5 Unsur Terbentuknya Karakter dan 4 Jenis Karakter dalam Diri Seseorang

Jumat, 12 November 2021 | 08:38:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Unsur Terbentuknya Karakter Dan 4 Jenis Karakter Dalam Diri Seseorang

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Karakter adalah suatu nilai-nilai yang khas, baik watak, kepribadian atau akhlak seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebijakan yang diyakini dan dipergunakan sebagai cara pandang, berpikir, bersikap, berucap dan bertingkah laku di dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap manusia memiliki karakter yang berbeda-beda dan unik. Dimana karakter tersebut dibentuk lewat unsur dan proses. Lebih jelasnya tentang unsur dan proses terbentuknya karakter, simak di bawah ini.

Unsur Terbentuknya Karakter

Manusia mempunyai  beberapa unsur yang berkaitan dengan terbentuknya suatu karakter. Unsur inilah yang akan menunjukan bagaimana karakter seseorang. Unsur-unsur karakter yaitu:

1. Sikap

Sikap seseorang adalah bagian dari karakternya. Sikap juga dianggap sebagai cerminan karakter orang tersebut. Sikap seseorang menunjukkan bagaimana karakter orang tersebut pada suatu lingkungan.

Jadi, bila orang tersebut mempunyai karakter yang baik, maka lingkungannya juga akan mengatakan bahwa orang tersebut mempunyai  karakter yang baik pula. Begitu juga dengan sebaliknya.

2. Emosi

Foto: liputan6

Emosi adalah suatu gejala dinamis dalam situasi yang dirasakan manusia yang disertai efek kesadaran, perilaku, dan juga merupakan proses fisiologis. Emosi biasanya identik dengan perasaan yang kuat.

3. Kepercayaan

Kepercayaan sendiri merupakan salah satu komponen kognitif manusia dari faktor sosiopsikologis. Kepercayaan mengenai sesuatu itu benar atau salah atas dasar bukti, sugesti otoritas, pengalaman dan intuisi sangatlah penting dalam membangun watak dan karakter manusia. Jadi, kepercayaan ini akan memperkokoh eksistensi diri serta hubungan dengan orang lain.

4. Kebiasaan dan Kemauan

Foto: money

Kebiasaan adalah aspek perilaku manusia yang telah menetap, berjalan otomatis dalam waktu yang lama, yang tidak direncanakan dan diulangi berulang kali.

Sementara itu kemauan adalah kondisi yang mencerminkan karakter seseorang, karena kemauan berhubungan erat dengan perbuatan yang mencerminkan perilaku orang tersebut.

5. Konsep Diri

Konsep diri adalah proses totalitas dalam sebuah unsur karakter, baik sadar maupun tidak sadar tentang bagaimana karakter dan diri seseorang terbentuk.

Jadi, konsep diri adalah bagaimana kita harus membangun diri, apa yang kita inginkan dan bagaimana kita bisa menempatkan diri dalam kehidupan.

Jenis Karakter Manusia

Karakter dalam diri manusia tidaklah tercipta saat lahir, melainkan dibentuk melalui proses pembelajaran yang sangat panjang. Sehingga menghasilkan jenis karakter seseorang yang berbeda masing-masing. 

Adapun jenis karakter seseorang yaitu;

1. Sanguinis

Foto: ePsikologi

Orang dengan karakter sanguinis biasanya selalu riang, antusias, tidak bisa diam, ekspresif, suka bicara, optimis, antusias dan memiliki bersemangat tinggi dalam menjalani hidup.

Ia selalu menarik perhatian orang-orang sekelilingnya. Mereka juga senang melakukan sesuatu yang berisiko, Seorang yang memiliki karakter sanguinis adalah orang-orang yang suka melakukan petualangan karena tipe ini juga suka mencari kesenangan.

2. Plegmatis

Orang dengan karakter tipe plegmatis lebih fokus pada apa yang terjadi dalam dirinya, sehingga ia membiarkan apa yang ada di luar terjadi dan mengalir semestinya. Tidak heran orang-orang dengan tipe ini menyukai kedamaian.

Kekuatan dari plegmatis yaitu sabar, santai, tenang, dan pendengar yang baik, tidak banyak bicara, bijaksana, simpatik,  baik hati, kurang antusias terhadap perubahan lingkungan, namun suka menyembunyikan emosi, dan sebagainya.

3. Koleris

Foto: IDNtimes

Orang yang memiliki tipe koleris sangat berorientasi pada target, analitis, dan logis. Karakter koleris juga tidak suka akan basa-basi, ia lebih banyak menghabiskan waktu dengan hal yang bermanfaat.

Kekuatannya ialah senang menjadi pemimpin, membuat keputusan, dinamis,  aktif, bebas, mandiri dan berkemauan keras untuk mencapai sasaran, berani menghadapi tantangan dan masalah.

Sedangkan kelemahannya adalah tidak sabaran, cepat marah, dan senang memerintah, terlalu bergairah atau susah untuk santai, menyukai kontroversi dan perdebatan dan sebagai.

4. Melankolis

Karakter dari seseorang melankolis adalah sensitif, sering berkorban untuk orang lain, penyayang, senang berada di balik layar, dan juga pemikir. Ia diibaratkan harus menjadi penggerak, serta memberi kesempatan pada bagian tubuh lainnya, sehingga ia akan sensitif dan memikirkan cara untuk menyelesaikan suatu masalah.

Ia juga seorang yang cukup kreatif karena bisa berpikir dari berbagai sudut pandang. Memikirkan bagian tubuh lain, membuatnya melihat dari berbagai sudut pandang.

Demikian ulasan tentang unsur terbentuknya karakter serta jenis karakter dalam diri seseorang. Kira-kira karakter kamu yang mana?