Untung Besar dari Investasi Berlian? Pelajari dulu Seluk Beluk Berlian

Kamis, 1 Oktober 2020 | 16:45:09

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Untung Besar Dari Investasi Berlian? Pelajari Dulu Seluk Beluk Berlian

Siapapun yang melihat keindahan berlian tentu akan jatuh cinta dan ingin memilikinya. Bahkan, ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa “berlian adalah sahabat wanita”. Namun, tahukah kamu bagaimana proses terbentuknya berlian, mengapa ia begitu digilai, dan mengapa harganya mahal? Berikut ini kami hadirkan berbagai informasi seputar berlian yang mungkin belum kamu ketahui.

Mempelajari Karakter Dasar Berlian

Kamu harus memulai dengan mempelajari karakteristik berlian, mana yang bagus dan mana yang tidak. Misalnya, kamu bisa mempelajari 4C dalam berlian, yaitu:

  • Color atau warna berlian memiliki skala. Semakin besar nilai skala warna, semakin rendah harganya. Gemological Institute of America (GIA), lembaga penelitian berlian mengkategorikan tingkat warna berlian dari kisaran putih (colorless) sampai kuning. Berlian dengan kualitas terbaik adalah yang colorless di tingkatan D-F, G-J hampir tidak berwarna, K-M kekuning-kuningan, N-R kuning sangat terang, S-Z kuning terang.
  • Cut atau potongan berlian menentukan kualitas pengerjaan dari berlian ini. Kesempurnaan potongan berlian akan menentukan pantulan sinar dari berlian tersebut. Skala yang dibuat oleh GIA adalah fair, good, very good, ideal dan signature ideal.
  • Carat atau karat. Berlian dijual berdasarkan berat, bukan volume. Berat berlian ini disebut karat. Satu karat setara dengan 0,2 gram atau 200 mg.
  • Clarity atau kejernihan. Terdapat 5 kelas kejernihan pada sebuah batu berlian yaitu FL (flawless), IF (internally flawless), VVS1-VVS2 (very very slightly included), VS1-VS2 (very slightly included), SI1-SI3 (slightly Included), I1-I3 (included)

Tanda Berlian Asli

Tak bisa dipungkiri, barang apapun selalu ada imitasinya, tidak terkecuali berlian. Banyak pedagang atau toko perhiasan di pasaran (baik online maupun toko fisik) yang menjual berlian imitasi. Oleh karena itu, kamu benar-benar harus mengetahui cara mengecek keaslian berlian. Jika dilakukan pengujian dengan mata telanjang, tentu akan sangat sulit untuk mengetahui apakah berlian tersebut asli atau palsu. Karena hal tersebut tidak bisa diketahui hanya dengan melihatnya saja. Ada beberapa pengujian yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah untuk mengetahui keaslian sebuah berlian.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kaca pembesar. kamu dapat menggunakan kaca pembesar untuk melihat apakah berlian terlihat sempurna, ataupun terdapat goresan/ cacat pada bagian dalam berlian. Jika terdapat cacat pada berlian, maka dapat dipastikan berlian tersebut asli. Pasalnya, cacat berlian atau yang biasa disebut inklusi merupakan ‘tndaa lahir’ yang semua berlian pasti memilikinya.

Sebaliknya, jika batu berlian terlihat sempurna atau sama sekali tidak memiliki cacat sama sekali, maka kemungkinan besar berlian tersebut palsu atau imitasi. Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah dengan melihat tepi berlian. Pada berlian asli tepi berlian akan terlihat tajam, sedangkan berlian palsu memiliki tepi yang bulat.  Cara lain untuk memastikan keaslian berlian yang kamu beli adalah dengan mengecek ada atau tidak adanya sertifikat. Sertifikat merupakan dokumen yang sangat penting karena dapat mengungkapkan karakteristik, kualitas, serta keaslian berlian.

Sumber Foto Utama: Freepik.com