Untuk Fresh Graduate, 5 Cara Tepat Dalam Memilih Pekerjaan

Minggu, 22 Agustus 2021 | 00:02:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Untuk Fresh Graduate, 5 Cara Tepat Dalam Memilih Pekerjaan

Foto: Ladiestory.id

Fresh Graduate mungkin menjadi suatu pencapaian bagi seseorang. Namun faktanya, hal ini merupakan sebuah tantangan baru dalam mencari pekerjaan.

Meskipun ada banyak pekerjaan yang dibuka, maka hal ini menjadi sesuatu yang susah-susah gampang. Fresh graduate seringkali dianggap sebagai sesuatu yang berbeda sehingga kita perlu berhati-hati dan cermat dalam memilih lowongan pekerjaan. Bahkan akan muncul berbagai dilema dari gaji, passion dan tantangan kerja.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih pekerjaan yang tepat: 

1. Lakukan sesuatu sesuai dengan kemampuanmu

Foto: Ladiestory.id

 

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah pilih pilih pekerjaan yang sesuai dengan tingkat kemampuan yang dipunya. Hal ini merupakan sesuatu yang penting untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki.

Bukan hanya itu, fresh graduate perlu mengenal diri dan potensi yang dimiliki dalam  berperan dalam menentukan jenis pekerjaan yang cocok.

2. Passion bukan alasan utama untuk bekerja tapi lakukan yang kamu bisa

Foto: Ladiestory.id

 

Passion seringkali dijadikan sebagai sesuatu yang berperan dalam memilih sesuatu untuk dikerjakan. Namun ketika masuk ke dalam dunia pekerjaan, seringkali kita perlu memikirkan baik-baik mengenai bekerja sesuai passion atau tidak.

Kemungkinan hal ini sedikit dikesampingkan, bahkan ada beberapa hal yang tidak dapat dipungkiri kerja sesuai dengan passion bisa lebih menyenangkan.

Tapi bicara mengenai karier kadangkala kita perlu sedikit membedakan dan lebih belajar untuk profesional tentang apa yanng harus dillakukan dan dipilih sehingga tidak masalah jika sebagai fresh graduate justru bisa menambah pengalaman lebih banyak.

3. Perhatikan lowongan kerja dengan cermat dan jelas serta detail

Foto: Ladiestory.id

 

Sebagai fresh graduate kadangkala kita perlu memperhatikan dengan jelas tentang lowongan kerja yang dilihat, namun lebih banyak kenali perusahaan dan jobdesknya.

Meskipun muncul di pikiran kita untuk segera mendapatkan pekerjaan, namun bukan berarti kita harus buru-buru dalam melamar. Selain itu, kita ada satu waktu yang cukup banyak lowongan dan posisi dalam pekerjaan yang ditawarkan.

Maka perlu  cermati terlebih dahulu, mulai dari lokasi, gaji, hingga peraturan dan cara kerja yang ada di sana. Dengan memperhatikan secara jelas mengenai pekerjaan yang akan kamu pilih, perlu tentukan dengan baik dan cermat..

4. Mulailah dengan Pengalaman dibandingkan dengan gaji

Foto: Ladiestory.id

 

Secara realistis mungkin kita akan berfokus pada gaji. Namun, untuk awalan dalam memulai karir cobalah dengan terlalu berfokus pada uang.

Kita perlu mengurangi sendiri terhadap pandangan pada pekerjaan dari jumlah gaji yang mereka tawarkan. Para fresh graduate perlu diperhatikan jika di masa ini perlu adanya pengalaman yang berkualitas dalam menunjang masa depan sehingga gaji bukan segalanya. 

5. Tentukan Perjalananmu Sendiri

Foto: Ladiestory.id

 

Teman seringkali dianggap sebagai seseorang dapat membantu kita. Namun dalam menentukan pekerjaan, pilih jalanmu sendiri. Meskipun bekerja bersama seseorang yang telah kita kenal baik merupakan suatu hal yang menyenangkan, tapi kemampuan setiap orang berbeda. 

Pilihlah suatu pekerjaan yang memang menjadi kemampuanmu untuk memulai karir dan mengembangkan diri. Teman akan datang dengan sendirinya.

Berita Terkait