Viral Hamish Daud Disebut Tidak Bayarkan Hak Karyawan

Minggu, 24 Desember 2023 | 15:20:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Viral Hamish Daud Disebut Tidak Bayarkan Hak Karyawan

Hamish Daud. (Instagram/hamishdw)

Ladiestory.id - Nama suami Raisa, Hamish Daud, kembali diterpa isu yang kurang sedap. Kali ini, ayah satu anak itu disebut tdak membayarkan hak karyawannya.

Kabar tak sedap ini muncul dari keluhan sejumlah netizen yang diduga pegawai Hamish Daud berkomentar di Instagram resmi milik Octopus.

Kebanyakan netizen diduga karyawan Octopus mengeluh karena aktor berusia 43 tahun ini tak memberikan gaji.

Pria yang juga membintangi film ‘Trinity, The Nekad Traveler’ ini dikabarkan tak membayar karyawan sampai berbulan-bulan, hingga akhirnya isu ini menjadi viral dan perbincangan publik di laman media sosial X.

"Octopus itu platform yang dibangun Hamish Daud sama temen-temennya buat ngumpulin sampah bekas pakai. Ada yang pakai juga? Karyawan nggak dibayar, tapi malah jalan-jalan ini bang Hamish. Gimana ini?" tulis akun Twitter @muthiastp.

Unggahan tentangg Hamish Daud. (X/muthiastp)

Akun itu menyebut ada beberapa netizen yang mengirim Dirrect Message (DM) ke dirinya. Kabarnya, Octopus sudah gulung tikar.

Bahkan, ada netizen yang gajinya belum dibayar selama 3 bulan. Kabarnya, Hamish Daud juga kabur saat dipertanyakan soal gaji.

Cuitannya ini juga disertai dengan unggahan beberapa tangkapan layar yang menampilkan komentar dari karyawan yang merasa upahnya belum dibayar oleh Hamish.

Setelah ditelusuri, tangkapan layar berasal dari beberapa unggahan pada akun Instagram resmi dari Octopus, yaitu @octopus.ina

Dari situ diketahui beberapa pernyataan dari karyawan Octopus yang upahnya belum dibayarkan yang berkomentar pada unggahan @octpus.ina.

“Promosi terus tapi uang hak hasil keringat Pelestari dan Check Point selalu tertunda dengan alasan terkendala. Umat Muslim diperintahkan untuk memenuhi hak sesama, berbuat baik, serta menjamin keselamatan antar umat,” komentar netizen yang diduga karyawan Hamish Daud.

“Pelestarimu kelaparan pak. Sudah hampir sebulan tidak bisa tarik uang, mereka juga ada keluarga, kebutuhan, operasional setiap hari dll. Tolonglah perhatikan pelestarimu yang sudah berjuang di garda terdepan,” sambung lainnya.

“Tolong dong perhatikan pelestarinya, sudah 3 minggu tidak bisa tarik uang. Mau sampai kapan?” tambah lainnya.

Tiga pernyataan di atas merupakan keluhan dari karyawan/pelestari pada Octopus yang merasa haknya belum dipenuhi, yang terdapat pada unggahan beberapa tangkapan layar cuitan @muthiastp.

Hamish Daud dan rekannya. (Instagram/hamishdw)

Akun itu juga membagikan tangkapan layar dari fitur broadcast Instagram milik Raisa. Pelantun lagu ‘Could It Be’ ini menyebut Hamish Daud dan anaknya, Zalina Raine Wyllie sedang liburan ke Pulau.

Diketahui, Hamish Daud menjadi Chief Marketing Officer (CMO) sekaligus Co-Founder Octopus. Hamish Daud mengklaim aplikasi karya anak bangsa ini dapat membantu masyarakat mengelola sampah.

Octopus diyakini dapat mendukung ekonomi sirkular dan dapat membantu produsen dalam melacak dan mengumpulkan produk bekas konsumsi, baik itu yang bisa didaur ulang maupun tidak. Tim pekerja Octopus disebut sebagai pelestari.