Usai Diamputasi karena Diabetes, Suti Karno Pakai Kaki Palsu

Senin, 6 Februari 2023 | 10:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Usai Diamputasi Karena Diabetes, Suti Karno Pakai Kaki Palsu

Suti Karno. (Special)

Ladiestory.id - Suti Karno baru-baru ini membagikan sebuah momen di akun Instagram pribadi miliknya. Salah satu pemeran di "Si Doel Anak Sekolahan" ini memasang kaki palsu usai kakinya diamputasi karena penyakit diabetes . Ia merasa sangat bersyukur karena setelah diamputasi, dirinya dapat kembali merasakan berdiri dengan kedua kaki.

Suti Karno membagikan sejumlah potret ketika pemasangan kaki palsu itu berlangsung. Di situ, terdapat momen saat dirinya mencoba berjalan dengan menggunakan kaki palsu yang telah dipasang.

Suti Karno Pakai Kaki Palsu. (instagram.com/sutykarno)

“Alhamdulillah setelah 4 bulan ,aku bisa kembali berdiri dengan kedua kaki,” tulis Suti Karno dalam keterangan unggahannya, Kamis (2/2/2023).

“Perjuangan ini masih panjang,penyesuaian ,kebersamaan kami masih harus terlatih ,terima kasih @kakipalsu_skoliosis_orto_kp ,Bismillah,” sambungnya.

Melalui unggahan tersebut pun, Suti Karno mendapatkan beragam dukungan dari kalangan rekan selebritinya.

“Alhamdulillah, semangat mbak Uty,” ujar Maudy Koesnaedi.

“Semangat terus ya mbak Suty.. Cepat sehat,” tutur Maia Estianty.

“Semangat ya Suty sayang, terus berkarya dan berdoa,” ucap Yessy Gusman.

Suti Karno Pakai Kaki Palsu. (instagram.com/sutykarno)

Sebagai informasi, aktris senior tersebut terpaksa harus kehilangan satu kakinya akibat penyakit diabetes yang dialaminya. Diketahui, Suti Karno telah mengalami penyakit diabetesnya selama 18 tahun. Penyakit tersebut disebabkan karena gaya hidupnya yang kurang sehat, seperti halnya ia tidak pernah minum air putih. 

“Saya diabetes itu udah hampir 18 tahun, dari saya kecil tapi itu kesalahan kita,” kata Suti Karno dalam sebuah acara bersama Feni Rose.

“Ya karena saya tidak pernah minum air putih, selalu minum bersoda. Sama sekali tidak pernah minum air putih,” sambung Suti Karno.

Suti Karno. (Youtube.com/TRANS TV Official)

Penyakit tersebut mengakibatkan luka pada kaki kanannya yang tak kunjung membaik. Maka itu, Suty Karno memutuskan untuk amputasi. Ia juga mengaku bahwa amputasi tersebut terjadi atas keinginannya sendiri. 

"Diamputasi sebetulnya keputusan saya loh, bukan dokter. Karena kan merambat luka saya, pembuluh darah saya sudah rusak yang bagian atas, jadi saya bilang kenapa enggak potong saja," ungkapnya.