang.

Sport Wear Miss Grand Internasional. (Special)

Beragam tanggapan positif diberikan oleh para pengamat fashion dan juga pageant lovers tanah air dan mancanegara yang menyaksikan babak preliminary competition baik secara lansgung maupun live streaming.

Banyak yang menyebutkan, jika Indonesia sukses memberikan suguhan yang menarik walaupun telah menghapuskan sesi bikini di atas panggung. Para kontestan pun tampil energik dan ceria menggunakan sports wear competition, bahkan mereka terlihat lebih rileks dan fun di atas panggung.

“Sukaaaaaakkk pake banget, apalagi ada nuansa batiknya, Indonesia banget. MGI tahun ini bakal dikenang selamanya," @saifulmuch_.

The whole show was absolutely perfect!! Love the place, the song and the performance of beautiful ladies," @grand_mgi.

This is better than swimsuit competition, love it, Indonesia best of host country," @adamadama_off.

Sport Wear Miss Grand Internasional. (Special)

Sebelumnya, pada saat karantina di Bali, para kontestan "Miss Grand International" 2022 juga telah menampilkan peragaan sports wear competition sembari menunjukan kebolehan catwalk-nya berjalan di atas sawah yang berlokasi di Bebek Tepi Sawah Restaurant sembari mengenakan sports wear sentuhan batik dan tenun Bali karya rancangan Didiet Maulana bersama CoreNation Activewaer.

It was an hnour for us @ikat_ind to be honest by kak @ivan_gunawan to create sportswear for the Queens! Collaborate with @corenationactive,” pungkas Didiet Maulana.

Ia pun menambahkan, bahwa sports wear rancangannya teriinspirasi dari motif tenun Bali dengan pola geometris yang mencerminakan optimisme dan rasa persatuan dalam indahnya keberagaman budaya. Sentuhan warna biru yang harmonis melambangkan Indonesia sebagai negara maritim dengan potensi sumber daya laut yang melimpah.