Kariermu Lesu? Ini Dia 5 Vitamin C Untuk Penunjang Kariermu

Senin, 18 April 2022 | 12:30:00

Juni Dani, S.H., CBC, LCPC

Juni Dani, S.H., CBC, LCPC

Career Stylist & Character Coach

Founder of jdnext.id

Kariermu Lesu? Ini Dia 5 Vitamin C Untuk Penunjang Kariermu

Ilustrasi kerja tim. (Special)

Ladiestory.id - Tuntutan kompetensi seseorang di dalam dunia kerja tidak hanya merupakan keterampilan teknis yang bersifat akademik. Keterampilan non akademik juga merupakan syarat penting.  Salah satu investasi menguntungkan yang bisa Kamu miliki di zaman sekarang ini adalah menguasai beragam macam keterampilan (skill).

Di dalam dunia kerja, ada dua jenis keterampilan yang dikenal, yaitu hard skills dan soft skills. Kedua skill tersebut diperlukan dalam menunjang karier. Hard skills merupakan keterampilan teknis yang langsung terlihat dan dapat dipraktikkan, misalnya keterampilan mengetik. Hard skills perlu dikuasai oleh seseorang untuk dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan deskripsi pekerjaannya. Sedangkan soft skills adalah merupakan keterampilan yang tidak terlihat namun memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan dalam pekerjaan secara khusus, dan di dalam kehidupan secara umum. Saat ini kompetensi soft skills banyak dicari dan dibutuhkan karena tantangan dunia kerja yang semakin kompetitif.

International Labour Organization (ILO) menggunakan istilah kompetensi inti (core competencies) untuk soft skills. Dalam pengertian yang lebih luas soft skills merupakan sekumpulan kompetensi yang mencakup keterampilan (skills), pengetahuan (knowledge), serta sikap atau tingkah laku (attitude) sehingga membentuk kualitas individu yang dapat bekerja secara efektif.

Sebelum maupun sesudah berhasil memasuki dunia kerja yang kompetitif, Kamu perlu memiliki serta senantiasa meningkatkan keterampilan, pengetahuan, serta sikap/tingkah lakumu tersebut. Jangan sampai kinerjamu hanya stuck di satu tempat tanpa adanya kemajuan.

Supaya lebih sehat, bukan hanya tubuhmu saja yang perlu vitamin. Kariermu juga butuh vitamin, loh! Nah, Kamu bisa mencoba vitamin C satu ini yang pastinya bukan kaleng-kaleng. Ayo simak apa saja vitamin C yang harus Kamu suntikan untuk boost kinerja Kamu di kantor!

Creativity

Pekerjaan Baru (Special)

Kreatifitas (creativity) merupakan salah satu keterampilan serta kompetensi yang dibutuhkan di zaman sekarang. Itulah sebabnya mengapa terdapat istilah industri kreatif dan ekonomi kreatif. Nah, Kamu bisa mengasah kreatifitas dengan beberapa cara berikut:

  1. Mencatat setiap inspirasi yang datang;
  2. Antusias mengerjakan hal-hal dan proyek baru di luar jobdesc pekerjaan;
  3. Menganalisis masalah, ide, serta pendapat dari banyak sudut pandang;
  4. Berjumpa dengan orang-orang dan lingkungan baru. 

Curiosity

Pekerjaan Baru (Special)

Keingintahuan (curiosity) merupakan salah satu contoh kecerdasan seseorang yang berhubungan dengan rasa ingin tahu, misalnya:

  1. Keinginan guna mengetahui lebih banyak;
  2. Keinginan guna mengetahui alasan (why) sesuatu terjadi;
  3. Keinginan guna melakukan eksplorasi lebih luas;
  4. Keinginan guna menggali lebih dalam;
  5. Keinginan guna belajar lebih banyak.

Oleh karenanya, sebaiknya asah rasa ingin tahumu terhadap pekerjaan ketimbang menjadi orang yang terlalu sibuk mengurusi urusan orang lain.

Critical Thinking

Pekerjaan Baru (Special)

Berpikir kritis (critical thinking) merupakan salah satu sikap kerja serta kompetensi yang diperlukan pada hampir semua jenis pekerjaan. Contohnya yaitu memecahkan masalah dan menemukan solusi.

Habiskan waktumu lebih banyak untuk memecahkan masalah (problem solver) dan menemukan solusi dibandingkan hanya menyampaikan sebuah masalah (problem reporter),

Collective Thinking

Pekerjaan Baru (Special)

Sesuatu yang hebat biasanya dihasilkan oleh sekelompok manusia yang hebat juga. Jadi, lakukan percakapan dengan orang lain untuk memperoleh ide-ide serta sudut pandang baru dari orang lain. Untuk merealisasikannya, lakukan:

  1. Kurangi pemakaian email saat berdiskusi; dan
  2. Tingkatkan pertemuan serta diskusi langsung (termasuk melalui virtual meeting).

Connecting Communication

Pekerjaan Baru (Special)

Selama ini, Kamu sudah melakukan apa saja untuk selalu terhubung dengan rekan-rekan kerjamu di kantor?

Kinerja seseorang tentunya tidak lepas dari bagaimana Kamu terhubung (connecting) dengan seseorang yang memiliki keperluan denganmu. Tidak hanya sekadar berkomunikasi, namun juga terhubung dengan sang lawan bicara. Agar lebih terhubung, Kamu bisa sedikit meluangkan waktu untuk mengenal orang-orang yang satu rekan kerja denganmu.

Dengan ketekunan hati atas usaha dan doa yang telah Kamu lakukan, bukan tidak mungkin jika Kamu akan mendapatkan promosi jabatan di tahun ini. Ingat, selalu tingkatkan keterampilan, pengetahuan, serta menjaga sikap dan tingkah lakumu, ya!