8 Variasi Menu Sarapan yang Nikmat dan Menyehatkan

Kamis, 30 September 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

8 Variasi Menu Sarapan yang Nikmat dan Menyehatkan

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja? Jadi bikin malas buat sarapan? Tenang, jangan bingung sebab ada banyak pilihan menu sarapan pagi dari makanan khas Indonesia maupun sarapan ala barat, bahkan ala Jepang juga ada lho. Penasaran apa saja menu-menunya? Simak di sini!

Variasi Pilihan Menu Sarapan Nikmat dan Menyehatkan

Masyarakat Indonesia kebanyakan memilih bubur ayam, nasi uduk atau lontong sayur sebagai menu sarapannya. Maka dari itu jadi tak bervariasi karena itu-itu saja yang dimakan setiap pagi. Bila kamu mau menu sarapan yang bervariasi setiap harinya, kamu bisa coba ragam pilihan menu sarapan berikut ini.

1. Roti Tawar Plus Selai

Foto: Ladiestory.id

Salah satu variasi menu sarapan pagi cepat saji yang bisa kamu nikmati buat mengisi perut Anda di pagi hari yaitu roti tawar.  Kamu bisa isi dengan aneka macam selai seperti selai cokelat, kacang, strawberry, nanas atau bisa juga mengisinya dengan keju.

Menu ini cukup praktis, simpel, bergizi dan  bisa langsung disantap, dan juga bisa mengenyangkan perut.

2. Bubur Sumsum

Foto: kumparan

Menu sarapan selanjutnya yang praktis, nikmat, mengenyangkan dan menyehatkan yang bisa dijadikan pilihan yakni bubur sumsum. Untuk mendapatkannya kamu bisa membeli di warung atau pedagang keliling. Atau bila kamu punya banyak waktu bisa juga memasaknya sendiri. 

Bubur sumsum dibuat dari tepung beras, yang disiram dengan santan dan gula aren yang dicairkan. Memiliki tekstur yang halus dan lembut, serta rasanya yang nikmat dan pasti menyehatkan.

3. Sandwich

Foto: Ladiestory.id

Bagi kamu penggemar makanan barat, bisa menikmati menu sarapan pagi ala barat dengan sepotong sandwich ini. Untuk menyiapkannya cukup mudah dan praktis, kamu hanya perlu mengisi  roti tawar dengan telur mata sapi, daging asap, keju dan sayuran. Dari macam-macam isiannya saja dapat dilihat sandwich ini termasuk menu sarapan yang bergizi dan menyehatkan. 

4. Onigiri

Foto: Ladiestory.id

Onigiri yaitu menu sarapan pagi Jepang, cara buatnya lumayan mudah dan simpel, lo. Kamu pun bisa dengan mudah mempraktikannya sendiri dirumah. Kamu hanya perlu mengisi gumpalan nasi dengan daging, abon atau telur lalu membentuknya dengan bulat-bulat menggunakan tangan, tapi tangannya harus bersih, ya.

Kemudian ikat dengan rumput laut, dan bisa langsung disantap. Mudah sekali bukan cara buatnya? Rasanya tentu nikmat dan gurih. Pastinya juga mengenyangkan dan menyehatkan. 

5. Mi Goreng

Foto: dapurkobe

Menu yang satu ini bisa dikatakan populer dan sangat digemari semua kalangan. Untuk menikmati sepiring mi goreng kamu cukup memerlukan waktu kurang lebih 15 menit saja.

Agar lebih nikmat dan menyehatkan kamu bisa tambahkan bermacam sayuran, bakso, atau telur. Jadi, walaupun hanya dengan mi instan kamu bisa tetap mendapatkan gizi sarapan  dari tambahan telur dan sayurannya.

6. Sereal

Foto: Ladiestory.id

Awali harimu dengan semangkuk sereal untuk menambah tenaga dan konsentrasi kamu. Ya, sereal juga bisa kamu jadikan pilihan menu sarapan pagi yang cukup mengenyangkan dan menyehatkan. Cara menyajikannya pun sangat praktis dan gampang. Tuang sereal dengan susu cair dalam wadah, dan sereal pun siap disantap.

7. Bubur Kacang Hijau

Foto: Ladiestory.id

Mau menu sarapan kamu bervariasi biar tak itu-itu saja? kamu bisa menikmati semangkuk bubur kacang hijau untuk mengawali hari sebelum beraktivitas. 

Bubur kacang hijau juga salah satu menu yang tak kalah nikmatnya buat sarapan. Selain nikmat bubur kacang hijau juga menyehatkan. Bila kamu ingin memasaknya sendiri sebaiknya memasak di waktu malam hari agar pada pagi hari kamu tak terburu-buru untuk menyiapkannya.

Bubur kacang hijau dibuat dari kacang hijau yang dimasak bersama gula aren, air dan daun pandan sebagai pengharum. Bila sudah matang dan lunak beri santan secukupnya, tempatkan dalam wadah dan pagi hari siap kamu santap sebagai menu sarapan sebagai sumber energi sebelum mengawali aktivitas.

8. Nasi dan Telur Orak Arik

Foto: yummy

Menu lainnya buat mengganjal perut di pagi hari bisa dengan nasi plus telur orak arik. Cara bikinnya cukup mudah dan praktis sekali. Pecahkan telur dalam wajan lalu orak arik. Biar makin nikmat tambahkan keju, irisan wortel, jamur ataupun jagung. Praktis dan cepat, bukan?

Bila kamu ingin lebih kenyang lagi bisa menggunakanya buat isian roti tawar. selain mengenyangkan di jamin rasanya nikmat, sehat dan banyak gizinya.

Nah, itulah variasi pilihan menu sarapan yang bisa kamu nikmati setiap hari selain menu nasi uduk, bubur ayam atau lontong sayur. Semua menu sarapan tersebut praktis, nikmat, menyehatkan, mengenyangkan dan pastinya tidak akan buat kamu bosan dengan sarapan yang itu-itu saja.